5 Alasan Mengapa Pembukuan Wajib Dilakukan Dalam Berbisnis - Cara Membuat Laporan Keuangan dan Laporan Pajak

5 Alasan Mengapa Pembukuan Wajib Dilakukan Dalam Berbisnis

 

5 Alasan Mengapa Pembukuan Wajib Dilakukan Dalam Berbisnis
5 Alasan Mengapa Pembukuan Wajib Dilakukan Dalam Berbisnis

5 Alasan Mengapa Pembukuan Wajib Dilakukan Dalam Berbisnis

Setiap dari kita yang ingin menjadi pebisnis, biasanya kita selalu memfokuskan pikiran pada produk yang ingin kita jual. Selanjutnya yang dipikirkan, biasanya adalah pemasaran atau pun marketing. Kita akan sibuk memikirkan bagaimana cara membuat program promosi yang bagus. Kemudian kita lupa terkait pelaksaan pembukuan untuk bisnis yang kita jalani. Dampaknya tentu akan amat berpengaruh pada jalannya perusahaan kita ke depan.

Sebagian dari pebisnis pemula yang tidak ingin repot mempelajari tentang akuntansi dan pembukuan tentu bisa langsung menggunakan jasa konsultan keuangan, tapi sekali pun begitu, Anda tetap harus mengetahui paling tidak alasan terkait mengapa pembukuan wajib dilakukan dalam berbisnis. Karena pengetahuan ini akan mengubah cara berpikir Anda dalam menentukan strategi menjalankan perusahaan. 

Anda tidak akan lagi menganggap remeh tugas divisi keuangan ketika Anda memahami pentingnya pembukuan. Nah, berikut ini adalah 5 alasan mengapa pembukuan wajib dilakukan dalam berbisnis:

1. Mengetahui Kondisi Perusahaan

Dengan adanya pembukuan yang baik. Anda dapat mengetahui kondisi keuangan perusahaan, apakah dalam kondisi untung atau rugi? Apabila untung, Anda tahu apa yang harus Anda lakukan selanjutnya. Apabila rugi, Anda pun tahu langkah darurat apa yang perlu dilakukan. Dengan membuat pencatatan yang teratur, maka kita dapat membandingkan kondisi keuangan dari tahun sebelumnya dengan saat ini. Dengan demikian dapat diketahui apakah laba usaha mengalami kenaikan atau sebaliknya.

Apabila Anda memiliki catatan pembukuan yang baik, investor pun akan mudah menunjukkan minatnya terhadap bisnis atau pun perusahaan yang sedang Anda rintis atau jalani.

2. Sebagai Alat Pengendali

Pembukuan dapat digunakan sebagai alat pengendali keuangan usaha. Kenapa? Karena melalui pembukuan dapat diketahui bermacam biaya operasional yang tidak diperlukan, sehingga Anda dapat melakukan pemangkasan. 

Alasan mengapa pembukuan wajib dilakukan dalam berbisnis, adalah karena pembukuan juga bisa menjadi alat pengendali dalam melakukan langkah-langkah krusial dalam bisnis Anda, seperti promosi dan upaya operasional lain yang belum dirasakan penting bagi perusahaan.

3. Tolak Ukur Dalam Mengambil Keputusan

Digunakan sebagai alat pengambil keputusan. Dengan melihat perkembangan keuangan dari waktu ke waktu, kita dapat meninjau apakah perlu untuk berinvestasi alat produksi, fokus pada marketing, atau membuat keputusan stratejik lainnya berdasarkan kondisi keuangan saat ini.

4. Membangun Kredibilitas Dalam Pembayaran Pajak

Memenuhi kewajiban sebagai warga negara yang baik, yaitu dengan melaporkan hasil pajak usaha. Perhitungan pajak didasarkan pada laporang keuangan usaha yang didapatkan dari neraca dan laporan laba rugi. Anda bisa menggunakan jasa konsultan pajak apabila tak ingin repot mengurus tentang perpajakan.

5. Sebagai Bentuk Profesionalisme Berbisnis

Alasan terakhir mengapa pembukuan wajib dilakukan dalam berbisnis, adalah karena pembukuan yang menghasilkan laporan keuangaan dapat digunakan sebagai dasar untuk menentukan kelayakan usaha untuk mendapatkan bantuan atau tambahan modal dari pihak lain seperti perbankan. Hal ini dikarenakan laporan keuangan menunjukkan sehat/tidaknya kondisi perusahaan.

Pentingnya pembukuan dalam bisnis ini juga harus didukung dengan pengetahuan Anda sebagai si pengusaha. Namun, karena tidak semua orang bisa membuat laporan keuangan yang baik, maka hal tersebut menjadi kendala tersendiri. Terlebih jika pembukuan tersebut masih dilakukan secara manual, berkutat dengan tumpukan kertas, kalkulator, membuat dan mengisi kolom-kolom transaksi, serta harus teliti dalam mencatat data keuangan yang penting.

Tentu saja ini akan menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Belum lagi adanya resiko human error dalam melakukan kalkulasi. Padahal pembukuan merupakan komponen yang perlu dipehatikan ketika Anda menjalankan perusahaan. Sistem keuangan dan pembukuan harus di kelola dengan baik dan benar agar tidak terjadi kesalahan yang menimbulkan akibat yang fatal. Karena melakukan pengelolaan keuangan yang buruk juga bisa berdampak pada kesalahan proyeksi keuangan Anda.

Zahir Software Akuntansi
Zahir Software Akuntansi



Zahir software akuntansi online bisa menjadi pilihan Anda yang akan menyediakan berbagai macam fitur yang dapat membantu mengelola keuangan bisnis Anda. Namun, apabila ternyata Anda lebih senang dengan berkonsultasi bersama para ahli keuangan, Anda bisa langsung ke jasa konsultan keuangan. Apabila Anda membutuhkan bantuan konsultasi tentang bisnis dan manajemen keuangan, sekaligus jasa konsultan pajak, Anda bisa menghubungi kami. Kami hadir di sini untuk Anda. Kami juga menyediakan tenaga ahli untuk konsultasi manajemen bisnis.


FR Consultant Indonesia, Solusi Pembuatan Laporan Keuangan dan Laporan Pajak Perusahaan dan Pribadi Hubungi 0813-8228-9991.

0 Response to "5 Alasan Mengapa Pembukuan Wajib Dilakukan Dalam Berbisnis"

Post a comment

Harap Berkomentar sesuai dengan tema artikel, Diluar Tema artikel akan dihapus. Terima Kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel