Yuk, Kenali Macam-macam Software Akuntansi - Cara Membuat Laporan Keuangan dan Laporan Pajak

Yuk, Kenali Macam-macam Software Akuntansi

 

Yuk, Kenali Macam-macam Software Akuntansi
Yuk, Kenali Macam-macam Software Akuntansi

Yuk, Kenali Macam-macam Software Akuntansi

Akuntansi merupakan keilmuan penting dalam dunia bisnis dan usaha. Akuntansi mengurus secara rinci dan mendetail tentang pemasukan dan pengeluaran perusahaan, dan lebih banyak lagi terkait manajemen keuangan. Itu sebabnya, setiap pengusaha perlu mengenal tentang akuntansi. Di zaman modern ini, telah terbentuk sistem informasi akuntansi (SIA), yang memungkinkan seseorang untuk mengerjakan keperluan akunting melalui sistem komputer. Dengan metode SIA, pengerjaan akuntansi pun menjadi lebih mudah.

Terdapat berbagai macam software akuntansi yang ada di pasaran saat ini. Itulah sebabnya, setiap pengusaha atau pebisnis disarankan memahami tentang macam-macam software akuntansi. Supaya bisa menentukan dengan tepat, software akuntansi mana yang layak dan cocok dipakai. Berikut beberapa macam software akuntansi yang ada di pasaran:

1. MYOB Accounting Plus 13

MYOB (Manage Your Own Business) merupakan software akuntansi buatan Australia. Software ini banyak sekali digunakan di Indonesia, bahkan telah menjadi materi wajib bagi siswa SMK atau mahasiswa perguruan tinggi Akuntansi, lembaga kursus khususnya untuk materi komputer Akuntansi

Kekurangan:
  1. Database MYOB merupakan database yang dikunci, artinya pengguna tidak dapat melakukan modifikasi laporan, modifikasi field di MYOB, sehingga customization apabila diperlukan relatif sulit dipenuhi oleh MYOB.
  2. MYOB merupakan software buatan luar negeri sehingga tidak ada feature perpajakan di dalamnya. Pembuatan laporan yang berkaitan dengan perpajakan seperti form pelaporan PPN dan lainnya tidak tersedia di dalam MYOB dan harus dikelola di luar software MYOB.
  3. Tidak ada module fixed assets, sehingga apabila perusahaan memerlukan modul untuk mengelola assets yang dimiliki maka tidak dapat dipenuhi oleh MYOB. Contoh bidang usaha yang memerlukan antara lain adalah persewaan genset yang memerlukan pengelolaan keberadaan lokasi, maintenance, jenis barang dan lainnya.
  4. Kelemahan Multi Warehouse yang mengakibatkan pengelolaan atas barang konsinyasi relatif sulit dikelola di dalam MYOB.
  5. MYOB tidak dapat digunakan untuk mengelola perusahaan dengan multi company, artinya laporan konsolidasi tidak dapat diharapkan dapat dibuat dengan menggunakan MYOB.
Kelebihan:
  1. Easy of use; MYOB menawarkan kemudahan dalam penggunaannya, artinya pengguna dapat mempergunakan MYOB walaupun yang bersangkutan tidak memiliki latar belakang pembukuan sama sekali. Kuncinya adalah setup dan implementasi yang baik. Hal tersulit dan yang paling penting dalam penerapan MYOB adalah pada saat proses setup, dimana proses bisnis yang ada di dalam perusahaan di otomatisasi dengan mempergunakan alat bantu MYOB, sehingga dalam pelaksanaan kesehariannya, pengguna hanya mengikuti proses bisnis yang telah disusun sebelumnya.
  2. Accounting Power; Software MYOB telah cukup lama dikembangkan dan secara berkesinambungan mengeluarkan perbaikan release. Sehingga pengelolaan informasi dengan menggunakan software MYOB cukup dapat diandalkan. Sepanjang setup yang dilakukan telah dilakukan dengan baik dan benar, MYOB dapat mengeluarkan laporan yang dapat diandalkan.
  3. Feature Job dan Category yang dapat digunakan untuk pengelolaan proyek serta departmentalisasi, sehingga dapat diperoleh laporan manajemen per proyek maupun per departmen yang berguna bagi manajemen untuk mengetahui kinerja dan sebagai dasar langkah perbaikan yang harus dilakukan.
  4. Proses instalasi dan maintenance yang murah. Instalasi MYOB dapat dilakukan dengan mudah dan biasanya tidak dipungut biaya maintenance tahunan, artinya walaupun release terbaru telah dikeluarkan oleh MYOB, para pengguna release sebelumnya tetap masih dapat menggunakannya, dan apabila diperlukan bisa dilakukan pembelian upgrade dengan harga yang relatif lebih murah dibandingkan dengan pembelian baru.
  5. Tenaga kerja yang mengetahui dan paham atau setidaknya mengetahui MYOB cukup banyak ditemui di pasar. Telah banyak berkembang lembaga pendidikan baik lembaga kursus maupun lembaga pendidikan tingkat universitas yang mengajarkan software MYOB sebagai bagian dari pelajaran Accounting.
  6. Dapat digunakan untuk memantau 3 tahun periode pembukuan, artinya dalam kurun 3 tahun manajemen masih dapat melihat transaksi selama 3 tahun kebelakang tanpa perlu melakukan proses tutup buku.
  7. Nilai investasi yang relatif murah. Harga produk termahal adalah kurang dari USD 1.000,- (diluar training dan implementasi). Kuncinya adalah pelaksanaan setup dan implementasi. Pilihlah perusahaan yang memiliki tenaga yang telah memiliki pengalaman dalam melakukan implementasi MYOB. Lebih banyak perusahaan yang telah diimplementasikannya; tentunya lebih banyak manfaat yang dapat kita peroleh dari pengalaman konsultan tersebut.
  8. Jangka waktu implementasi yang relatif cepat. Sepanjang data untuk keperluan implementasi seperti data detail neraca dan rugi laba dapat anda siapkan dengan cepat; maka implementasi MYOB akan dapat diselesaikan dengan cepat pula.

2. Quick Book 5.0 Enterprise Edition

Software ini memiliki 5 versi, antara lain:
  • Manufacturing & Whole Sale Edition
  • Retail Edition
  • Accountant Edition
  • Contractor Edition
Quickbook ini kurang dikenal di Indonesia, padahal software ini memiliki fungsi dan fitur yang sangat komplet. Berikut kelebihan dan kekurangannya yang bisa Anda ketahui:

Kelebihan:
  1. Sama halnya dengan MYOB, software ini memiliki fitur multi user
  2. Memiliki fitur multi currency (support dengan banyak mata uang). Hal inilah yang belum ada pada MYOB v13.
  3. Tampilan yang menarik, fitur yang lengkap disertai tutorial dalam bentuk pdf dan video.
  4. Format laporan sangat lengkap disertai grafik dan hasil analisa, sehingga sangat membantu un utuk melakukan pengambilan keputusan yang berhubungan dengan keuangan.
  5. Fungsi reminder,multi departemen, multi gudang, payroll, multi cabang dengan fasilitas sinkronisasi yang sangat powerful
  6. Software ini akan lebih maksimal jika disinkronisasikan dengan Quickbook Point of Sale dan juga Quick Book Asset Manager.
  7. Sama halnya dengan MYOB, laporan dan form yang sudah diinput bisa diekspor Microsoft Office dan PDF.
  8. Form dan laporan bisa diatur sesuai kebutuhan.
  9. Digit angka yang banyak sehingga bisa digunakan pada perusahaan besar. Hal ini belum dimiliki pada MYOB v13.
Kekurangan:

Untuk keperluan analisa bisnis, keuangan, dan akuntansi hampir tidak memiliki kekurangan. Hanya dari sisi keterbatasan bahasa karena tutorial belum dibuat dalam bahasa Indonesia.

3. Accurate 3.3.0

Accurate 3.3.0 versi bahasa Indonesia merupakan software adaptasi dari Accurate International. Tampilan yang sederhana (mirip MYOB) namun elegan denganbanyak pilihan skin sehingga terkesan modern dan juga untuk menghilangkan kejenuhan karena skin dapat diganti-ganti.

Kelebihan:

  1. Kelebihan ada pada segi bahasa, karena terdapat pilihan bahasa Indonesia, sehingga lebih mudah dipelajari.
  2. Kemampuan modifikasi form dan laporan.
  3. Support dengan sistem perpajakan yang berlaku di Indonesia.
  4. Multiuser, multi departemen, multi gudang, multi proyek dan multi currency. MYOB v13 belum memiliki fitur multi gudang dan multi currency sehingga Accurate 3.3.0 ini sedikit di atas MYOB v13
  5. Sama halnya dengan MYOB dan juga Quickbook, laporan yang sudah dibuat dapat diekspor ke format Microsoft Excel, Notepad, HTML dan PDF.
  6. Mendukung fitur reminder dan email. Hal ini juga dimiliki oleh Quickbook.
Kelemahan:
  1. User hanya bisa login sebagai supervisor.
  2. Hanya bisa membuka database di hard disk drivelokal komputer.
  3. Tidak mendapat keistimewaan berupa potongan harga trade in atau major upgrade.
  4. Tidak bisa migrasi.

4. Zahir Accounting

Zahir Accounting adalah software akuntansi keuangan terbaik, penuh inovasi yang sangat berbeda dengan software akutansi lain. Zahir Accounting Software disebut “business management software.”

Kelebihan:
  1. Mudah digunakan oleh non Akuntan
  2. Desain User Interface Menarik dan Mudah Dipahami
  3. Faktur dan Laporan dapat Didesain
  4. Laporan dapat Diemail dan Diexport ke Berbagai Format
  5. Menggunakan Database Client Server
  6. Fasilitas dan Kapasitas dapat Dipilih Sesuai Kebutuhan
  7. Berbagai Grafik dan Analisa Bisnis Interaktif
  8. Laporan dapat Diklik untuk Melihat Detail Transaksi (Audit / Drill-down)
Kelemahan:
  1. Harga untuk licensinya mahal
  2. Tidak dapat secara otomatis menghitung biaya perjam, perburuh, dan biaya2 lain pada akuntansi biaya, sebab biaya per satuan ini merupakan perhitungan alokasi biaya, bukan biaya sesungguhnya.
  3. Hanya memiliki satu mata uang.

5. Jurnal

Jurnal merupakan salah satu software akuntansi online yang berbasis cloud sehingga memudahkan Anda untuk mengakses laporan keuangan dimanapun dan kapanpun. Selain itu, Jurnal juga memiliki banyak fitur yang sangat membantu Anda untuk mengelola keuangan mulai dari proses pembukuan, laporan keuangan hingga fitur Tutup Buku. Sehingga pekerjaan akhir tahun dapat dikerjakan dengan aman, cepat, mudah dan nyaman. Berikut ini beberapa fitur Jurnal:

1. Laporan Keuangan Instan

Seperti yang telah dibahas di atas, dengan menggunakan software akuntansi Jurnal, Anda tidak akan direpotkan lagi dengan penyusunan keuangan bisnis. Hanya dengan sekali klik, laporan keuangan dapat Anda lihat secara instan. Ada beberapa laporan yang bisa Anda dapatkan seperti, Laporan Neraca, Laporan Laba-Rugi, Laporan Arus Kas, Laporan Piutang & Utang, Laporab Penjualan & Pembelian, dan juga Laporan Biaya.

Dengan laporan yang Anda terima dari Jurnal, Anda dapat dengan mudah melihat ringkasan rekonsiliasi bank, perubahan ekuitas, dan juga neraca saldo secara otomatis. Mudah bukan?

2. CashLink

Dengan fitur ini, Jurnal akan membantu Anda untuk memonitor arus kas masuk dan keluar yang memudahkan Anda untuk merencanakan bisnis dengan lebih matang. Tambahkan akun bank Anda, catat transaksi kas dan bank (transfer, terima uang, dan kirim uang), serta lakukan rekonsiliasi untuk memastikan informasi yang diterima telah seimbang.

3. Monitor Biaya Pengeluaran

Siapa bilang mengatur biaya pengeluaran itu sulit? Dengan software akuntansi Jurnal, Anda dapat mengatur biaya pengeluaran bisnis Anda dengan mudah. Selain dapat menjaga biaya pengeluaran tetap terlacak, Anda juga dapat menyimpan bukti pembayaran dengan fitur ‘attachment’ pada software Jurnal. 

Jurnal juga memiliki opsi ‘tag’ yang memudahkan Anda untuk mengelompokkan seluruh biaya yang berhubungan dengan proyek dan melacak jumlah biaya yang dikeluarkan untuk proyek tersebut. Selain itu, Anda juga dapat membuat jadwal berulang untuk transaksi yang terjadi secara teratur, seperti Internet, gaji, listrik, dan lain sebagainya.

4. Monitor Stok Barang

Dengan fitur Stok Barang pada software akuntansi Jurnal, Anda akan mendapatkan pemberitahuan dan kalkulasi persediaan secara langsung, seperti jumlah stok barang, perhitungan persediaan, harga jual rata-rata, dan pemberitahuan saat stok kosong. Dengan fitur ini, Anda juga dapat mengetahui barang apa yang paling diminati oleh konsumen Anda. Dan yang terpenting laporan stok barang ini terjadi secara real-time dan memudahkan Anda saat sedang melakukan stok opname.

5. Catatan Penjualan dan Pembelian

Dengan menggunakan software akuntansi Jurnal, Anda dapat dengan mudah memonitor transaksi penjualan dan pembelian yang terjadi dalam bisnis Anda. Jurnal juga dilengkapi fitur invoice dengan 11 desain profesional yang dapat Anda sesuaikan dengan bisnis yang sedang dijalankan. Dengan fitur ini, Anda juga dapat memonitor utang dan piutang yang terjadi dalam bisnis Anda. 

6. Pengaturan Aset Tetap

Aset perusahaan terkadang mengalami penambahan atau bahkan mengalami penyusutan nilai. Laporan aset perusahaan ternyata merupakan hal penting yang harus diketahui oleh pemilik bisnis untuk memaksimalkan aset tersebut agar tidak mengalami penyusutan nilai secara berlebih. Dengan software akuntansi Jurnal, Anda dapat dengan mudah mengatur aset perusahaan Anda secara otomatis, dari turun hingga naiknya nilai aset. Anda juga dapat melakukan proses pembelian aset dan pembuangan aset tetap kapan pun.

7. Daftar Akun Fleksibel

Dengan software akuntansi Jurnal ini, Anda dapat mendaftarkan hingga 5 akun berbeda secara gratis sesuai dengan paket yang Anda daftarkan. Multi akun ini memudahkan Anda atau karyawan Anda dalam melakukan tugasnya masing-masing. Misalnya, staf pembelian Anda hanya dapat mengisi bagian pembelian, dan staf penjualan hanya dapat mengisi bagian penjualan, dan lain sebagainya. 

8. Keamanan & Bantuan Terjamin

Tak perlu khawatir akan keamanan data keuangan Anda, karena Jurnal telah memiliki sistem keamanan informasi yang terakreditasi dan tersertifikasi ISO/IEC 27001. Tidak hanya itu, Anda juga tidak perlu melakukan backup data karena data Anda selalu dibackup secara otomatis oleh Jurnal. Dan jika Anda mendapatkan kesulitan dalam menjalankan software akuntansi Jurnal, Anda akan mendapatkan bantuan melalui live chat online. 

9. Akses Mudah

Tak hanya fitur-fitur di atas, dengan Jurnal Anda juga akan dipermudah untuk memonitor keuangan bisnis Anda kapan pun dan di mana pun. Dengan browser di ponsel, tablet, maupun laptop, Anda dapat mengakses seluruh fitur yang tersedia di Jurnal kapan pun dalam satu genggaman.

Dari macam-macam software akuntansi yang ada di pasaran, Jurnal bisa menjadi pilihan terbaik saat ini, apabila Anda ingin terjun menggunakan software akuntansi. Tapi, apabila Anda pun lebih tertarik untuk menggunakan jasa konsultant keuangan, karena tidak ingin ribet atau pusing mempelajari software akuntansi, Anda pun bisa menghubungi kami FR Consultant Indonesia.

Anda bisa menggunakan jasa pembukuan pengelolaan bisnis yang dimiliki FR Consultant Indonesia sebagai pemilik jasa laporan keuangan dan jasa pembukuan. Bagi Anda yang tinggal di Depok, Anda bisa menggunakan jasa konsultan keuangan di Depok. FR Consultant Indonesia memiliki staf-staf terbaik untuk membantu Anda memonitor sistem keuangan perusahaan Anda. Kami adalah juga jasa konsultan keuangan untuk pengelola keuangan bisnis, yang juga konsultan manajemen keuangan, sekaligus jasa konsultan pajak. Kami juga menyediakan tenaga ahli untuk konsultasi manajemen bisnis. Anda bisa menghubungi kami, karena kami hadir untuk Anda.

FR Consultant Indonesia, Solusi Pembuatan Laporan Keuangan dan Laporan Pajak Perusahaan dan Pribadi Hubungi 0813-8228-9991.

0 Response to "Yuk, Kenali Macam-macam Software Akuntansi"

Post a comment

Harap Berkomentar sesuai dengan tema artikel, Diluar Tema artikel akan dihapus. Terima Kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel