7 Langkah Tepat Memulai Bisnis - Cara Membuat Laporan Keuangan dan Laporan Pajak

7 Langkah Tepat Memulai Bisnis

7 Langkah Tepat Memulai Bisnis
7 Langkah Tepat Memulai Bisnis

7 Langkah Tepat Memulai Bisnis


Memulai bisnis merupakan upaya susah-susah gampang. Apalagi dalam situasi di tengah pandemi seperti sekarang. Tapi, memulai bisnis juga bisa menjadi jalan tersendiri untuk mencari rezeki yang berpeluang melebihi rezeki dari bekerja di kantor. Bagi seorang pemula, tentu dibutuhkan keberanian dan kesanggupan mental yang kuat, dalam upaya memulai sebuah bisnis.

Bayang-bayang resiko dan kegagalan sering kali mampir di benak, apalagi ketika percobaan pertama kita tidak berhasil, atau mengalami kegagalan. Kegagalan pertama, biasanya menjadi kegagalan yang menakutkan. Tapi, bagi siapa pun yang ingin berbisnis, kegagalan pastilah tak mungkin bisa dihindari. Pebisnis mana pun yang pernah berhasil, pasti telah mengalami begitu banyak kegagalan, dan mereka terus berupaya pantang menyerah, hingga akhirnya mereka berhasil.

Itulah mengapa, penting untuk memahami proses dalam berbisnis. Karena tak ada jalan pintas menuju kesuksesan. Luangkan waktu dan pikiran Anda untuk menciptakan bisnis yang sesuai dengan keinginan dan mendatangkan kesuksesan bagi Anda. 

Berikut 7 langkah di antaranya:

Langkah 1: Lakukan Penelitian Mendalam

Jika Anda telah memiliki ide bisnis, sekarang saatnya menyeimbangkan dengan sedikit kenyataan. Apakah ide tersebut berpotensi untuk sukses? Agar bisnis dapat berhasil, Anda harus mampu memecahkan masalah, memenuhi kebutuhan, atau menawarkan sesuatu yang diinginkan pasar. Ada beberapa cara untuk mengidentifikasi kebutuhan seperti melakukan penelitian hingga melakukan trial and error.

Melalui penelitian yang dilakukan, Anda dapat menentukan banyak hal yang terbaik untuk bisnis. Pastikan Anda betul-betul melakukan penelitian atau pun penyidikan yang mendalam serta rinci untuk ide bisnis Anda.

Langkah 2: Buatlah Rencana Yang Terperinci

Anda membutuhkan sebuah rencana untuk membuat ide bisnis menjadi kenyataan. Rencana bisnis adalah rancangan yang akan mengarahkan bisnis Anda dari tahap awal pendirian hingga pertumbuhan bisnis, dan ini merupakan keharusan bagi seluruh bisnis baru.

Ada berbagai jenis rencana bisnis untuk berbagai bisnis. Jenis rencana bisnis biasanya dibuat secara terperinci, sehingga memudahkan Bank atau investor untuk memvalidasi rencana bisnis Anda ketika ingin mengajukan modal ke Bank atau investor.

Langkah 3: Rencanakan Keuangan Dengan Teliti

Memulai bisnis kecil tidak harus membutuhkan banyak uang, namun akan melibatkan beberapa investasi serta kemampuan awal untuk menutupi biaya sebelum menghasilkan keuntungan. Anda perlu merencanakan keuangan dengan menyusun spreadsheet yang memperkirakan biaya awal bisnis seperti lisensi, izin, peralatan, biaya legal, asuransi, branding, riset pasar, inventaris, merek dagang, pembukuan, dan lain sebagainya. Anda bisa menggunakan jasa kami apabila membutuhkan bantuan.

Selain itu, Anda juga perlu menyusun rencana keuangan untuk biaya produksi, sewa, utilitas, persediaan, gaji karyawan, dan lain-lain yang diperlukan dalam menjalankan bisnis paling tidak selama 12 bulan.

Langkah 4: Pilihlah Struktur Bisnis Yang Sesuai

Bisnis Anda bisa menjadi perusahaan perseorangan, kemitraan, perseroan terbatas, atau korporasi. Badan usaha yang Anda pilih akan memengaruhi banyak faktor. Anda dapat memilih struktur bisnis awal dan kemudian mengevaluasi kembali serta mengubah struktur seiring pertumbuhan dan kebutuhan bisnis.

Langkah 5: Pilih dan Daftarkan Nama Bisnis Anda

Nama bisnis berperan dalam hampir semua aspek bisnis. Pastikan Anda memikirkan semua implikasi potensial saat mengeksplorasi pilihan dan memilih nama bisnis. Setelah memilih nama untuk bisnis, Anda perlu memeriksa apakah nama tersebut sudah menjadi merek dagang dari bisnis lain. Selanjutnya, Anda perlu mendaftarkan nama bisnis yang dapat dilakukan dengan berbagai cara sesuai dengan struktur bisnis yang dipilih.

Langkah 6: Dapatkan Lisensi dan Izin Menjalankan Usaha

Dokumen adalah bagian dari proses awal saat ingin memulai bisnis sendiri. Ada berbagai lisensi dan izin bisnis yang mungkin berlaku untuk situasi tertentu, tergantung pada jenis bisnis yang Anda mulai dan tempat bisnis tersebut berada. Anda perlu meneliti lisensi dan izin apa yang berlaku untuk bisnis Anda selama proses awal.

Langkah 7: Terapkan Metode Akuntansi Yang Sesuai

Sebuah bisnis dapat berjalan efektif sesuai dengan sistem dan metode yang diterapkan. Salah satu metode yang sering kali dilupakan, tapi paling penting untuk bisnis adalah metode akuntansi. Metode akuntansi diperlukan untuk membuat dan mengelola anggaran, menetapkan harga, melakukan bisnis dengan pihak lain, dan mengajukan pajak. 

Bagi Anda yang baru merintis sebuah bisnis, tentu penerapan akuntansi bisa dilakukan sendiri. Terdapat banyak informasi yang bisa Anda dapatkan di website ini terkait pembelajaran akuntansi. Tapi, selain dari pada itu, ada pula metode lain yang bisa digunakan untuk implementasi akuntansi dalam bisnis Anda.

Yaitu menggunakan jasa akuntan seperti FR Consultant Indonesia untuk mengurus kebutuhan akuntansi perusahaan baru Anda. Kami di FR Consultant Indonesia akan dapat menyediakan tenaga bantuan untuk Anda dalam menyelesaikan setiap permasalahan dalam ranah akuntansi dan perpajakan.

Demikian 7 Langkah Tepat Memulai Bisnis. Apabila Anda membutuhkan bantuan konsultasi tentang bisnis dan keuangan, Anda bisa menghubungi kami. Kami hadir di sini untuk Anda. Kami juga menyediakan tenaga ahli untuk melakukan manajemen keuangan, akunting dan perpajakan. Anda bisa menghubungi kami di FR Consultant Indonesia.

FR Consultant Indonesia, Solusi Pembuatan Laporan Keuangan dan Laporan Pajak Perusahaan dan Pribadi Hubungi 0813-8228-9991.

0 Response to "7 Langkah Tepat Memulai Bisnis"

Post a comment

Harap Berkomentar sesuai dengan tema artikel, Diluar Tema artikel akan dihapus. Terima Kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel