Alasan Pentingnya Belajar Pembukuan Bagi Pelaku UKM - Tips dan Trik Belajar Pembukuan dan Belajar Pajak

Alasan Pentingnya Belajar Pembukuan Bagi Pelaku UKM


Alasan Pentingnya Belajar Pembukuan Bagi Pelaku UKM

Alasan Pentingnya Belajar Pembukuan Bagi Pelaku UKM

Menurut situs Wikipedia, pembukuan merupakan pencatatan transaksi keuangan suatu individu atau organisasi; baik itu berupa penjualan, pembelian, pendapatan, dan juga pengeluaran. Pembukuan sangatlah penting bagi siapa saja, terutama bagi pelaku UKM. Oleh karenanya, sebisa mungkin pelaku UKM mencoba untuk belajar pembukuan.

Pembukuan sendiri penting untuk dipelajari karena sejumlah alasan. Di artikel kali ini, akan dipaparkan beberapa alasan mengapa pembukuan patut dipelajari, uatamanya bagi pelaku UKM. Adapun alasan-alasan tersebut adalah sebagai berikut ini!

Pelaku UKM dapat Terhindar dari Kesalahan Pelaporan Pajak

Pada tahun 2017 lalu, pihak Ditjen Pajak melaporkan bahwa sebanyak 19.304 perusahaan telah tersangkut masalah pendapatan pajak. Dari jumlah tersebut, 76% di antaranya dilakukan oleh pelaku UKM. Adapun hal tersebut terjadi karena pelaku UKM melakukan kesalahan dalam proses pembukuan, sehingga data yang mereka berikan tidak akurat dan bermasalah.

Berkaca dari hal tersebutlah, mengapa pelaku UKM mesti belajar pembukuan dari sekarang. Dengan mempelajari soal pembukuan, pelaku UKM bisa mencatat setiap data penting dengan baik dan akurat. Dengan begitu, pelaku UKM pun bisa terhindar dari kesalahan dalam melakukan pelaporan pajak.

Menghindari Potensi Kena Audit

Pelaku UKM merupakan salah satu pihak yang paling mudah terkena risiko audit. Adapun cara supaya mereka terhindar dari audit adlaah mempunyai pembukuan yang baik dan benar. Oleh karenanya, mempelajari soal pembukuan adalah hal wajib bagi tiap pelaku UKM. Dengan mempelajari pembukuan, pelaku UKM pun bisa belajar bagaimana cara membuak pembukuan yang baik dan benar. Dengan pembukuan yang baik dan benar, pihak auditor pun pasti tidak akan membuat pelaku UKM kena audit.

Membantu Pelaku UKM untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis serta Manajemen Keuangan

Melakukan analisis dan manajemen keuangan merupakan hal [enting yang patut dilakukan pelaku UKM. Untuk bisa melakukan keduanya, mereka harus mempunya acuan yang membantu mereka. Adapun acuan tersebut tak lain adalah pembukuan. Maka dari itulah, mengapa pembukuan menjadi sangat penting untuk dipelajari.

Lewat pembukuan, pelaku UKM bisa mengetahui beberapa data penunjang untuk melakukan analisis dan manajemen keuangannya. Dari data yang ada di pembukuan tersebutlah, pelaku UKM bisa melakukan analisis keuangan untuk ke depannya. Tak sampai di situ, pelaku UKM pun bisa lebih optimal dalam mengelola arus kas keuangan usahanya dengan baik.

Membantu Pelaku UKM dalam Mengambil Keputusan

Selain analisis dan manajemen keuangan, pelaku UKM juga harus bisa melakukan pengambilan keputusan. Pengambilan keputusan sendiri tidak bisa asal dan harus berdasarkan pada acuan tertentu. Dan acuan tersebut tentu saja pembukuan. Lewat pembukuan, pelaku UKM bisa mendapat data yang akuat soal usaha yang mereka jalankan. Dari situlah, pelaku UKM bisa mengetahui kondisi usahanya saat ini dan kemudian melakukan pengambilan keputusan.

Membantu Pelaku UKM dalam Urusan Gaji Karyawannya

Pembukuan tak hanya membantu dalam mengambil keputusan, menganalisis dan mengatur keuangan saja. Pembukuan ternyata juga dapat membantu pelaku UKM dalam urusan gaji karyawannya.

Lewat pembukuan, pelaku UKM bisa mengecek data penggajian karyawan di tiap periodenya. Dari situ, pelaku UKM bisa melihat apakah gaji yang mereka berikan sudah sesuai jumlahnya, dan apakah sudah diberikan tepat pada waktunya. Lewat pembukuan pulalah, pelaku UKM bisa mengecek karyawan mana saja yang berhak mendapatkan bonus ataupun komisi. Hal itu tentu tak hanya memudahkan pelaku UKM saja, tetapi juga memberi untung bagi karyawan. Sebab, dengan begitu, para karyawan bisa mendapat gaji mereka dan bonus sesuai dengan waktunya,

Mempermudah Pelaporan SPT dan Berpotensi Mendapat Pengurangan Pajak

Setiap pemilik usaha mesti melakukan pelaporan SPT ke pihak Ditjen Pajak. Hal ittu berlaku pula bagi para pelaku UKM. Supaya proses pelaporan lebih mudah, pemilik usaha—termasuk UKM—harus mempunyai pembukuan yang baik. Maka dari itulah, pelaku UKM mesti belajar soal pembukuan dan mencoba untuk membuatnya.

Selain mempermudah dalam pelaporan SPT, pembukuan ternyata memberi keuntungan tersendiri bagi pelaku UKM. Lewat pembukuan, pelaku UKM berpotensi mendapatkan potongan pajak dari pemerintah, sehingga pelaku UKM dapat mengimbangi pengeluaran dan pemasukan yang ada di dalam usahanya. Hal tersebut bisa diperoleh pelaku UKM jika pembukuan yang dimiiliki dibuat dengan baik dan benar.

Berpotensi Mendapatkan Dana Bantuan

Belajar pembukuan ternyata bisa mendatangkan dana bantuan dari ainvestor. Hal ini dikarenakan pembukuan menjadi hal pertama yang akan diperiksa oleh investor. Dari pembukuan, investor bisa melihat sejauh mana keuangan usaha pelaku UKM berjalan dan dapat menelaah bagaimana potensi ke depannya. Jika tertarik, pihak investor tidak akan sungkan untuk memberi dana bantuan kepada pelaku UKM. Itulah mengapa, sebaiknya pelaku UKM belajar tentang pembukuan, terutama pembukuan yang baik dan benar.

Demikianlah beberapa alasan mengapa pelaku UKM wajib belajar pembukuan. Dari penjelasan di atas, bisa kita ketahui bahwa belajar pembukuan dapat memberikan keuntungan bagi pelaku UKM. Berpotensi mendapat dana bantuan dan pengurangan pajak adalah beberapa keuntungan di antaranya.

Adapun jika ingin belajar soal pembukuan, pelaku UKM bisa belajar sendiri lewat buku atau aplikasi khusus pembukuan. Jika ingin belajar langsung dari ahlinya, pelaku UKM bisa mengikuti pelatihan pembukuan yang diadakan pihak-pihak tertentu. Saat ini ada beberapa jasa konsultasi pajak dan keuangan yang juga membuka pelatihan pembukuan salah satunya adalah frconsultantindonesia.com yang berlokasi di kelapa dua depok, bisa langsung menghubungi via phone/whatsapp di nomor 0813 8228 9991

Jadi, pelaku UKM pun bisa belajar soal pembukuan dengan baik langsung dari para ahlinya.

Alasan Pentingnya Belajar Pembukuan Bagi Pelaku UKM Reviewed by Pembukuan dan Pajak on September 14, 2018 Rating: 5 Alasan Pentingnya Belajar Pembukuan Bagi Pelaku UKM Menurut situs Wikipedia, pembukuan merupakan pencatatan transaksi keuangan suat...

No comments:

Harap Berkomentar sesuai dengan tema artikel, Diluar Tema artikel akan dihapus. Terima Kasih