5 Tips Mencari Klien Yang Loyal Untuk Bisnis Anda - Cara Membuat Laporan Keuangan dan Laporan Pajak

5 Tips Mencari Klien Yang Loyal Untuk Bisnis Anda

5 Tips Mencari Klien Yang Loyal Untuk Bisnis Anda
5 Tips Mencari Klien Yang Loyal Untuk Bisnis Anda

5 Tips Mencari Klien Yang Loyal Untuk Bisnis Anda

Klien pasti berarti sebagai sumber pemasukan bagi sebuah bisnis. Itu sebabnya, mencari klien adalah upaya yang penting untuk diperhatikan. Tak sedikit pengusaha atau pun pebisnis yang lengah dalam upaya mencari klien. Di saat perhatian mereka banyak tercurah pada kualitas produk, mereka justru lupa atau lengah terhadap strategi mencari klien yang baik untuk bisnis mereka.

Hal ini tentu, patut disayangkan. Di sisi lain, mendapatkan klien yang loyal dan setia, ramah dalam pembelian, dan komunikatif, serta pandai bekerja sama ketika menghadapi suatu kendala setelah pembelian, adalah juga elemen yang penting untuk diraih.

Lalu, bagaimana tepatnya Anda menemukan dan memikat klien yang loyal dan setia ini? Untuk usaha kecil, bekerja dengan klien yang buruk dapat melelahkan, dibandingkan bekerja dengan klien yang baik. Karena klien yang baik memiliki keuntungan bisnis yang bersifat transformasional. 

Bayangkan komunikasi yang responsif, pembayaran yang cepat, dan arus kas yang lebih baik, semuanya berkontribusi pada bisnis yang jauh lebih sehat dan menguntungkan. 

Lantas, bagaimana tepatnya Anda dapat mengidentifikasi dan menemukan jenis klien bisnis yang hebat seperti ini? Terri Ling (2018), membagikan cara menemukan klien ideal yang membuat bisnis Anda lebih baik, berikut di antaranya:

1. Lakukan Riset untuk Menemukan Klien Ideal Anda

Pertama-tama, jika saat ini Anda memiliki lebih dari satu klien, pikirkan klien mana yang Anda anggap lebih baik dari yang lain. Gunakan "klien ideal" ini sebagai contoh untuk membantu Anda menemukan orang lain seperti mereka. Tanyakan pada diri Anda sendiri mengenai beberapa hal berikut:
  1. Apa yang menjadikan mereka klien ideal Anda?
  2. Apakah karena mereka responsif dan mudah diajak bekerja sama?
  3. Apakah mereka membayar Anda tepat waktu?
  4. Apakah Anda menikmati peluang kerja yang mereka berikan kepada Anda?
Masing-masing pertanyaan ini penting untuk dipertimbangkan ketika mendefinisikan klien ideal Anda. Namun, menikmati pekerjaan Anda sama pentingnya dengan klien yang membayar Anda. Misalnya, jika Anda senang merancang situs web untuk bisnis skala kecil hingga menengah dan menemukan bahwa Anda puas bekerja di pasar khusus tersebut, maka Anda akan tahu bahwa Anda tidak menikmati bekerja untuk perusahaan besar.

Cara lain untuk menemukan klien ideal Anda adalah mengungkapkan apa yang tidak Anda sukai dari klien. Misalnya, jika Anda bekerja dengan klien yang selalu responsif, tetapi setelah Anda mengirim faktur untuk pembayaran, ia terus-menerus “keluar dari jaringan”, klien impian Anda akan menjadi sebaliknya.

Sangat penting untuk melakukan penelitian yang tepat untuk menemukan klien ideal Anda sejak awal. Gunakan periode ini untuk membantu Anda menilai semua klien masa depan (seperti ujian screening) untuk memastikan bahwa klien bisnis potensial ini memenuhi kriteria "contoh klien ideal" Anda.

2. Menentukan di mana Klien Anda Menghabiskan Waktu Mereka

Sebagai pemilik usaha kecil, tahu persis di mana klien ideal Anda menghabiskan waktu mereka sangat penting, untuk mendapatkan klien yang lebih baik. Jika Anda tahu di mana mereka biasa menghabiskan waktu, Anda kemungkinan akan berada dalam posisi yang baik untuk menunjukkan, menarik, menghubungkan, dan menjual layanan Anda kepada mereka. Untuk mencari tahu di mana klien Anda berkumpul, tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan ini:
  1. Jenis situs web apa yang sering mereka kunjungi?
  2. Platform social media apa yang biasanya mereka gunakan?
  3. Apakah mereka bagian dari grup LinkedIn atau Facebook?
  4. Acara offline apa yang mereka hadiri?
Jika Anda seorang pengguna internet aktif, Anda mungkin terkejut melihat betapa mudahnya mendapatkan informasi ini hanya dengan melakukan survei melalui penggunaan alat seperti Google Typeforms.

3. Mulai Membangun Hubungan dengan Klien yang Lebih Baik

Jadi Anda telah merefleksikan pertanyaan-pertanyaan ini dan menyelesaikan survei tersebut, maka sekarang Anda tahu di mana klien ideal Anda berkumpul, saatnya untuk terhubung dengan mereka dan membangun hubungan! Ada beberapa cara untuk melakukan ini:

a. Situs Web

Jika Anda tahu situs web mana yang sering mereka kunjungi, pertimbangkan untuk menempatkan diri Anda sebagai pemimpin pemikiran di tempat-tempat "nongkrong" tersebut. Mulailah dengan menulis konten yang relevan, mendidik, dan informatif tentang topik yang terkait dengan jenis layanan yang Anda tawarkan.

Bagaimana cara melakukannya:
Jika Anda adalah agen konsultan desain interior yang menyediakan berbagai layanan desain dan Anda tahu klien ideal Anda cenderung menelusuri artikel tentang “bagaimana cara mendesain”, maka Anda dapat menulis postingan di web desain interior terkenal tentang cara mendesain dengan unik dan berbeda dari desainer lain. Jangan lupa sertakan informasi pribadi dan tautan ke web pribadi Anda sehingga jika klien membaca artikel tersebut dan tertarik, mereka dapat dengan mudah menghubungi Anda untuk layanan desain.

b. Social Media

Serupa dengan situs web, pastikan Anda aktif di jaringan social media tempat klien ideal Anda aktif.

Bagaimana cara melakukannya:
Jika klien lebih aktif di Twitter, maka jadikan Twitter sebagai social media utama Anda untuk berinteraksi dan berbagi informasi. Jika Anda bisa, posisikan diri Anda sebagai pemimpin pemikiran di jaringan yang cenderung mereka gunakan. Tetaplah terhubung dengan mereka melalui media sosial tersebut dan bagikan konten yang relevan dengan industri.

4. Berlatih dan Sempurnakan Strategi Anda

Jika Anda telah menemukan dan terhubung dengan klien impian Anda, maka Anda harus tahu bahwa menghubungi mereka untuk menjual layanan adalah sebuah kesempatan. Pastikan untuk menyempurnakan promosi Anda dan pastikan hal tersebut tepat sasaran, disesuaikan, dan diarahkan ke orang yang tepat. 

Berlatihlah agar promosi tersebut bisa terlihat sempurna. Sebelum Anda menawarkan kepada mereka, luangkan waktu untuk meneliti perusahaan atau orang untuk lebih memahami kebutuhan mereka. Personalisasikan email Anda kepada mereka dan isilah dengan tawaran yang sesuai dengan daftar kategori yang mereka inginkan.

5. Dapatkan Klien yang Lebih Baik dengan Menawarkan Proposisi Nilai

Menancapkan proposisi nilai perusahaan adalah kunci untuk mengomunikasikan manfaat atau nilai yang Anda tawarkan kepada klien. Semakin baik Anda mengetahui proposisi nilai Anda sendiri, semakin mudah menarik jenis pelanggan yang Anda inginkan, dan menyaring orang-orang yang tidak Anda inginkan.

Proposisi nilai yang efektif dapat menyampaikan pesan yang jelas dan ringkas, pesan itu harus menonjolkan nilai unik Anda, menjanjikan manfaat tertentu, dan sering menyertakan testimonial untuk bukti sosial. Seringkali, mereka berisi judul, sub-judul, poin-poin, gambar, dan kadang-kadang bahkan video. Luangkan waktu untuk mengerjakan proposisi Anda dan pastikan untuk memasukkannya ke halaman utama di situs web termasuk halaman beranda dan layanan Anda.

Dengan menggunakan lima langkah di atas untuk membangun bisnis, maka Anda akan memperoleh kesempatan untuk memperoleh klien bisnis yang lebih baik. Klien yang lebih baik adalah klien yang sehat, di mana berarti Anda dibayar tepat waktu, memiliki komunikasi yang baik, dan memberi Anda kesempatan untuk tumbuh bersama, membuat bisnis yang lebih baik dalam jangka panjang. Seorang klien yang lebih baik akan membuat arus kas perusahaan menjadi lancar, dan menghindarkan Anda dari risiko kebangkrutan.

Setelah memahami cara mencari klien yang loyal untuk mengembangkan bisnis Anda, selanjutnya Anda bisa mulai memiliki beberapa perencanaan untuk mendukung hal tersebut terutama yang berkaitan dengan bidang keuangan. Untuk memperoleh laporan keuangan secara efisien, membuat keputusan bisnis yang lebih akurat dan lebih cerdas, Anda bisa mengambil inisiatif untuk mengelola pembukuan Anda dengan benar dan bergabung dengan Jurnal di sini.

Meski pun begitu, seandainya Anda pun masih kesulitan dalam melakukan pembukuan sendiri dengan software semacam Jurnal, maka Anda bisa menggunakan jasa pembukuan pengelolaan bisnis yang dimiliki FR Consultant Indonesia sebagai pemilik jasa laporan keuangan dan jasa pembukuan.

FR Ccnsultant Indonesia memiliki staf-staf terbaik untuk membantu Anda memonitor sistem keuangan perusahaan Anda. Kami adalah juga jasa konsultan keuangan untuk pengelola keuangan bisnis, yang juga konsultan manajemen keuangan, sekaligus jasa konsultan pajak. Kami juga menyediakan tenaga ahli untuk konsultasi manajemen bisnis. Anda bisa menghubungi kami, karena kami hadir untuk Anda.

FR Consultant Indonesia, Solusi Pembuatan Laporan Keuangan dan Laporan Pajak Perusahaan dan Pribadi Hubungi 0813-8228-9991.

0 Response to "5 Tips Mencari Klien Yang Loyal Untuk Bisnis Anda"

Post a comment

Harap Berkomentar sesuai dengan tema artikel, Diluar Tema artikel akan dihapus. Terima Kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel