7 Kesalahan Dalam Memulai Bisnis - Cara Membuat Laporan Keuangan dan Laporan Pajak

7 Kesalahan Dalam Memulai Bisnis

 
7 Kesalahan Dalam Memulai Bisnis
7 Kesalahan Dalam Memulai Bisnis

7 Kesalahan Dalam Memulai Bisnis

Berbisnis adalah pekerjaan yang tidak mudah, namun tidak juga sulit apabila Anda memiliki tekad yang kuat untuk menjalankannya. Banyak dari kita yang membuat kesalahan dalam memulai bisnis, karena terlalu fokus mencari model, kita sering melupakan komponen atau pun elemen penting lainnya dalam membangun bisnis.

Kesalahan dalam memulai bisnis dapat berujung fatal apabila tidak segera dicari tahu solusinya. Itu sebabnya, dalam berbisnis penulis menyarankan Anda untuk belajar dan memahami apa komponen yang dalam menyebabkan kegagalan dalam berbisnis. Bentuk kesalahan ini pun bisa bervariasi, mulai dari salah memilih jenis bisnis, sampai dengan manajemen bisnis yang buruk.

Berikut ini adalah 7 kesalahan dalam memulai bisnis:

1. Memilih Lini Bisnis yang Salah

Sebelum memulai suatu bisnis, Anda harus cermat memilih. Karena dalam menentukan bisnis yang ingin dijalankan, Anda tak bisa sekadar mengikuti trend. Tak bisa asal-asalan. Karena justru akan memancing kesulitan bagi Anda ke depannya. Bisnis adalah tentang hasrat dalam dada. 

Apabila Anda memilih bisnis mengikuti passion, maka kemungkinan Anda berhasil akan besar. Karena Anda akan selalu bersemangat ketika menajalaninya. Kegagalan tentu akan selalu ada, dan kalau tak mengikuti passion, besar kemungkinan Anda akan menyerah. Jadi, pastikan Anda telah mengikuti passion saat akan memilih suatu lini bisnis.

2. Tidak Adanya Visi Dalam Bisnis

Setelah memiliki passion, Anda pun harus memiliki visi. Baik jangka pendek atau jangka panjang. Karena menjalankan bisnis tanpa visi akan menjadi sasaran empuk untuk gagal. Apa yang ingin Anda capai harus jelas dari bisnis yang akan Anda jalani. Tanpa visi yang jelas, maka sebuah bisnis tidak bisa berkembang dan tumbuh.

Ke mana Anda akan menuju? Apa yang ingin Anda gapai? Seperti apa bayangan bisnis Anda ke depannya? Inilah mengapa penting bagi Anda untuk memahami visi dari bisnis yang akan Anda bangun.

3. Salah Dalam Menetapkan Harga

Jika harga terlalu tinggi, pelanggan tidak akan membeli dari Anda, dan jika harga terlalu rendah Anda akan rugi. Jadi pastikan untuk memiliki perhitungan yang tepat ketika memulai bisnis dan menjual sebuah produk. Hitung semua biaya-biaya dan tentukan bagaimana harga akan memengaruhi laba bersih bisnis tersebut. Anda bisa menggunakan bantuan software akuntansi Jurnal untuk memudahkan Anda dalam memperoleh penetapan harga melalui perhitungan semua biaya produksi yang dibutuhkan.

4. Meremehkan Sumber Daya dan Modal

Sebuah kesalahan umum yang dibuat oleh pebisnis ketika memulai bisnis adalah membuat asumsi yang tidak realistis tentang bisnis, arus kas, dan proyeksi keuangan. Luangkanlah waktu untuk memastikan bahwa Anda tahu persis berapa biaya yang dibutuhkan untuk bisnis tersebut dan apakah memiliki modal yang cukup untuk itu. 

Tanyakan kepada diri sendiri. Apakah Anda dapat menghidupi bisnis? Jika tidak, apa Anda tahu bagaimana dan di mana Anda bisa mendapatkan uang yang dibutuhkan? Anda bisa menggunakan jasa konsultan bisnis dan keuangan untuk membantu Anda membuat proyeksi tentang sumber daya dan modal bisnis ini.

5. Gagal Menangani Sebuah Ekspansi

Sebuah bisnis akan berkembang baik hanya jika pertumbuhannya bisa ditangani dan diantisipasi dengan benar. Seluruh operasi bisa meledak jika seorang pemilik bisnis tidak tahu bagaimana cara untuk menangani peningkatan pelanggan, saluran distribusi baru, atau peluang mendadak untuk bisnis.

6. Malas Belajar Dari Bisnis Lain

Kebanyakan orang biasanya tidak meminta nasihat dalam memilih bisnis, baik karena mereka terlalu bangga, takut seseorang akan mencuri ide mereka, atau hanya tidak tahu bantuan tersedia di luar sana. 

Anda perlu berkumpul dengan sesama pebisnis yang telah banyak memiliki pengalaman dan menyerap pengetahuannya. Meminta nasihat dan bertukar pikiran dengan orang yang berpengalaman, selain akan menumbuhkan pengetahuan dan sikap hati-hati juga menghindarkan Anda dari kemungkinan kegagalan bisnis yang sama.

7. Salah Melakukan Manajemen Bisnis

Membangkitkan kembali sebuah bisnis untuk berhasil adalah satu hal, tetapi mengelola adalah cerita yang sama sekali berbeda. Anda harus mampu menetapkan tujuan dan arah yang jelas karena sebuah bisnis perlu melihat peluang, memastikan arus keuangan yang memadai, menjaga karyawan tetap termotivasi, bahagia, dan mampu mengelola pasang surut ekonomi.

Agar terhindar dari beberapa faktor penyebab kesalahan memulai bisnis seperti kesalahan menetapkan harga, tidak realistis terhadap proyeksi keuangan dan arus kas, maka Anda bisa mulai menggunakan software akuntansi online Jurnal sebagai solusinya.

Dengan menggunakan Jurnal data akuntansi Anda dapat tercatat dengan rapi, tepat, dan selalu terbarui. Selain itu, Jurnal juga akan memudahkan Anda karena penggunaan yang mudah, aman, dan dapat digunakan dimana saja dan kapan saja. Jurnal software akuntansi online menjadi solusi pengelola pembiayaan yang mudah dan efektif untuk mendukung program pengelolaan elemen pendukung loyalitas pelanggan. Anda bisa mendaftarkan bisnis Anda melalui Jurnal dan dapatkan sebuah analisis, konsultasi, dan rencana pembiayaan yang sesuai agar bisnis Anda tetap berjalan lancar dengan dukungan pelanggan. Dapatkan semua informasi penting tentang Jurnal bersama FR Consultant Indonesia.

Namun, apabila ternyata Anda lebih senang dengan berkonsultasi bersama para ahli keuangan, Anda bisa langsung ke jasa konsultan keuangan untuk pengelola keuangan bisnis online Anda. Apabila Anda membutuhkan bantuan konsultasi tentang bisnis dan manajemen keuangan, sekaligus jasa konsultan pajak, Anda pun bisa menghubungi kami. Kami hadir di sini untuk Anda. Kami juga menyediakan tenaga ahli untuk konsultasi manajemen bisnis.


FR Consultant Indonesia, Solusi Pembuatan Laporan Keuangan dan Laporan Pajak Perusahaan dan Pribadi Hubungi 0813-8228-9991.

0 Response to "7 Kesalahan Dalam Memulai Bisnis"

Post a comment

Harap Berkomentar sesuai dengan tema artikel, Diluar Tema artikel akan dihapus. Terima Kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel