4 Sikap Penting Dalam Mendukung Anak Menjadi Pebisnis - Cara Membuat Laporan Keuangan dan Laporan Pajak

4 Sikap Penting Dalam Mendukung Anak Menjadi Pebisnis

4 Sikap Penting Dalam Mendukung Anak Menjadi Pebisnis
4 Sikap Penting Dalam Mendukung Anak Menjadi Pebisnis

4 Sikap Penting Dalam Mendukung Anak Menjadi Pebisnis

Sebagai pengusaha atau pun pebisnis, Anda pasti telah mengetahui seperti apa lika-liku berjalan di dunia bisnis. Banyak yang bisa didapat dan lebih menawan ketika Anda berbisnis, dibandingkan Anda menjadi seorang pekerja kantoran. Sekali pun begitu, tentu, menjadi pebisnis pun memiliki resiko yang tak kalah besar, jika dibandingkan pekerja kantoran.

Menjadi pengusaha atau pebisnis, dibutuhkan kecakapan mental dan optimisme, keberanian dalam mengambil resiko, bahkan pemahaman dalam menyikapi kegagalan. Sikap ini tentu akan lebih mudah dicapai atau diajarkan kepada anak sejak masih belia. 

Merriam-Webster bahkan mendefinisikan "kewirausahaan" sebagai "berkaitan dengan penciptaan dan pengembangan usaha ekonomi." Meskipun itu terdengar cukup sederhana, kerja keras yang terlibat dalam prosesnya tentu jauh lebih rumit.

"Tujuan membesarkan anak-anak menjadi wirausaha adalah untuk memberi mereka keterampilan dan keberanian untuk mencapai tujuan mereka, tidak peduli berapa banyak pekerjaan yang diperlukan untuk sampai ke sana." Itulah mengapa, penting bagi kita, bahwa tujuannya adalah bukan untuk memaksa mereka memulai bisnis mereka sendiri, melainkan untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan pengetahuan untuk mengetahui, bahwa jika mereka mau, mereka mampu dan bisa.

Mengambil referensi dari bisnis.com, berikut adalah 4 sikap penting yang harus Anda miliki, apabila ingin membantu anak Anda menjadi pengusaha atau pun pebisnis:

1. Bantu Mereka Mengimplementasikan Sikap Wirausaha.

Dalam sebuah artikel Forbes baru-baru ini, pengusaha dan penulis sukses Jodie Cook bercerita tentang membesarkan anak-anak menjadi wirausaha, dan itu semua berpusat pada menanamkan pola pikir yang benar.

Singkatnya, ini berarti membantu anak-anak Anda percaya diri dan mendorong mereka untuk bermimpi besar.

Orang-orang wirausaha optimis, kreatif, dan didorong secara agresif. Mereka dapat dengan percaya diri mengatasi masalah dan menemukan solusi. Mereka membuat keputusan sendiri, tidak bergantung pada pendapat orang lain, dan mengabaikan orang yang ragu. Mereka ingin mengambil tantangan tanpa takut gagal.

Penting untuk membantu anak-anak Anda percaya pada kemampuan mereka sendiri, dan merasa yakin bahwa tindakan mereka akan berdampak positif bagi dunia.

2. Gunakan Pengalaman Sehari-Hari Sebagai Alat Pengajaran

Cook menekankan pentingnya mengajarkan keterampilan dasar kepada anak-anak dari pengalaman pengusaha setiap hari, seperti bernegosiasi, membuat keputusan, berpikir kreatif, dan kepemimpinan.

Beberapa contoh yang disediakan Cook untuk mengasah keterampilan kewirausahaan mereka mendorong debat yang sehat, membuat mereka menemukan solusi untuk sebuah masalah, bernegosiasi mengenai menu makan malam, atau menempatkan mereka sebagai penanggung jawab atas perencanaan acara atau perjalanan.

Ajarkan Mereka Tentang Uang

Seperti yang disampaikan oleh Lifehack, literasi keuangan bukanlah sesuatu yang dimiliki semua anak, dan sekolah biasanya tidak mengajarkan banyak hal soal pengelolaan uang.

3. Tumbuhkan Kemandirian, Pikiran Terbuka dan Tunjukkan Dukungan

Ajari anak-anak Anda untuk mencari peluang yang memungkinkan mereka memunculkan ide atau solusi baru. Mata mereka harus selalu terbuka terhadap berbagai kemungkinan. Biarkan mereka untuk memecahkan masalah untuk diri mereka sendiri, dan menghasilkan ide dan jawaban untuk masalah mereka sendiri.

4. Mendukung Aspirasi Anak Anda Dapat Membuat Perbedaan Besar

Pada akhirnya, ingatlah bahwa Anda adalah panutan terbesar anak-anak Anda. Apakah Anda menganggap diri Anda berpikiran bisnis atau tidak, Anda memiliki kemampuan untuk memodelkan kemampuan kewirausahaan dan memberikan contoh yang bagus untuk diikuti anak-anak Anda.

Membuka potensi anak-anak Anda dan menciptakan landasan untuk sukses akan membantu mereka percaya bahwa mereka dapat, dan akan, mencapai impian dan tujuan mereka tidak peduli seberapa besar.

Demikian 4 Sikap Penting Dalam Mendukung Anak Menjadi Pebisnis. Apabila Anda membutuhkan bantuan konsultasi tentang bisnis dan keuangan, Anda bisa menghubungi kami. Kami hadir di sini untuk Anda. Kami juga menyediakan tenaga ahli untuk melakukan manajemen keuangan, akunting dan perpajakan. Anda bisa menghubungi kami di FR Consultant Indonesia.

FR Consultant Indonesia, Solusi Pembuatan Laporan Keuangan dan Laporan Pajak Perusahaan dan Pribadi Hubungi 0813-8228-9991.

0 Response to "4 Sikap Penting Dalam Mendukung Anak Menjadi Pebisnis"

Post a comment

Harap Berkomentar sesuai dengan tema artikel, Diluar Tema artikel akan dihapus. Terima Kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel