5 Tips Menarik Investor Untuk Bisnis Anda - Cara Membuat Laporan Keuangan dan Laporan Pajak

5 Tips Menarik Investor Untuk Bisnis Anda

5 Tips Menarik Investor Untuk Bisnis Anda
5 Tips Menarik Investor Untuk Bisnis Anda


5 Tips Menarik Investor Untuk Bisnis Anda

Membangun sebuah bisnis membutuhkan usaha yang tidak bisa setengah-setengah. Di zaman modern seperti sekarang, ketika persaingan semakin ketat, keseriusan Anda dalam membangun bisnis justru akan semakin diuji. Peran investor sangat bernilai bagi sebuah bisnis, apalagi seandainya Anda baru merintis. Itulah mengapa Anda perlu memahami cara menarik investor untuk bisnis Anda. Supaya ke depan, ketika Anda membutuhkan modal tambahan untuk melakukan ekspansi bisnis yang melesat, Anda sudah memiliki pegangan.

Anda juga perlu memahami, bahwa Investor cenderung bersikap hati-hati dalam menanamkan modal terhadap suatu perusahaan yang baru dirintis. Terdapat beberapa pertimbangan yang biasakan dimiliki investor, sebelum kemudian mereka berani menanamkan modal di perusahaan Anda. 

Berikut 5 tips yang bisa Anda terapkan untuk menarik investor untuk bisnis Anda:

1. Perhatikan Legalitas Bisnis Anda

Paling pertama, sebagai bisnis baru, Anda harus memperhatikan aspek legalitas bisnis Anda. Terutama yang terkait dengan aspek pendirian badan usaha berbadan hukum. Anda bisa membentuk badan usaha yang berupa CV atau PT, tetapi yang biasa dipercaya oleh kebanyakan investor, adalah bisnis yang telah memiliki badan usaha berbadan hukum berbentuk PT. 

Kenapa harus berbadan PT? Berikut 8 keuntungan mendirikan PT untuk bisnis Anda:
  1. Pemisahan harta pribadi dengan harta kekayaan perusahaan.
  2. Mudah mengalihkan saham perusahaan.
  3. Tidak ada jangka waktu pendiriannya.
  4. Memperoleh dana pengembangan dalam jumlah besar dari penjualan saham perusahaan.
  5. Pendiriannya oleh Kementrian Hukum dan HAM.
  6. Lebih bebas untuk beraktivitas, karena jenis atau bidang usaha dan wilayah operasionalnya lebih beragam dan luas.
  7. Pemakaian nama PT dilindungi UU sebab tidak boleh menggunakan nama perusahaan yang telah ada, dan
  8. Lebih bonafide serta profesional.
Sebelum mengajukan pendanaan kepada calon investor, sebaiknya aspek legalitas harus dipersiapkan. Para Investor tentunya tidak main-main untuk menyuntikan dananya pada bisnis yang baru saja dirintis. Karena pasti para investor juga menilai dari sisi legalitas badan usahanya. Legalitas perusahaan juga mencerminkan keseriusan dan kesungguhan Anda dalam mengelola bisnis. Dengan demikian, investor akan lebih percaya untuk mendanai perusahaan yang Anda rintis. Anda bisa menggunakan jasa konsultan bisnis apabila menemukan kendala terkait pendirian PT perusahaan Anda.

2. Berikan Konsep Bisnis Secara Matang

Ketika berhadapan dengan calon investor sebaiknya berilah pemahaman tentang konsep perusahaan Anda dengan baik. Pemberian pemahaman konsep adalah memberikan gambaran-gambaran secara rinci apa yang akan Anda lakukan di perusahaan Anda. Ini merupakan momen penting yang harus Anda perhatikan betul-betul.

Investor akan lebih tertarik jika Anda memberikan konsep perusahaan dengan jelas dan baik agar apa yang Anda sampaikan dapat tersalurkan dengan baik. Jelaskan secara detail setiap bagian dari bisnis Anda. Dengan demikian investor akan mempertimbangkan tentang kesiapan menghadapi setiap kendala dan optimisme Anda terhadap peluang bisnis yang Anda rintis. Sehingga mereka bisa memutuskan perusahaan ini dapat diajak kerja sama atau tidak. Intinya penyamaian konsep yang detail, jelas, dan baik menjadi salah satu strategi dalam menarik minat investor untuk mendanai strartup Anda.

3. Pahami Calon Investor Yang Anda Dekati

Anda pun perlu memahami calon investor. Calon investor seperti apa yang sesuai dengan usaha Anda? Misalnya latar belakang investor, ketertarikan bidang usaha yang biasanya calon investor danai, dan lain sebagainya. Dengan memahami latar belakang investor terlebih dahulu, pemilihan investor yang keliru tidak akan terjadi. Strategi ini akan memudahkan Anda untuk menarik investor untuk bekerja sama dengan bisnis yang sedang Anda rintis.

4. Jelaskan Visi dan Misi Bisnis Yang Anda Tawarkan

Sudah bisa dipastikan investor akan menanyakan visi dan misi bisnis yang Anda rintis. Penjelasan visi dan misi secara rinci dan jelas perlu dilakukan. Karena investor cenderung menganggap visi adalah pandangan dan tujuan akhir usaha yang Anda rintis untuk ke depannya. Sementara misi adalah upaya-upaya strategis untuk mewujudkan visi yang ingin Anda wujudkan. Maka persiapkan penjelasan visi misi perusahaan Anda dengan baik dan rinci, agar calon investor tertarik untuk bekerja sama dengan perusahaan Anda.

5. Perhatikan Laporan Keuangan

Biasanya para investor akan merasa ragu bekerja sama dengan perusahaan jika melihat laporan keuangan yang masih minim dan belum stabil. Untuk itu, pastikan terlebih dahulu kondisi kesehatan keuangan perusahaan Anda. Artinya tidak minim dan tidak akan mengalami kemunduran untuk ke depannya. Anda juga perlu mengerti. Jangan menganggap investor berperan untuk menjalankan roda bisnis Anda, karena dapat dipastikan investor akan ragu untuk bekerja sama dengan perusahaan Anda. Catatlah laporan keuangan perusahaan Anda dalam laporan keuangan yang rapi dan baik, maka investor akan tertarik untuk menanamkan modal pada bisnis perusahaan Anda. Gunakanlah jasa konsultan keuangan atau software akuntansi, dalam memenuhi kebutuhan ini. Jasa konsultan keuangan akan bisa berkomitmen untuk mendukung kebutuhan akuntansi dan pengelolaan keuangan perusahaan. 

Sementara, untuk software akuntansi, adalah Jurnal yang dapat membantu Anda menyediakan laporan keuangan secara realtime. Dengan Jurnal, Anda hanya perlu mencatat seluruh transaksi bisnis ke dalam sistem, dan Jurnal akan secara langsung mengolahnya menjadi laporan keuangan akurat. Jurnal juga dilengkapi berbagai fitur yang membantu Anda mengelola bisnis. Anda bisa menggunakan jenis software akuntansi seperti Jurnal ini kalau ingin sistem akuntansi yang efisien.

Demikian 5 Tips Menarik Investor Untuk Bisnis Anda. Apabila Anda membutuhkan bantuan konsultasi tentang bisnis dan manajemen keuangan, sekaligus jasa konsultan pajak, Anda bisa menghubungi kami. Kami hadir di sini untuk Anda. Kami juga menyediakan tenaga ahli untuk konsultasi manajemen bisnis.

FR Consultant Indonesia, Solusi Pembuatan Laporan Keuangan dan Laporan Pajak Perusahaan dan Pribadi Hubungi 0813-8228-9991.

0 Response to "5 Tips Menarik Investor Untuk Bisnis Anda"

Post a comment

Harap Berkomentar sesuai dengan tema artikel, Diluar Tema artikel akan dihapus. Terima Kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel