5 Tips Sukses Membuka Cabang Bisnis - Cara Membuat Laporan Keuangan dan Laporan Pajak

5 Tips Sukses Membuka Cabang Bisnis

5 Tips Sukses Membuka Cabang Bisnis
5 Tips Sukses Membuka Cabang Bisnis


5 Tips Sukses Membuka Cabang Bisnis

Dalam berbisnis, kadang kita sering mengalami kemajuan dan kemunduran. Hal ini tentu tergantung dari bermacam faktor. Bisa dari faktor Anda sebagai pemilik, bagaimana Anda menjalankan perusahaan, dan bagaimana tim manajemen Anda beroperasi. Bisa pula terpengaruh dari faktor eksternal, yang mana terkait dengan keadaan market dan ketertarikan market terhadap produk yang perusahan Anda jual. Namun, bisnis yang baik dan tergolong berhasil, adalah bisnis yang memiliki perkembangan yang konsisten sekali pun perlahan. Bisnis yang secara perlahan, selalu dalam upaya untuk membuka cabang atau memperbanyak cabang hingga ke berbagai tempat.

Bagi Anda yang mengalami stabilitas bisnis, atau laju perusahaan yang telah stabil, tentu membuka cabang bisnis adalah tawaran menggiurkan, atau pun tantangan menarik yang layak dicoba. Tetapi bagi Anda yang belum, mungkin ada baiknya jika Anda bisa melakukan konsultasi ke jasa konsultan bisnis sebelum memulai membuka cabang. Atau, jika Anda berani mengambil resiko, setidaknya tips di bawah ini bisa membantu Anda.

Berikut ini adalah 5 tips sukses membuka cabang bisnis bagi Anda sebagai pengusaha:

1. Perhatikan Ketersediaan Modal

Modal Anda adalah komponen yang perlu Anda perhatikan paling pertama ketika berpikir untuk membuka cabang. Karena tanpa kesediaan modal, Anda akan kesulitan membangun cabang bisnis. Anda pun harus melakukan perhitungan yang detail dan terperinci terhadap modal yang Anda miliki. Jangan sampai modal yang tersedia tidak cukup untuk membuka cabang baru, atau jangan sampai Anda salah perhitungan, sementara Anda tetap memaksanya. 

Modal untuk membuka cabang baru perusahaan sama besarnya ketika Anda baru memulai bisnis. Di mana, Anda harus mempersiapakan modal untuk tempat, bahan baku produk, produksi produk, kegiatan operasional, sumber daya manusia, dan lainnya. Jadi, perhatikan hitungan modal Anda. Anda bisa memakai jasa konsultan keuangan apabila menghadapi kesulitan. Mereka biasanya memiliki keahlian untuk melakukan proyeksi kesiapan modal atau keuangan Anda, dalam upaya membuka cabang baru.

2. Perhatikan Lokasi Strategis

Faktor kedua yang perlu Anda perhatikan dalam membuka cabang baru perusahaan adalah lokasi. Usahakan cari lokasi yang strategis dalam melakukan ekspansi. Lokasi strategis dapat membantu berkembangnya perusahaan di masa depan. Usahakan pilih lokasi yang dekat dengan target pasar yang Anda bidik dan perhatikan prospek lokasi tersebut di masa depan.

3. Buatlah Standarisasi Produk

Ketika akan membuka cabang baru, yang harus Anda lakukan adalah membuat standarisasi produk. Hal ini harus dilakukan untuk menghindari perbedaan kualitas antara produksi produk di pusat dengan cabang. Proses standarisasi ini meliputi standar bahan baku, proses produksi, hingga standar packaging. Jika Anda sudah mampu untuk membuat dan melaksanakan standarisasi produk dengan baik, berarti Anda sudah siap melakukan ekspansi bisnis dengan membuka cabang baru.

4. Siapkan SDM Yang Unggul

Kesiapan SDM adalah salah satu faktor penting dalam membuka cabang baru untuk bisnis. Karena menambah 1 cabang baru, berarti Anda juga harus siap menambah tenaga kerja dan harus mulai melakukan tahap perekrutan dengan benar. Setelah Anda berhasil mendapatkan SDM, jangan lupa untuk melakukan training pada karyawan baru. 

Training ini wajib diberikan untuk melatih skill tenaga kerja baik, dalam product knowledge hingga customer service. Merekrut tenaga kerja baru memerlukan persiapan yang baik agar tenaga kerja yang Anda miliki dapat dengan optimal membantu berjalannya usaha.

5. Siapkan Standar Sistem Operasi Bisnis (SOP)

Sistem dalam bisnis sangat diperlukan sebagai pedoman Anda untuk menjalankan bisnis. Sistem yang baik akan memengaruhi perkembangan binis kearah yang baik pula. Implikasi dari kegiatan di perusahaan pusat bisa diduplikasi secara baik di cabang karena telah mempunyai sistem dan SOP yang baik. Maka siapkanlah sistem bisnis dan SOP yang baik. Sistem bisnis ini meliputi SDM, pemasaran, operasional standar, hingga sistem keuangan. Sistem keuangan yang baik meliputi manajemen keuangan dan administrasi keuangan bisnis.

Manajemen keuangan dan administrasi keuangan merupakan 2 komponen yang perlu dipehatikan ketika Anda ingin membuka cabang baru. Sistem keuangan harus di kelola dengan baik dan benar agar tidak terjadi kesalahan yang menimbulkan akibat yang fatal. Karena melakukan pengelolaan keuangan yang buruk juga bisa berdampak pada kesalahan proyeksi keuangan Anda. Jurnal software akuntansi online bisa menjadi pilihan Anda yang akan menyediakan berbagai macam fitur yang dapat membantu mengelola keuangan bisnis Anda. 

Namun, apabila Anda lebih senang dengan berkonsultasi bersama para ahli keuangan, Anda bisa langsung ke jasa konsultan keuangan. Apabila Anda membutuhkan bantuan konsultasi tentang bisnis dan manajemen keuangan, sekaligus jasa konsultan pajak, Anda bisa menghubungi kami. Kami hadir di sini untuk Anda. Kami juga menyediakan tenaga ahli untuk konsultasi manajemen bisnis.

FR Consultant Indonesia, Solusi Pembuatan Laporan Keuangan dan Laporan Pajak Perusahaan dan Pribadi Hubungi 0813-8228-9991.

0 Response to "5 Tips Sukses Membuka Cabang Bisnis"

Post a comment

Harap Berkomentar sesuai dengan tema artikel, Diluar Tema artikel akan dihapus. Terima Kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel