4 Manfaat dari Sistem Informasi Akuntansi - Cara Membuat Laporan Keuangan dan Laporan Pajak

4 Manfaat dari Sistem Informasi Akuntansi

 

4 Manfaat dari Sistem Informasi Akuntansi
4 Manfaat dari Sistem Informasi Akuntansi

4 Manfaat dari Sistem Informasi Akuntansi

Di zaman modern seperti sekarang, sistem informasi telah menjadi elemen vital dalam pergerakan bisnis. Pada satu kesempatan, Anda perlu melakukan meningkatan pada perusahaan yang bersifat tradisional, dengan beralih ke perusahaan yang diperkuat dengan sistem informasi. Sistem informasi akuntansi, atau yang biasa dikenal sebagai SIA, adalah sebuah sistem informasi berbasis akuntansi yang dapat digunakan untuk manajemen keuangan perusahaan.

Sistem informasi akuntansi akan menjadi sistem yang berbasis komputerisasi untuk mengolah data keuangan yang berhubungan dengan data transaksi dalam suatu siklus akuntansi dan menyajikannya dalam bentuk laporan keuangan kepada manajemen perusahaan

Dimana sistem sendiri merupakan seperangkat elemen yang saling bersama-sama untuk mencapai tujuan tertentu yang mana sistem memiliki keterkaitan, integrasi dan tujuan yang sama serta memiliki beberapa sub sistem di dalamnya. Dengan definisi tersebut tak heran jika perusahaan yang menjalankan suatu bisnis pasti membutuhkan sistem informasi akuntansi untuk menunjang kinerja bisnisnya. 

Peran Sistem Informasi Akuntansi

Anda yang belum familiar pasti akan bertanya-tanya. Apa sih peran Sistem Informasi Akuntansi? Peran SIA adalah untuk mencapai kesesuaian yang baik antar aktivitas di perusahaan dibutuhkan pengumpulan data dari setiap aktivitas yang terjadi. Sistem Informasi Akuntansi harus mengumpulkan dan mengintegrasikan baik data keuangan, maupun non-keuangan. Menggunakan SIA dapat membantu organisasi memilih dan mempertahan strateginya. 

Sistem Informasi Akuntansi (SIA) adalah organisasi formulir, catatan, dan laporan yang dikoordinasi sedemikian rupa untuk menyediakan informasi keuangan yang dibutuhkan oleh manajemen guna memudahkan pengelolaan perusahaan (Mulyadi,2001).

Manfaat Sistem Informasi Akuntansi

Sekarang Anda telah paham peran dari SIA. Maka berdasarkan uraian di atas, diketahui bahwa SIA dapat menambah nilai bagi organisasi dengan cara memberikan informasi yang akurat dan tepat waktu. Itu sebabnya, perusahaan harus merancang SIA dengan baik. Sehingga akan memperoleh manfaat yang dapat digunakan untuk membantu menentukan strategi bisnis, seperti:

a. Memperbaiki kualitas dan mengurangi biaya untuk menghasilkan produk atau jasa

Sebagai contoh SIA dapat mengawasi mesin secara otomatis. Operator akan diberitahu jika proses yang berjalan melebihi dan kurang dari batas kualitas yang ditentukan. Hal ini dapat membantu perusahaan mempertahankan kualitas produk. Selain itu juga mengurangi jumlah bahan yang terbuang dan biaya untuk pengerjaan ulang.

b. Memperbaiki efisiensi

SIA yang dirancang dengan baik dapat membantu Anda memperbaiki efisiensi suatu proses karena dapat memberikan informasi yang lebih tepat waktu. Sebagai contoh, perusahaan yang menggunakan pendekatan produksi just in time membutuhkan informasi yang konstan, akurat dan up to date mengenai persediaan bahan baku mereka.

c. Memperbaiki pengambilan keputusan

SIA dapat memperbaiki pengambilan keputusan dengan memberikan informasi dengan tepat waktu. Sebagai contoh, perusahaan ritel membuat database lengkap yang berisi informasi lengkap tentang transaksi penjualan setiap harinya. Dengan informasi tersebut, perusahaan dapat menganalisis produk yang banyak dicari, pola barang yang harus dibeli dalam jumlah banyak, dan juga dapat digunakan untuk memperbaiki tata letak barang agar penjualannya meningkat.

d. Berbagi pengetahuan

SIA yang dirancang dengan baik dapat mempermudah proses sharing atau berbagi pengetahuan dan keahlian. Selanjutnya dapat memperbaiki proses operasional perusahaan, dan bahkan dapat menjadi keunggulan kompetitif perusahaan.

Setelah mengetahui pentingnya sistem informasi akuntansi dan manfaat yang dapat diperolehnya, maka sekarang waktunya Anda melakukan hal tersebut. Anda dapat menggunakan software akuntansi online untuk merancang sistem informasi akuntansi untuk usaha yang sedang dijalankan sekarang. Salah satu software akuntansi yang dapat membantu Anda adalah Zahir. Dengan menggunakan Zahir data akuntansi Anda dapat tercatat dengan rapi, tepat, dan up to date. Selain itu, Zahir juga akan memudahkan Anda karena penggunaannya mudah, aman, dan dapat digunakan dimana saja dan kapan saja. 

Zahir software akuntansi online menjadi solusi pengelola pembiayaan yang mudah dan efektif untuk mendukung program pengelolaan elemen pendukung loyalitas pelanggan. Daftarkan bisnis Anda melalui Zahir dan dapatkan sebuah analisis, konsultasi, dan rencana pembiayaan yang sesuai agar bisnis Anda tetap berjalan lancar dengan dukungan pelanggan. Dapatkan semua informasi penting tentang Zahir bersama FR Consultant Indonesia.

Namun, apabila ternyata Anda lebih senang dengan berkonsultasi bersama para ahli keuangan, Anda bisa langsung ke jasa konsultan keuangan untuk pengelola keuangan bisnis online Anda. Apabila Anda membutuhkan bantuan konsultasi tentang bisnis dan manajemen keuangan, sekaligus jasa konsultan pajak, Anda pun bisa menghubungi kami. Kami hadir di sini untuk Anda. Kami juga menyediakan tenaga ahli untuk konsultasi manajemen bisnis.

FR Consultant Indonesia, Solusi Pembuatan Laporan Keuangan dan Laporan Pajak Perusahaan dan Pribadi Hubungi 0813-8228-9991.

0 Response to "4 Manfaat dari Sistem Informasi Akuntansi"

Post a comment

Harap Berkomentar sesuai dengan tema artikel, Diluar Tema artikel akan dihapus. Terima Kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel