4 Tips Membangun Merek Bisnis - Cara Membuat Laporan Keuangan dan Laporan Pajak

4 Tips Membangun Merek Bisnis

4 Tips Membangun Merek Bisnis
4 Tips Membangun Merek Bisnis

4 Tips Membangun Merek Bisnis

Membangun merek (brand) produk bisnis menjadi sebuah merek yang dikenal, merupakan upaya yang gampang-gampang susah. Dibutuhkan eksperimen strategi dan konsistensi, riset pasar, bahkan perhitungan pemasaran, dalam upaya melakukan pembangunan sebuah merek. Hingga merek tersebut dapat lebih dikenal orang, dan dapat upaya tersebut dapat memberikan hasil.

Ambil contoh merek air mineral. Ada Vit, Aqua, Oasis, dan lain sebagainya. Tapi, sering kali, ketika kita ingin membeli air mineral, yang kita ingat adalah Aqua. Sekali pun pada akhirnya, kita tak terlalu bermasalah bila dikasih merek lain seperti Vit. Dan, ada pula yang bersikeras ingin merek Aqua untuk air mineral mereka.

Bagaimana ini bisa terjadi? Ringkasnya, ini karena Aqua berhasil membangun merek air mineral terbaik di tengah masyarakat kita. Aqua juga menjadi yang pertama.

Merek atau brand adalah segala sesuatu yang terkait dengan perusahaan, produk, layanan, dan segala hal yang berkaitan dengan perusahaan. Inilah yang harus Anda perjuangkan agar merek Anda dikenal banyak orang. Sehingga orang-orang selalu mengingat merek Anda saat mereka sedang membutuhkan sesuatu.

Sekali lagi, inilah mengapa membangun sebuah merek agar dapat dikenal banyak orang tidaklah mudah. Tapi bukan berarti susah. Poinnya adalah, agar sebuah merek dapat dikenal masyarakat dengan baik memerlukan waktu yang cukup panjang. Selain itu, Anda juga perlu melakukan sesuatu untuk menjangkau calon konsumen dengan cara yang efektif. 

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda gunakan agar merek produk Anda dapat mudah dikenal:

1. Membuat Iklan Produk

Anda mungkin sudah terpikirkan tentang ini. Ya. Iklan merupakan salah satu cara yang efektif untuk melakukan branding agar produk Anda dikenal banyak orang. Bagi perusahaan besar, membuat dan memasang iklan merupakan hal yang mudah. Namun, untuk perusahaan kecil atau UKM mungkin menjadikan sebuah beban karena harus menambah biaya pemasaran yang cukup tinggi.

Tapi jangan khawatir, kini Anda dapat memanfaatkan iklan digital. Iklan digital memiliki biaya yang cukup terjangkau bahkan beberapa ada yang gratis. Seperti menggunakan iklan di Instagram atau pun di Facebook, atau bisa pula di Google Ads.

Dengan cara itu, biaya pemasaran pun dapat ditekan seminimal mungkin. Iklan digital juga memiliki pangsa pasar yang potensial karena seperti yang kita tahu bahwa pengguna social media semakin hari semakin meningkat bahkan diperkirakan jumlahnya melebihi 3 miliar orang. Tentu saja ini merupakan hal yang efisien dan efektif untuk meningkatkan branding produk Anda agar dikenal banyak orang.

2. Mengikuti Event, Pameran, atau pun Bazar

Selain membuat dan memasang iklan, Anda juga dapat mengikuti kegiatan-kegiatan semacam pameran atau bazar untuk membuat merek dari produk Anda menjadi dikenal. Pilih dan sesuaikan pameran atau bazar yang akan diikuti dengan bidang bisnis Anda. 

Misalnya bisnis Anda di bidang pakaian muslim maka Anda dapat mengikuti pameran atau bazar seperti islamic fair, atau misal bidang bisnis Anda pada makanan maka Anda dapat mengikuti semacam festival kuliner nusantara dan contoh-contoh lainnya.

Dalam suatu kegiatan pasti akan disediakan stand, Anda dapat memilih stand strategis dan menghiasnya dengan menarik tentu saja usahakan sesuai dengan merek produk Anda. Dengan demikian, pengunjung akan tertarik dan popularitas merek ataupun produk Anda menjadi naik hingga akhirnya dikenal.

3. Memberikan Nilai Tambah Selain Menjual Produk

Dalam membentuk citra untuk sebuah merek, ada baiknya jika konten yang dibuat dapat membangun hubungan antara konsumen dan bisnis Anda. Ini artinya, jangan Anda hanya membuat konten yang berisi produk dan jual beli produk saja, tetapi juga berisi nilai edukasi ataupun nilai-nilai lain yang dapat meningkatkan citra positif dari brand Anda. 

Misalnya beberapa waktu Anda dapat membagikan post yang bernilai agama, nasihat, quote yang memberikan semangat dan sebagainya. Hal tersebut akan membuat hubungan yang lebih kuat dan lama.

4. Melihat Dari Kacamata Konsumen

Penjualan Anda adalah akibat dari kebutuhan konsumen sehingga agar konsumen mencari merek atau brand Anda maka ambilah sudut pandang konsumen sentris. Pahami kebutuhan dan keinginan konsumen di mana konsumen dapat menjadikan merek Anda menjadi nomor 1 di pikiran mereka. Selain itu, Anda juga dapat memberikan pelayanan yang baik secara sosial. Karena menurut Aberdeen Group, bisnis yang memberikan layanan sosial memiliki pertumbuhan bisnis yang lebih besar dibandingkan bisnis yang tidak menerapkan pelayanan sosial.

Ingatlah bahwa pesaing Anda di pasar jumlahnya banyak sehingga Anda harus memenangkan hati konsumen. Akan sangat mudah bagi konsumen memilih merek selain merek Anda, maka dari itu ubahlah pandangan Anda dari produsen sentris menjadi konsumen sentris.

Proses branding bukanlah hal yang instan tetapi jika Anda lakukan secara sungguh-sungguh dampaknya begitu besar yakni brand awareness di mana merek produk Anda menjadi dikenal masyarakat dan bisnis Anda pun menjadi lebih sukses. Ketika Anda mencapai sukses, maka yang selanjutnya harus Anda perhatikan adalah pengelolaan keuangan perusahaan Anda. Anda pun harus melakukan pengelolaan keuangan ini dengan baik, supaya dapat menunjang kesuksesan bisnis Anda. 

Untuk mengelola keuangan bisnis, Anda dapat menggunakan bantuan Jurnal. Jurnal adalah software akuntansi online yang berbasis Cloud sehingga data secara otomatis akan tersimpan. Dengan Jurnal, Anda bisa mendapatkan kemudahan pencatatan untuk keperluan bisnis kapan pun dan di mana pun. Tidak hanya pencatatan transaksi, Jurnal juga menyediakan fitur pembuatan faktur secara otomatis, pelacakan ketersediaan barang, manajemen stok, cashlink, laporan keuangan yang akan membantu mengembangakan nilai bisnis Anda di masa depan. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang Jurnal, bisa Anda dapatkan di sini.

Meski pun begitu, seandainya Anda pun masih kesulitan dalam melakukan pembukuan sendiri dengan software semacam Jurnal, maka Anda bisa menggunakan jasa pembukuan pengelolaan bisnis yang dimiliki FR Consultant Indonesia sebagai pemilik jasa laporan keuangan dan jasa pembukuan.

FR Ccnsultant Indonesia memiliki staf-staf terbaik untuk membantu Anda memonitor sistem keuangan perusahaan Anda. Kami adalah juga jasa konsultan keuangan untuk pengelola keuangan bisnis, yang juga konsultan manajemen keuangan, sekaligus jasa konsultan pajak. Kami juga menyediakan tenaga ahli untuk konsultasi manajemen bisnis. Anda bisa menghubungi kami, karena kami hadir untuk Anda.

FR Consultant Indonesia, Solusi Pembuatan Laporan Keuangan dan Laporan Pajak Perusahaan dan Pribadi Hubungi 0813-8228-9991.

0 Response to "4 Tips Membangun Merek Bisnis"

Post a comment

Harap Berkomentar sesuai dengan tema artikel, Diluar Tema artikel akan dihapus. Terima Kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel