Mengenal Software Akuntansi, Dibandingkan Akuntansi Tradisional - Cara Membuat Laporan Keuangan dan Laporan Pajak

Mengenal Software Akuntansi, Dibandingkan Akuntansi Tradisional

Mengenal Software Akuntansi, Dibandingkan Akuntansi Tradisional
Mengenal Software Akuntansi, Dibandingkan Akuntansi Tradisional 

Mengenal Software Akuntansi, Dibandingkan Akuntansi Tradisional 

Sekali pun saat ini zaman telah terhubung ke teknologi dan Sistem Informasi Akuntansi telah banyak diterapkan di berbagai perusahaan besar. Tapi, masih juga banyak pengusaha yang belum memahami penggunaan software akuntansi. Tak sedikit pelaku UKM yang lebih memilih untuk menerapkan Akuntansi Tradisional dengan menggunakan catatan buku besar dan tulisan tangan.

Kebanyakan tentu karena belum mengenal software akuntansi atau karena berasumsi software akuntasi adalah layanan yang mahal. Padahal, tidak selalu seperti itu. Sekarang ini setiap pebisnis atau pun pengusaha layak untuk mengetahui dengan baik tentang software akuntansi.

Sebelum bicara lebih jauh, pertama – tama kita akan membahas tentang teknologi informasi. Seperti yang telah kita ketahui bahwa teknologi memiliki definisi yang sangat luas. Teknologi informasi adalah teknologi komputer yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi serta teknologi informasi yang digunakan untuk mengirimkan informasi. Teknologi informasi berhubungan dengan akuntansi, sehingga teknologi informasi juga mempengaruhi perkembangan di bidang akuntansi. Inilah yang kemudian dinamakan SIA atau, Sistem Informasi Akuntansi. Semakin canggih teknologi informasi, maka semakin canggih pula akuntansi.

Perkembangan teknologi informasi berdampak signifikan terhadap suatu perusahaan yang masih menggunakan sistem manual. Dampak signifikan yang dimaksud adalah pemakaian teknologi informasi yang canggih akan memudahkan suatu pekerjaan. Seperti pemrosesan data yang membutuhkan software akuntansi sebagai pembantu pembuatan proses laporan keuangan. Hal tersebut berarti bahwa perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat saat ini memberikan banyak kemudahan kepada para pemakainya terutama pekerjaan yang termasuk ke dalam bidang bisnis. Pekerjaan di bidang bisnis umumnya menggunakan komputer sebagai pembantu pekerjaan. Sebab dengan menggunakan komputer akan dapat bekerja secara cepat, tepat waktu, relevan dan akurat. Sehingga waktu tidak banyak terbuang, tenaga tidak banyak terpakai, dan tidak mengeluarkan banyak biaya.

Teknologi akuntansi berfungsi sebagai controller/checker yang bisa memastikan apakah suatu transaksi benar terjadi. Hal ini tentu memudahkan seorang akuntan dalam bekerja. Seperti contohnya, seorang akuntan yang bekerja di perusaahaan yang masih menggunakan sistem manual dalam pembuatan laporan dan harus menerima laporan akuntansi baik dari kasir, karyawan bagian penjualan, pembelian, persediaan dan juga produksi. Maka ia harus menerima laporan tersebut secara manual dan meneruskannya secara manual pula. Tapi jika ia menggunakan software atau teknologi informasi akuntansi, maka ia tidak perlu menerima laporan – laporan tersebut secara manual. Ia hanya tinggal menunggu kiriman laporan saja lalu mengerjakan laporan tersebut dan meneruskannya ke atasan. Sehingga hasil yang didapat juga lebih baik, efisien dan tidak membutuhkan waktu dan tenaga yang berlebihan.

Berdasarkan penjabaran diatas, maka dapat disimpulkan terdapat beberapa manfaat dari teknologi informasi akuntansi atau software akuntansi, yaitu:
  1. Membantu pekerjaan menjadi lebih efisien (makes job easier)
  2. Lebih bermanfaat (useful)
  3. Produktivitas bertambah (increase produtivity)
  4. Efektivitas tinggi (enchance effectiveness)
  5. Kinerja pekerjaan berkembang (improve job performance)
Akuntansi adalah formulir – formulir, catatan – catatan, prosedur – prosedur, dan alat – alat yang digunakan untuk mengolah data mengenai usaha suatu kesatuan ekonomis dengan tujuan untuk menghasilkan umpan balik dalam bentuk laporan – laporan yang diperlukan oleh manajemen untuk mengawasi usahanya dan bagi pihak yang berkepentingan.

Lalu, apa kelemahan dari Akuntansi Tradisional?

Berdasarkan fakta yang banyak di temui saat ini, menyatakan bahwa saat ini akuntansi tradisional sudah mulai ditinggalkan. Hal tersebut terjadi akibat sistem akuntansi tradisional mempunyai beberapa kelemahan yang berbahaya untuk keamanan data, di antaranya yaitu:

Membutuhkan Biaya Besar

Tak dapat kita pungkiri bahwa dengan menggunakan akuntansi tradisional maka tentu akan membutuhkan biaya yang besar sebab Anda harus bisa menggaji seorang in-house accountant agar dapat menyelesaikan pembukuan Anda. Selain itu apabila terdapat kesalahan yang terjadi akibat human error maka harus dapat mengulang kembali proses yang sedang dijalankan sehingga hal tersebut menjadikan pekerjaan menjadi semakin lama dan juga membutuhkan seseorang dengan tingkat akurasi yang sangat tinggi.

Kesulitan Akses di Banding dengan Menggunakan Software Akuntansi

Sebagai seorang pebisnis maka tentu Anda dituntut untuk dapat mengetahui serta mengupdate aktivitas finansial perusahaan. Selain itu, data finansial juga merupakan hal yang sangat penting untuk di jaga kerahasiaannya. Apabila Anda sedang berbisnis di tempat lain maka jika Anda masih menggunakan sistem akuntansi tradisional tentu akan membuat sulitnya dalam mendapatkan informasi yang Anda perlukan sehingga akan berakibat fatal pada bisnis Anda.

Tingkat Pengawasan Rendah Dibanding Menggunakan Software Akuntansi

Akibat paling fatal apabila Anda masih menerapkan sistem akuntansi tradisional yaitu Anda akan sulit mengawasi keuangan perusahaan sehingga berkemungkinan besar akan muncul pelaku kecurangan atau fraud dalam perusahaan Anda tanpa di sadari. Kecurangan tersebut bisa saja berupa penyalahgunaan asset, korupsi dan lain sebagainya.

Resiko Kehilangan Data Lebih Tinggi Dibanding dengan Menggunakan Software Akuntansi

Pada saat Anda menggunakan sistem akuntansi tradisional maka membuat Anda sedang mempertaruhkan data perusahaan Anda sebab resiko untuk kehilangan ataupun kerusakan data akibat dari kecelakaan kecil yang bisa muncul dari kegiatan sehari – hari lebih besar dibanding dengan perbuatan pencurian data secara sengaja. Sehingga resiko yang akan di dapatkan bisa saja Anda kehilangan investor akibat dari kecelakaan kecil yang terjadi akibat aktivitas sehari – hari yang terjadi secara tidak sengaja.

Berdasarkan kelemahan dari sistem akuntansi tradisional dan kelebihan dari software akuntansi maka dapat kita simpulkan bahwa software akuntansi merupakan solusi terbaik yang wajib Anda coba untuk meminimalisir resiko yang akan terjadi apabila Anda masih menggunakan sistem akuntansi tradisional.

Salah satu software akuntansi terbaik di Indonesia adalah Zahir Accounting yang dirancang khusus untuk bisa mempermudah Anda dalam mengelola bisnis dengan mudah.

Selain mudah digunakan, Zahir Accounting juga menyediakan fitur yang sangat menakjubkan seperti fitur yang dapat membantu Anda untuk mengelola semua proses bisnis di satu tempat, hingga laporan keuangan, semua dapat dilakukan secara instan dan otomatis. Ingin tahu lebih lanjut mengenai Software Zahir Accounting? Klik di sini untuk info lebih lengkapnya.

Meski pun begitu, seandainya Anda pun masih kesulitan dalam melakukan pembukuan sendiri dengan software semacam Zahir, maka Anda bisa menggunakan jasa pembukuan pengelolaan bisnis yang dimiliki FR Consultant Indonesia sebagai pemilik jasa laporan keuangan dan jasa pembukuan.

FR Ccnsultant Indonesia memiliki staf-staf terbaik untuk membantu Anda memonitor sistem keuangan perusahaan Anda. Kami adalah juga jasa konsultan keuangan untuk pengelola keuangan bisnis, yang juga konsultan manajemen keuangan, sekaligus jasa konsultan pajak. Kami juga menyediakan tenaga ahli untuk konsultasi manajemen bisnis. Anda bisa menghubungi kami, karena kami hadir untuk Anda.


FR Consultant Indonesia, Solusi Pembuatan Laporan Keuangan dan Laporan Pajak Perusahaan dan Pribadi Hubungi 0813-8228-9991.

0 Response to "Mengenal Software Akuntansi, Dibandingkan Akuntansi Tradisional"

Post a comment

Harap Berkomentar sesuai dengan tema artikel, Diluar Tema artikel akan dihapus. Terima Kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel