Tips Efektif Meningkatkan Kinerja Karyawan - Cara Membuat Laporan Keuangan dan Laporan Pajak

Tips Efektif Meningkatkan Kinerja Karyawan

Tips Efektif Meningkatkan Kinerja Karyawan
Tips Efektif Meningkatkan Kinerja Karyawan


Tips Efektif Meningkatkan Kinerja Karyawan


Bagi Anda sebagai seorang pengusaha atau pun pebisnis, pasti sudah bisa langsung gerah dan gelisah ketika mendengar kinerja karyawan yang merosot. Sering kali kita tidak bisa mendapatkan kejelasan mengapa kinerja karyawan kita mengalami penurunan. Hal ini bisa disebabkan dari bermacam hal, mulai dari permasalahan internal dari si karyawan sendiri, atau pun permasalahan eksternal dari sisi lingkungan di perusahaan.

Penurunan seperti ini bisa berdampak pada banyak hal, salah satunya tidak berjalan baiknya kerjasama tim dalam lingkungan kerja, sehingga dapat menurunkan kinerja dan kualitas produksi bisnis yang Anda jalankan.

Bagi seorang pebisnis yang paham, pasti akan tahu bahwa karyawan adalah aset bagi sebuah perusahaan. Aset ini yang harus dijaga, dan dipupuk sehingga berkualitas dan dapat bekerja dengan optimal. Berikut yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan kinerja karyawan:

1. Merancang Lingkungan Kerja yang Kondusif
Lingkungan kerja akan mempengaruhi mood karyawan dalam bekerja. Meskipun terkesan remeh, tapi sebenarnya komponen yang satu ini amatlah penting. Tak sedikit perusahaan yang tidak memperhatikan lingkungan kerja karyawannya, sehingga para karyawan tidak bisa fokus bekerja dengan optimal.

Oleh karena itu, ruangan kerja atau kantor harus dapat mendukung pekerjaan mereka. Desain unik ruangan kerja, fasilitas seperti AC atau kursi dan meja kerja yang nyaman, akan membuat karyawan nyaman dan dapat berkonsentrasi pada pekerjaan dengan baik.

2. Menyediakan Layanan dan Fasilitas bagi Karyawan
Layanan atau servis yang diberikan perusahaan akan mempengaruhi tingkat kenyamanan karyawan. Bentuk layanan atau servis dapat berupa tunjangan ekonomi seperti asuransi. Selain itu, dapat juga berupa fasilitas seperti tempat makan dan perangkat elektronik. Dengan demikian, karyawan akan semangat dalam bekerja.

Salah satu bentuk lain dari komponen ini juga bisa seperti memberikan makan siang gratis, sebagai pengganti apabila tidak adanya kebijakan dari perusahaan untuk memberikan uang makan pada karyawan.

3. Mengasah Kreativitas Karyawan untuk Berinovasi
Karyawan membutuhkan ruang gerak yang luas untuk berinovasi. Bagi para pengusaha, khususnya pemilik UKM, inovasi produk merupakan hal utama yang dilakukan untuk dapat bersaing dalam industri yang dibidangi. 

Opini karyawan sangat berguna bagi peningkatan kualitas produk atau jasa Anda. Membatasi ruang gerak mereka hanya akan membunuh kreativitas mereka. Hal yang dapat dilakukan untuk memperluas kreativitas karyawan diantaranya melalui seminar, buku-buku, dan mengikuti pelatihan.

4. Buat Acara Kebersamaan
Salah satu cara membangun relasi dengan karyawan adalah melalui acara-acara yang diadakan oleh perusahaan. Melalui hal ini, perusahaan dapat menyampaikan visi dan misinya serta mendengarkan opini dan saran dari karyawan. Buatlah acara yang menyenangkan dan memiliki nilai kebersamaan. Acara dapat berupa makan bersama, pergi ke tempat wisata, atau outbound. 

Acara semacam ini tidak memerlukan anggaran yang besar dan dapat diadakan di hari libur atau akhir minggu (weekend). Sebagai hasilnya, hubungan kekeluargaan dan kebersamaan antara perusahaan dan karyawannya akan semakin lekat. Dan tentunya, hal ini yang mampu menjadi motivasi mereka untuk bekerja lebih baik sekaligus bersikap loyal kepada perusahaan.

5. Berlakukan Sistem Reward and Punishment
Reward and punishment dianggap sebagai metode yang paling efektif untuk meningkatkan motivasi kerja sekaligus mendidik karyawan. Reward atau penghargaan diberikan bagi karyawan yang berprestasi, sedangkan punishment atau hukuman diberikan kepada karyawan yang melanggar peraturan. 

Reward dapat berbentuk kenaikan gaji atau pemberian bonus dan komisi, kenaikan jabatan, trofi maupun sertifikat. Punishment, di sisi lain, dapat berbentuk penurunan gaji atau jabatan, penambahan jatah lembur, bahkan dapat berujung kepada pemecatan. Dengan adanya sistem reward and punishment karyawan akan semakin terpacu untuk produktif. Mereka akan berupaya untuk konsisten dalam mempertahankan kinerja.

6. Sediakan Sistem Konsuling.
Sistem konsuling belum terasa familiar bagi banyak perusahaan. Tapi pada kenyataannya, sistem ini cukup efektif. Dengan konsuling kepada seorang ahli, seperti psikolog, karyawan dapat mencurahkan unek-uneknya terkait kesulitan atau pun hambatan dalam bekerja di perusahaan. Hal ini dapat memberikan masukan bagi karyawan, sebagai bentuk motivasi dan jalan keluar, supaya karyawan mampu menilai dan menentukan sendiri bagamana mencari solusi atau pun jalan keluar dari masalah yang dihadapinya.

Apabila karyawan tersebut berhasil mengatasi masalah yang ada pada dirinya, otomatis dia pun akan dapat meningkatkan produktivitasnya dalam lingkup kerja di perusahaan.

Nah, demikianlah yang bisa Tips Efektif Meningkatkan Kinerja Karyawan. FR Consultant Indonesia dapat membantu Anda dan perusahaan untuk menyelesaikan tugas pembukuan dengan cara yang tepat, rinci dan terjamin kerahasiaannya. Jadi Bagi Anda pelaku bisnis, yang memerlukan bantuan bisnis dan keuangan. Kami hadir di sini untuk Anda. Kami juga menyediakan tenaga ahli untuk melakukan manajemen keuangan, akunting dan perpajakan. Anda bisa menghubungi kami di FR Consultant Indonesia.

FR Consultant Indonesia, Solusi Pembuatan Laporan Keuangan dan Laporan Pajak Perusahaan dan Pribadi Hubungi 0813-8228-9991.

0 Response to "Tips Efektif Meningkatkan Kinerja Karyawan"

Post a comment

Harap Berkomentar sesuai dengan tema artikel, Diluar Tema artikel akan dihapus. Terima Kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel