7 Cara Meningkatkan Daya Jual Bisnis UKM - Cara Membuat Laporan Keuangan dan Laporan Pajak

7 Cara Meningkatkan Daya Jual Bisnis UKM

 
7 Cara Meningkatkan Daya Jual Bisnis UKM
7 Cara Meningkatkan Daya Jual Bisnis UKM

7 Cara Meningkatkan Daya Jual Bisnis UKM

Persaingan semakin ketat di zaman modern ini. Itu sebabnya, penting bagi Anda untuk konsisten dalam upaya meningkatkan daya jual bisnis UKM yang Anda miliki. Sebab kalau tidak, maka besar potensi bisnis UKM Anda akan tertinggal dan kalah saing. Dengan daya jual atau kredibilitas yang baik, bisnis Anda pun akan mudah melesat. Karena dengan kredibilitas yang baik, dan perusahaan Anda telah mendapatkan kepercayaan dari klien, mitra bisnis, pelanggan, maka Anda pun akan mudah melakukan ekspansi bisnis.

Sedangkan bagi Anda pemilik bisnis UKM yang masih dalam taraf menengah, sebuah kredibilitas adalah salah satu masalah yang harus diperjuangkan agar dapat bersaing dengan usaha besar lain yang telah berkembang lebih dulu. Untuk memperoleh kredibilitas bisnis yang sesuai dengan strategi marketing saat ini, banyak pula yang dilakukan secara digital melalui internet. 

Berikut 7 cara meningkatkan daya jual bisnis UKM yang bisa Anda terapkan:

1. Menyediakan Website Profesional

Dalam upaya meningkatkan daya jual bisnis UKM, website menjadi business representative Anda di era dunia digital seperti sekarang. Dengan adanya website, konsumen tidak perlu bersusah payah menuju tempat bisnis Anda yang mungkin berlainan kota hanya untuk melihat produk yang Anda jual. Cukup dengan browsing dan mencari kebutuhan mereka lewat website, konsumen dengan mudah menemukan produk yang diinginkan. 

Bentuklah tim IT untuk membangun sebuah website bisnis, apabila tidak memiliki, maka pakailah jasa konsultan bisnis untuk berdiskusi cara membangun website yang baik. Buatlah website dengan kesan profesional dan berisi informasi lengkap yang selalu terupdate, serta memiliki kualitas gambar yang bagus. Karena ini akan sangat berperan penting bagi kualitas keseluruhan website Anda. 

2. Buatlah Social Media yang Terintegrasi

Poin selanjutnya dalam meningkatkan daya jual bisnis UKM Anda adalah, dengan melakukan pemasaran bisnis UKM melalui sosial media. Sosial media memegang peranan penting bagi kesuksesan sebuah pemasaran, karena melalui sosial media, konsumen dapat berinteraksi lebih dekat dengan bisnis. Dengan akun sosial media yang ditampilkan secara optimal, akan dapat mendukung kredibilitas sebuah UKM, maka harus diperhatikan beberapa hal di dalamnya, antara lain:
  1. Menyediakan foto barang atau produk yang berkualitas. Foto produk yang terkesan profesional dan berkualitas akan memengaruhi keyakinan konsumen untuk membeli dan mempercayai sebuah produk.
  2. Memberi deskripsi yang jelas.
  3. Memberi alamat link yang dapat diakses atau dihubungi konsumen untuk lebih memperjelas bisnis, misalnya mencantumkan alamat toko, nomor telepon yang dapat dihubungi, maupun website resmi yang bisa diakses.

3. Tambahkan Kontak Customer Service

Layanan kontak costumer service yang dicantumkan dalam website akan mempermudah para calon konsumen untuk melakukan interaksi secara langsung pada bisnis Anda. Adanya kontak costumer service juga akan menghilangkan keraguan konsumen terhadap kemungkinan bahwa website atau iklan usaha tersebut palsu karena tidak adanya kontak costumer service yang bisa dihubungi jika terjadi masalah dalam proses transaksi.

4. Cantumkan Alamat Bisnis

Seringkali ditemui website suatu bisnis yang hanya mencantumkan nomor telepon dan menyediakan kolom pesan jika ada yang ingin ditanyakan. Tidak menutup kemungkinan hal tersebut akan membuat calon konsumen ragu dengan keberadaan bisnis Anda. Maka dari itu, cobalah cantumkan alamat bisnis yang benar dan jelas untuk menumbuhkan rasa percaya konsumen pada bisnis Anda. Berikan kesan positif sehingga mendorong calon konsumen membeli produk Anda.

5. Gunakan Alamat Email Perusahaan

Menggunakan alamat email gratis memang diperbolehkan dalam dunia bisnis. Tapi untuk meningkatkan kredibilitas sebuah bisnis, maka tidak ada salahnya jika sedikit membayar untuk memperoleh alamat email dengan nama domain bisnis Anda sendiri. Memiliki alamat email dengan domain nama perusahaan atau bisnis akan memberi kesan kuat, bahwa Anda memiliki bisnis besar dan identitas bisnis yang kuat. 

6. Kartu nama yang representatif

Walaupun saat ini sudah memasuki era digital. Penggunaan kartu nama sebagai alat pertukaran informasi identitas pemilik bisnis tetaplah dibutuhkan. Anda bisa menggunakan kartu nama yang cukup representatif dengan desain elegan yang menggambarkan citra bisnis dan diri Anda. 

Cantumkan identitas bisnis di samping identitas pribadi dengan jelas. Dan pastikan siapa pun yang menerima kartu nama tersebut akan selalu ingat antara keterkaitan nama dan bisnis Anda.

7. Tempatkan Diri Secara Proporsional

Sebagai seorang pemilik bisnis, Anda akan dituntut ikut berperan dalam setiap kegiatan bisnis Anda. Ada kalanya, seorang pemilik bisnis harus ikut turun melayani konsumen maupun menjadi tenaga pemasaran yang ikut menawarkan barang. Jika sebagai pemilik bisnis UKM Anda masih harus menjalani berbagai fungsi di atas, maka pastikan untuk menempatkan diri secara proporsional. Bersikaplah seperti seorang tenaga marketer profesional saat hendak menawarkan barang, dan berikan pelayanan maksimal saat Anda harus ikut melayani konsumen.

Dengan menempatkan diri secara proporsional tanpa harus selalu terikat dengan status sebagai pemilik bisnis, Anda akan membuat klien maupun konsumen Anda merasa nyaman sehingga dapat membantu peningkatan nilai daya jual atau kredibilitas sebuah usaha. Meningkatkan kredibilitas UKM agar bisa setara dengan bisnis yang sudah mapan, bukanlah hal yang tidak mungkin dilakukan asalkan Anda ingin terus belajar dan memiliki keinginan yang kuat untuk berkembang.

Kemudian, satu hal penting yang juga tak luput dan harus dipersiapkan oleh pemilik bisnis UKM ketika bisnisnya mulai berkembang adalah melakukan pengelolaan keuangan dengan baik dan benar agar tidak terjadi masalah. Karena salah pengelolaan yang bisa berakibat fatal. Gunakanlah jasa konsultan keuangan atau software akuntansi, dalam memenuhi kebutuhan ini. Jasa konsultan keuangan akan bisa berkomitmen untuk mendukung kebutuhan akuntansi dan pengelolaan keuangan perusahaan. 

Demikian 7 Cara Meningkatkan Daya Jual Bisnis UKM. Apabila Anda membutuhkan bantuan konsultasi tentang bisnis dan manajemen keuangan, sekaligus jasa konsultan pajak, Anda bisa menghubungi kami. Kami hadir di sini untuk Anda. Kami juga menyediakan tenaga ahli untuk konsultasi manajemen bisnis.

FR Consultant Indonesia, Solusi Pembuatan Laporan Keuangan dan Laporan Pajak Perusahaan dan Pribadi Hubungi 0813-8228-9991.

0 Response to "7 Cara Meningkatkan Daya Jual Bisnis UKM"

Post a comment

Harap Berkomentar sesuai dengan tema artikel, Diluar Tema artikel akan dihapus. Terima Kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel