6 Langkah Meningkatkan Kesuksesan UKM - Cara Membuat Laporan Keuangan dan Laporan Pajak

6 Langkah Meningkatkan Kesuksesan UKM


6 Langkah Meningkatkan Kesuksesan UKM
6 Langkah Meningkatkan Kesuksesan UKM

6 Langkah Meningkatkan Kesuksesan UKM

Setiap pengusaha yang menjalani bisnis UKM, pasti menginginkan keberhasilan atau kesuksesan yang terus menanjak setiap tahunnya. Pencapaian ini tentu dipengaruhi oleh banyak faktor dan dibutuhkan suatu kerja keras, sistem yang matang, serta tenaga kerja yang produktif, sekali pun bergerak di tingkat UKM. Anda pun sebagai pelaku bisnis UKM, harus selalu memperluas upaya dan wawasan pengetahuan, mulai dari disiplin produk, manajemen keuangan, bahkan sampai pemasaran.

Tak sedikit pelaku UKM yang lalai dalam meningkatkan wawasan dirinya sebagai pebisnis, sehingga, bisnis UKM yang dijalaninya tidak mengalami peningkatan atau malah menderita kemerosotan. 

Sebelum memulai bisnis, pelaku UKM tidak berasal dari latar belakang keuangan, mau tidak mau harus mempelajari dasar-dasar pembukuan, pendanaan, dan apa yang sebenarnya penting bagi pemberi pinjaman dan investor saat mereka melakukan perjalanan melalui hal yang tidak diketahui. Sekali pun begitu, Anda masih tetap bisa menggunakan jasa laporan keuangan, seandainya memang dibutuhkan.

Terlepas dari sejauh mana Anda memahami disiplin keuangan, jika sebagai pemilik bisnis UKM Anda sudah merasa terjebak dengan banyaknya kebingungan bisnis namun tetap ingin sukses didalamnya, berikut beberapa hal mendasar yang dapat Anda lakukan agar bisnis Anda paling tidak bisa tetap berada di jalur kesuksesannya:

1. Kejar Passion, Bukan Hanya Uang

Sebagai pemilik bisnis UKM, prioritas nomor satu ketika harus berhadapan dengan calon investor adalah menjelaskan tujuan dari bisnis tersebut, mengapa bisnis tersebut dibutuhkan, apa keunikannya, dan apa yang membuatnya berbeda bukan hanya soal uang dan keuntungan semata.

Anda yang menjalankan bisnis dengan passion, pasti akan mudah menerangkan dan menemukan keunikan serta ciri khas dari bisnis tersebut. Berani menjadi unik, berbeda, sesuai passion yang Anda miliki akan membuat sebuah bisnis menjadi mudah dikenali, dan secara tidak langsung akan lebih mudah pula menarik investor.

2. Miliki Tim Yang Andal

Ingatlah bahwa tim Anda menentukan keberhasilan bisnis. Mempekerjakan “tim impian” sangat penting untuk kesuksesan usaha kecil Anda. Jika Anda seorang pengusaha pemula, ingatlah bahwa investor mempercayakan uang mereka pada orang yang memiliki kinerja yang bagus, bukan hanya bisnis semata. Pekerjakan orang-orang yang tidak hanya membawa keahlian industri, tetapi juga orang-orang yang memiliki semangat dan keinginan untuk belajar.

3. Pilih Investor Yang Peduli Pada Bisnis Anda

Seorang investor tidak hanya mampu menambahkan modal pada sebuah usaha, tetapi mereka juga menjadi duta untuk mewakili bisnis Anda ke komunitas eksternal yang lebih luas. Pilih investor bukan hanya karena ingin menghasilkan 10x, 50x, atau 100x pengembalian investasi mereka. Pilih investor yang berinvestasi karena mereka benar-benar peduli dengan misi. Tujuannya bukan untuk menjual kepada orang-orang yang membutuhkan apa yang Anda miliki, tetapi untuk menjual kepada orang-orang yang percaya apa yang Anda percayai, sehingga mereka memahami benar tantangan bisnis yang Anda jalani dan berani menjadi mitra bisnis yang berproses bersama menuju sukses.

4. Gunakan Teknologi Cloud untuk Meminimalkan Biaya Startup

Saat ini, cukup banyak orang yang dapat memulai bisnis mereka sendiri dengan anggaran minimal berkat berbagai teknologi online, layanan, dan alat pemasaran & manajemen yang tersedia. Jika Anda memulai di dunia bisnis dengan sedikit atau tanpa pemahaman tentang aspek keuangan menjalankan bisnis, maka Anda bisa memanfaatkan Jurnal untuk proses pembukuan dan membantu menghilangkan tugas administratif yang berlebihan dari daftar tugas rutinitas Anda yang tanpa batas sebagai pemilik dan penanggung jawab usaha.

Beralih ke teknologi cloud accounting akan memberi Anda manfaat efisiensi yang tinggi seperti kemampuan untuk menghubungkan buku-buku Anda ke rekening bank, setiap kali Anda melakukan transaksi atau menerima pembayaran.

5. Perhatikan Efektivitas Pembukuan Yang Tepat

Tidak jarang Anda lupa untuk mencatat sebuah transaksi bisnis dan salah meletakkan catatan pajak penghasilan. Semua ini dapat dihindari dengan menggunakan perangkat lunak akuntansi cloud seperti Jurnal. Pembukuan tidak konsisten dapat menyebabkan masalah serius saat musim pajak tiba. Gunakan aplikasi Jurnal Mobile sehingga Anda dapat merekam semua transaksi dengan cepat. Anda juga dapat melihat dan membagikan laporan Anda dari salah satu perangkat dalam sekejap. Perhatikan efektivitas pencatatan keuangan Anda, gunakan cloud accounting system dan hindari kehilangan potongan pajak yang sah yang mungkin dapat Anda terima dengan tidak pernah kehilangan dokumen atau biaya lagi.

6. Jangan Lupa Melacak Keuangan Anda

Bagi banyak bisnis UKM, bukan arus kas yang ketat yang menyakiti mereka tetapi ketidaktahuan harus berbuat apa untuk arus kas tersebut yang banyak menempatkan kegagalan dalam usaha. Tetap di atas laporan keuangan, sehingga Anda dapat melihat dengan tepat tentang kondisi keuangan usaha sebenarnya dan di mana posisi usaha Anda berdiri setiap saat ini.

Setelah memahami 6 hal yang harus Anda lakukan untuk memiliki bisnis UKM yang sukses di atas, Anda bisa mulai memiliki beberapa perencanaan untuk mendukung hal tersebut terutama yang berkaitan dengan bidang keuangan. Untuk memperoleh laporan keuangan secara efisien, membuat keputusan bisnis yang lebih akurat dan lebih cerdas, Anda bisa mengambil inisiatif untuk mengelola pembukuan Anda dengan benar dan bergabung dengan Jurnal di sini.

Meski pun begitu, seandainya Anda pun masih kesulitan dalam melakukan pembukuan sendiri dengan software semacam Jurnal, maka Anda bisa menggunakan jasa pembukuan pengelolaan apartemen yang dimiliki FR Consultant Indonesia sebagai pemilik jasa laporan keuangan dan jasa pembukuan.

FR Ccnsultant Indonesia memiliki staf-staf terbaik untuk membantu Anda memonitor sistem keuangan perusahaan Anda. Kami adalah juga jasa konsultan keuangan untuk pengelola keuangan bisnis, yang juga konsultan manajemen keuangan, sekaligus jasa konsultan pajak. Kami juga menyediakan tenaga ahli untuk konsultasi manajemen bisnis. Anda bisa menghubungi kami, karena kami hadir untuk Anda.

FR Consultant Indonesia, Solusi Pembuatan Laporan Keuangan dan Laporan Pajak Perusahaan dan Pribadi Hubungi 0813-8228-9991.

0 Response to "6 Langkah Meningkatkan Kesuksesan UKM"

Post a comment

Harap Berkomentar sesuai dengan tema artikel, Diluar Tema artikel akan dihapus. Terima Kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel