5 Hal yang Wajib Kamu Ketahui Tentang Pajak!

5 Hal yang Wajib Kamu Ketahui Tentang Pajak!

Instrumen pajak sudah menjadi pemasukan negara dengan persentase terbanyak. Tentu tak heran jika para penunggak pajak akan berdampak pada pembangunan negeri ini karena pajak sudah menjadi jantungnya pendapatan negara. Untuk lebih jelasnya, yuk belajar pajak melalui beberapa hal yang wajib kamu ketahui. Berikut ada 5 hal wajib tentang pajak yang wajib kamu ketahui:

5 Hal yang Wajib Kamu Ketahui Tentang Pajak!
5 Hal yang Wajib Kamu Ketahui Tentang Pajak!
Apa itu Pajak?

Pajak adalah sebuah pungutan yang diwajibkan oleh negara kepada rakyat guna kepentingan pembangunan sarana maupun prasarana di negeri. Jika Anda membayar pajak bukan berarti Anda langsung menerima manfaat dari pajak tersebut, karena sifat pajak adalah digunakan untuk kepentingan umum (pembangunan jalan, jembatan dan lainnya) bukan kepentingan pribadi. Bangga bukan? Hasil pembayaran pajak Anda bisa berguna untuk rakyat Indonesia lho.

Apa Saja Jenis – Jenis Pajak?

Jenis pajak dapat dikelompokkan berdasarkan instansi pemungutnya, sifat, objek pajak serta subjek pajak, berikut adalah ulasan detailnya:

1). Berdasarkan instansi pemungutnya
v  Pajak Lokal
Pajak lokal bermakna bahwa pajak yang dipungut oleh pemerintah daerah dan hanya berlaku pada daerah itu sendiri. Misalnya adalah pajak restoran, pajak hotel dan sebagainya.
v  Pajak Pusat
Pajak pusat adalah pajak yang dipungut oleh pemerintah pusat seperti Dirjen Pajak, Bea Cukai ataupun kantor pajak lainnya yang tersebar di Indonesia. Contoh dari pajak pusat ini adalah pajak penghasilan, pajak bumi dan bangunan (PBB), pajak pertambahan nilai  dan masih banyak lagi.

2). Berdasarkan sifatnya
v  Indirect Tax
Merupakan pajak tidak langsung. Pajak ini dikeluarkan karena suatu hal dan alasan tertentu. Misalnya, pajak yang dikenakan atas penjualan atau pajak barang mewah. Pajak ini termasuk pajak yang tidak dipungut secara berkala.

v  Direct Tax
Pajak langsung ini merupakan pajak langsung yang dilandaskan oleh ketentuan pemerintah dan harus dibayarkan secara berkala. Misalnya PBB ( Pajak Bumi dan Bangunan ) dan pajak penghasilan. Besaran wajib pajak yang ditentukan sudah tertera pada surat ketetapan pajak dan harus dibayarkan serta tidak bisa dialihkan kepada orang lain.

3). Berdasarkan objek pajaknya
v  Pajak ini dipungut berdasarkan objek pajak yang kita miliki. Misalnya saja kendaraan pribadi baik itu mobil atau motor serta barang mewah juga dikenakan pajak lho. Apalagi jika Anda membeli barang mewah dari luar negri, pajaknya bisa lebih tingi.

4). Berdasarkan subjek pajaknya
v  Pajak ini dipungut berdasarkan orangnya. Jika ia kaya, tentu akan diwajibkan membayar pajak kekayaan serta pajak penghasilan.

Baca Juga Artikel Mengenai Pajak
  1. Pentingnya Jasa Pajak untuk Perusahaan Anda
  2. Manfaat Jasa Laporan Pajak Perusahaan
  3. Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Pajak Pribadi
  4. Pentingnya Kelas Pelatihan Pajak
  5. Fungsi Konsultan Pajak yang Wajib Anda Ketahui

Dimana Harus Membayar Tagihan Pajak?

Nantinya semua pajak yang berhubungan dengan pajak pusat, proses peng-administrasiannya akan dikelola oleh instansi pusat seperti KP2KP (Kantor Pelayanan Penyulushan Dan Konsultasi Pajak), KPP (Kantor Pelayanan Pajak), Kantor Direktoral Jenderal Pajak dan Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak.

Untuk pajak yang berhubungan dengan pajak lokal/daerah, proses peng-adiministrasiannya tentu berada di daerah tersebut misalnya di Kantor Pajak Daerah atau Kantor Dinas Pendapatan Daerah.

Pajak Itu untuk Apa Sih?

Pajak sudah menjadi jantungnya negara karena lebih dari 50% pemasukan negara berasal dari pajak, sehingga pajak ini memiliki peranan yang sangat penting dalam pembangunan negara. Fungsinya jika dilihat dari berbagai aspek adalah sebagai berikut:
v  Segi Anggaran
Karena sebagai sumber pemasukan negara, tentu pajak akan berguna untuk menyeimbangkan pengeluaran negara seperti menutupi anggaran belanja negara (APBN). 
v  Segi Regulasi
Pajak juga dapat berfungsi sebagai alat regulasi yang akan mengatur beberapa kebijakan negara baik itu dalam bidang sosial dan maupun ekonomi. Melalui pajak, pemerintah dapat mengatur laju inflasi, dapat melakukan proteksi tehadap barang hasil produksi dalam negeri dan juga dapat mendorong kegiatan ekspor.
v  Segi Distribusi
Jelas bahwasannya pajak dapat dijadikan instrumen yang penggunannya berguna untuk semua lapisan masyarakat. Misalnya membangun sekolah, jalan, jembatan yang pembangunannya tersebar diseluruh Indonesia.
v  Segi Stabilisasi
Pajak bisa berfungsi sebagai stabilitas keuangan melalui fungsi mengatasi inflasi dan deflasi. Misalnya jika terjadi tingkat inflasi yang tinggi, maka pemerintah akan menarik uang dari peredaran dengan menaikkan tingkat pajak. Begitupula sebaliknya ketika terjadinya deflasi maka tingkat pajak akan diturunkan.

Apa Beda Pajak dan Retribusi?

Baik pajak maupun retribusi adalah sumber pemasukan kas pemerintah. Namun, keduanya memiliki sisi berbeda terkait balas jasanya dan berbagai aspek lainnya. Jika melihat dari sisi balas jasa, masyarakat yang membayar pajak tidak dapat merasakan secara langsung manfaat pembayaran pajaknya, karena bisa saja pembayaran tersebut masih disimpan atau dialokasikan di pembangunan lainnya yang kemungkinan tidak bisa ia rasakan karena beda wilayah. Sedangkan retribusi adalah kebalikannya, manfaat bayar retribusi bisa langsung dirasakan yang membayarnya, contohnya ketika Anda membayar biaya parkir, tentu saja manfaat yang Anda dapatkan adalah penjagaan kendaraan Anda.

Bagaimana? Apakah Anda sudah lebih mengenal tentang pajak? Belajar pajak itu penting loh, terutama jika Anda memiliki perusahaan atau usaha tertentu yang mewajibkan Anda untuk membayar pajak. Perhitungan pajak memang sedikit rumit, namun tampaknya itu bukanlah menjadi masalah. Kini tak perlu bersusah payah berhitung pajak karena sudah banyak perusahaan yang dapat membantu Anda menyelesaikan perhitungan pajak. Salah satunya adalah perusahaan yang memiliki alamat website https://frconsultantindonesia.com yang berlokasi di Jalan Haji Martan No. 68 Kelapa Dua Depok  ini membuka jasa perhitungan pajak. Jika Anda tidak memiliki waktu ke lokasi tujuan, Anda juga bisa menghubungi perusahaan melalui layanan email di [email protected] dan juga melalui media sosial whatsapp/telpon di 0813-8228-9991.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa bayar pajak ya!