7 Tips Membuat Pelanggan Loyal - Cara Membuat Laporan Keuangan dan Laporan Pajak

7 Tips Membuat Pelanggan Loyal

7 Tips Membuat Pelanggan Loyal
7 Tips Membuat Pelanggan Loyal

7 Tips Membuat Pelanggan Loyal

Aset terbesar dalam sebuah bisnis adalah pelanggan. Sebagai pebisnis, Anda pasti sudah memahami itu. Karena ketika pelanggan kita bersikap loyal dalam berbisnis dengan kita, sebagai pengusaha, itu tandanya kita telah berhasil. Tapi, untuk mencapai tingkat loyalitas pelanggan bukanlah hal mudah untuk dicapai. Sering kali, bisnis yang berjalan pun telah memiliki sistem yang baik, mulai dari sistem produksi, manajemen, bahkan sampai di tahap urusan manajemen keuangan dan akuntansi.

Tak lupa juga, sistem after sales, atau setelah penjualan. Dan, manajemen pelayanan pelanggan, yang juga tak kalah penting. Tentu semua itu harus diperhitungkan secara matang dan dievaluasi secara berkala dengan upaya maksimal. Upaya ini akan membutuhkan kerja keras dan konsistensi yang lumayan berat, tapi, sebagai pebisnis yang ingin bisnis berjalan baik, Anda pun tak punya pilihan selain melakukannya. Anda bisa konsultasi bisnis kepada FR Consultant Indonesia, apabila memerlukan bantuan untuk menangani masalah ini.

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk menjaga loyalitas pelanggan Anda.

1. Berikanlah Pelayanan Yang Terbaik

Kualitas pelayanan yang baik adalah cara pertama yang harus Anda lakukan untuk membuat pelanggan loyal terhadap bisnis Anda. Untuk memberikan pelayanan yang baik terhadap pelanggan, cobalah mulai untuk mendengarkan pelanggan dan memberikan solusi di setiap permasalahan pelanggan dengan cepat dan tepat. Anda juga bisa memberikan sarana yang memudahkan pelanggan untuk menjangkau bisnis Anda, misalnya memberikan layanan 24 jam.

2. Hadapi Secara Transparan

Setiap bisnis pasti adakalanya mengalami kesulitan atau masalah, seperti kehabisan stok, jaringan Internet eror, dan sebagainya. Jika Anda mengalami masalah dalam bisnis, cobalah sampaikan dan hadapai masalah ini kepada pelanggan. Jangan sampai mereka menunggu dan menerka-nerka masalah yang terjadi. Anda juga bisa memberikan update mengenai masalah tersebut melalui social media, email, SMS, dan media lainnya yang Anda miliki. Dengan bersikap jujur dan bisa menghadapi masalah dengan transaparan, pelanggan akan lebih mudah percaya kepada bisnis Anda, sehingga mereka akan menjadi pelanggan yang loyal.

3. Jangan Mengabaikan Pelanggan

Banyak pengusaha yang sering melakukan kesalahan ini. Di mana, mereka ingin menargetkan pelanggan baru untuk bisnisnya, dan pelanggan lama akhirnya terabaikan. Padahal, mendapatkan pelanggan baru lebih mudah dibandingkan Anda harus menjaga pelanggan lama yang sudah loyal terhadap bisnis. Untuk menghindari ini, cobalah berikan layanan yang sama antara pelanggan baru dan pelanggan lama.

4. Mengakui Kesalahan Yang Terjadi

Setiap orang pasti pernah mengalami kesalahan. Jika ini terjadi dalam bisnis, cobalah untuk mengakui kesalahan dan meminta maaf kepada pelanggan atas kesalahan yang telah dilakukan. Saat ini penyebaran informasi bisa sangat mudah, dan jika Anda melakukan kesalahan pada 1 pelanggan, tidak menutup kemungkinan untuk diketahui pelanggan lain. Untuk menghindari kehilangan pelanggan, cobalah dengarkan keluh kesah mereka dan cobalah bertanggungjawab dengan meminta maaf. Anda juga bisa berikan solusi agar kesalahan tersebut bisa dimaafkan. Mengaku salah akan menjadi pilihan yang lebih baik untuk menjadikan pelanggan loyal.

5. Selalu Tepati Janji Anda

Memiliki reputasi yang baik di mata pelanggan adalah harapan semua pengusaha. Untuk itu, cobalah untuk konsisten dan selalu menepati janji kepada pelanggan, seperti mengirim barang dalam waktu 24 jam. Dengan selalu menepati janji, pelanggan akan lebih percaya terhadap bisnis Anda dan secara tidak langsung akan membangun nilai kepada calon pelanggan baru. Jika suatu saat Anda membutuhkan waktu yang lama dalam pengiriman barang karena suatu hal, Anda juga harus menyampaikan kepada pelanggan. Misalnya saat momen idul fitri dan pesanan produk menjadi ramai. Hal ini tentu dapat menyebabkan pengiriman menjadi lebih lama dari biasanya.

6. Tawarkan Kejutan

Tidak ada satu orang pun yang tidak menyukai kejutan. Untuk menjadikan pelanggan menjadi loyal terhadap bisnis, cobalah untuk memberikan kejutan di momen-momen spesial, misalnya saat mereka ulang tahun. Anda bisa memberikan mereka bingkisan ulang tahun yang dikirim langsung ke alamat yang tertera. Jika, tidak memiliki modal cukup, Anda bisa memberikan mereka ucapan langsung melalui social media, SMS, email, ataupun telepon. Dengan begitu, pelanggan akan merasa senang dan diperhatikan, sehingga bisa membuat mereka menjadi loyal terhadap bisnis Anda.

7. Bikinlah Program Loyalitas Pelanggan

Hal terakhir yang harus Anda lakukan adalah membuat program loyalty reward untuk pelanggan yang loyal. Dengan program ini, Anda bisa menjaga hubungan baik terhadap pelanggan. Anda bisa memberikan reward melalui berbagai hal mulai dari pengumpulan poin, memberikan kartu VIP untuk pelayanan terbatas, dan sebagainya. Dengan program ini, pelanggan akan terus-menerus kembali membeli produk Anda dan terus-menerus menjadi pelanggan Anda yang loyal.

Demikian 7 Tips Membuat Pelanggan Loyal. Apabila Anda membutuhkan bantuan konsultasi tentang bisnis dan manajemen keuangan, sekaligus jasa konsultan pajak, Anda bisa menghubungi kami. Kami hadir di sini untuk Anda. Kami juga menyediakan tenaga ahli untuk konsultasi manajemen bisnis.


FR Consultant Indonesia, Solusi Pembuatan Laporan Keuangan dan Laporan Pajak Perusahaan dan Pribadi Hubungi 0813-8228-9991.

0 Response to "7 Tips Membuat Pelanggan Loyal"

Post a comment

Harap Berkomentar sesuai dengan tema artikel, Diluar Tema artikel akan dihapus. Terima Kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel