6 Tips Mengelola Keuangan Bagi Pengusaha Toko Online - Cara Membuat Laporan Keuangan dan Laporan Pajak

6 Tips Mengelola Keuangan Bagi Pengusaha Toko Online


6 Tips Mengelola Keuangan Bagi Pengusaha Toko Online
6 Tips Mengelola Keuangan Bagi Pengusaha Toko Online

6 Tips Mengelola Keuangan Bagi Pengusaha Toko Online

Di zaman yang serba canggih seperti sekarang, dan serba terkoneksi, serta dalam keadaan darurat di saat terjadinya peristiwa Covid-19, banyak orang yang mengalami kegagalan dalam pekerjaan kantoran. Tak sedikit pegawai yang mengalami PHK atau pun mengalami penurunan gaji. Banyak pula yang tak memiliki pekerjaan tambahan.

Itulah mengapa banyak orang yang berlomba-lomba menjadi pengusaha toko online. Kebutuhan meningkat, dan orang-orang membutuhkan penghasilan lebih untuk menjalankan keseharian. Sejak adanya toko online, hampir bisa semua orang merangkap profesi sebagai pedagang, atau berjualan terkait produk-produk yang dibutuhkan dan banyak dicari oleh masyarakat luas.

Itulah sebabnya, tak sedikit orang yang memilih untuk berjualan online. Karena selain mudah, bisa dilakukan secara mandiri, kita pun tak selalu perlu modal besar untuk memulai. Tetapi, sekali pun demikian secara teori, tak sedikit pula orang yang gagal dalam menjalankan bisnis toko online. Hingga akhirnya mereka tak sanggup, dan memilih untuk mengundurkan diri dari bisnis tersebut. Penyebabnya pun bisa bermacam-macam, Tetapi, salah satu yang juga sering terjadi, adalah terkait masalah keuangan dan ketidakmampuan si pengusaha untuk mengelola keuangan bisnis toko online mereka.

Berikut 6 tips yang bisa Anda coba untuk lakukan, dalam mengelola keuangan bisnis online:

1. Membuat Rekening Khusus Toko Online
Media pembayaran yang sering dilakukan dalam transaksi toko online adalah melalui rekening bank. Untuk itu, buatlah rekening khusus sebagai media transaksi keuangan. Dengan memiliki rekening sendiri, maka cash flow (arus kas alias uang masuk dan uang keluar) dalam satu hari, satu pekan, dan satu bulan bisa terkontrol. Usahakan memiliki rekening dengan memilih bank-bank lokal yang paling banyak digunakan oleh konsumen dan supplier.

2. Hindari Penggunaan Rekening Bisnis untuk Pengeluaran Pribadi
Ketika kita membuka toko online, sangat penting untuk memiliki sikap bijaksana dan disiplin termasuk dalam hal keuangan yang menyangkut keperluan pribadi karena pengeluaran pribadi adalah beban di luar biaya usaha. Biasakan untuk tidak menggunakan rekening bisnis untuk keperluan pribadi. Buatlah pembagian yang jelas dan usahakan tidak mencampuradukkan antara keperluan bisnis dan pribadi.

3. Ketahui Biaya Tetap dan Biaya Variabel
Biaya tetap yaitu biaya-biaya yang sudah pasti dan selalu akan dikeluarkan oleh pemilik toko online perbulannya. Misalnya, biaya sewa hosting dan domain, gaji pegawai, biaya listrik, biaya Internet, dan lainnya. Dengan mencatat biaya tetap, memudahkan pemilik toko untuk memperkirakan pengeluaran perbulannya.

Sedangkan yang termasuk biaya variabel yaitu biaya-biaya yang harus dibayarkan untuk mendapatkan produk yang akan kita pasarkan. Semisal kita menjadi reseller atau agen maka yang dikatakan biaya variabel adalah biaya yang kita bayarkan untuk mengambil stok barang. Namun jika kita memproduksi sendiri, maka biaya variabelnya adalah semua biaya yang dikeluarkan untuk melakukan proses produksi.

4. Miliki Laporan Keuangan
Laporan keuangan mutlak dimiliki oleh semua usaha tidak terkecuali usaha yang bergerak dibidang online. Dengan memiliki laporan keuangan, sebuah usaha akan mengetahui kronologis yang terjadi selama menjalankan bisnis. Peningkatan penjualan, maupun penurunannya, ketersediaan jumlah barang maupun keuntungan yang didapat, semua bisa terlihat dari adanya laporan keuangan yang jelas dan akurat.

5. Investasikan Keuntungan
Investasi adalah hal penting dalam pengelolaan yang harus dilakukan oleh setiap pebisnis jika ingin memiliki usaha yang terus berkembang. Dengan berinvestasi dan melakukan pengelolaan terhadap aset usaha, berarti Anda sudah melangkah lebih maju untuk lebih mengembangkan bisnis ke depan.

6. Terapkan Sistem Akuntansi Yang Baik
Jika semua tahapan pengelolaan keuangan bagi pengusaha toko online di atas sudah Anda pahami namun masih merasa sulit diaplikasikan. Maka langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan agar memiliki pengelolaan keuangan termasuk pengelolaan aset yang mudah dan efisen adalah dengan mengunakan jasa akuntan seperti FR Consultant Indonesia. Kami di FR Consultant Indonesia akan dapat menyediakan tenaga bantuan untuk Anda dalam menyelesaikan setiap permasalahan dalam ranah akuntansi dan perpajakan.

Demikian 6 Tips Mengelola Keuangan Bagi Pengusaha Toko Online. Apabila Anda membutuhkan bantuan konsultasi tentang bisnis dan keuangan, Anda bisa menghubungi kami. Kami hadir di sini untuk Anda. Kami juga menyediakan tenaga ahli untuk melakukan manajemen keuangan, akunting dan perpajakan. Anda bisa menghubungi kami di FR Consultant Indonesia.

FR Consultant Indonesia, Solusi Pembuatan Laporan Keuangan dan Laporan Pajak Perusahaan dan Pribadi Hubungi 0813-8228-9991.

0 Response to "6 Tips Mengelola Keuangan Bagi Pengusaha Toko Online"

Post a comment

Harap Berkomentar sesuai dengan tema artikel, Diluar Tema artikel akan dihapus. Terima Kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel