Pentingnya Kompensasi Dalam Sebuah Bisnis - Cara Membuat Laporan Keuangan dan Laporan Pajak

Pentingnya Kompensasi Dalam Sebuah Bisnis

Pentingnya-Kompensasi-Dalam-Sebuah-Bisnis
Pentingnya Kompensasi Dalam Sebuah Bisnis

Pentingnya Kompensasi Dalam Sebuah Bisnis

Setiap pekerja pasti pernah dengar yang namanya kompensasi. Bagi Anda yang belum pernah dengar istilah kompensasi, yuk simak tulisan di berikut ini:

Pengertian Kompensasi
Apa sih kompensasi? Dalam kamus bahasa Indonesia, kompensasi bisa diartikan sebagai ganti rugi, atau bisa juga diartikan sebagai imbalan berupa uang atau bukan uang (natura), yang diberikan kepada karyawan dalam perusahaan atau organisasi. Bisa juga diartikan sebagai tunjangan yang diberikan perusahaan kepada karyawan atau pekerja yang memberikan jasanya kepada suatu perusahaan.

Kompensasi sebenarnya termasuk komponen seperti gaji, upah, bonus, atau lainnya yang diberikan untuk membantu memotivasi karyawan, membangun karir mereka dan memastikan bahwa mereka berkomitmen dalam mencapai tujuan perusahaan.

Kompensasi biasa berbentuk uang, yang diberikan kepada karyawan perusahaan sebagai pembayaran atau ganti rugi untuk hak mereka terhadap perusahaan atau karena kerugian yang ditimbulkan karena aktivitas perusahaan.

Jenis Kompensasi
Berdasarkan senioritas, tanggung jawab, dan posisi karyawan, terdapat 2 jenis rencana kompensasi:
  1. Kompensasi eksekutif untuk CEO, direktur pelaksana, ketua, dan lainnya. Sebagian besar gaji dan tunjangan ditentukan oleh perusahaan.
  2. Kompensasi untuk pekerja adalah gaji dan upah yang diberikan kepada karyawan dan pekerja.
Komponen Kompensasi
Kompensasi juga memiliki beberapa komponen, atau wujud pemberian, berikut di antaranya:

1. Gaji/Upah
Gaji atau upah adalah kompensasi uang tunai yang dibayarkan perusahaan untuk pekerjaan yang dilakukan. Biasanya besaran nilainya akan stabil dalam waktu yang lama. Penentuan upah tersebut dilakukan dengan memperhatikan faktor-faktor tertentu seperti pendidikan dan keterampilan karyawan, kemampuan perusahaan untuk membayar dan lain sebagainya

2. Bonus
Tunjangan yang diterima oleh karyawan selain dari apa yang biasa diterima. Dengan demikian, bonus dapat berupa uang, hadiah atau tunjangan lainnya. Kata bonus terkadang juga digunakan untuk menunjukkan pembayaran insentif kepada pekerja yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan loyalitas mereka kepada perusahaan.

3. Sistem Upah Waktu
Dengan sistem ini, upah dibayarkan berdasarkan waktu yang digunakan untuk bekerja selain dari waktu kerja utamanya, atau biasa disebut lembur. Ini adalah sistem yang paling umum dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk mencapai target tertentu. Besaran upahnya yang diterima tergantung waktu dihabiskan. Upah tersebut dibayarkan setelah periode waktu yang ditentukan habis dan pekerjaan telah selesai.

4. Intensif
Kompensasi insentif, juga disebut bayaran berdasarkan hasil, yang pada dasarnya merupakan sebuah upaya untuk meningkatkan produktivitas karyawan. Secara tidak langsung, ini adalah metode berbagi keuntungan dalam produktivitas dengan karyawan dengan memberi penghargaan secara finansial atas peningkatan produktivitas mereka.
Pentingnya Kompensasi

Kompensasi penting bagi perusahaan untuk mempertimbangkan misi dan visi serta strateginya. Sistem ini akan disusun sedemikian rupa sehingga semua komponen ini saling terkait dan selaras satu sama lain dan biasanya berada di bawah tanggung jawab bagian sumber daya manusia (SDM) dari suatu perusahaan.

Kompensasi bisa menjadi alat yang digunakan perusahaan untuk mengelola dan menghargai karyawan Anda, sehingga mereka bekerja secara efisien dan sesuai target. Sistem kompensasi yang diterapkan perusahaan harus menarik, dan harus memotivasi karyawannya untuk bekerja dan memanfaatkan fasilitas yang diberikan kepada mereka oleh perusahaan dengan baik.

Sistem kompensasi juga harus memastikan bahwa tingkat turn-over tetap rendah dan karyawan tetap memiliki motivasi yang tinggi. Seiring dengan tunjangan & insentif non-moneter lainnya, perusahaan juga menawarkan manfaat bagi karyawan seperti pelatihan untuk menambah skill karyawan di masa mendatang. Oleh sebab itu, perusahaan harus menyusun rencana kompensasi berdasarkan posisi, tanggung jawab dan kualifikasi seorang karyawan. Sistem kompensasi yang diikuti oleh perusahaan harus secara teratur dievaluasi dan diperbarui sesuai dengan strategi yang terus berkembang dan juga berdasarkan pada para pesaingnya. Sebagian besar dibayarkan secara berkala seperti pembayaran bulanan.

Untuk pengelolaan gaji dan kompensasi dalam perusahaan ada baiknya Anda mencatatnya dalam pembukuan bisnis. Hal ini penting, karena beban gaji adalah pengeluaran rutin yang harus Anda bayarkan dalam perusahan. Tanpa pembukuan yang tepat, Anda akan kesulitan untuk mencatatkan beban gaji dan tentunya laporan keuangan pada bisnis Anda. 

Maka untuk hal inilah kami hadir. FR Consultant Indonesia dapat membantu Anda dan perusahaan untuk menyelesaikan tugas pembukuan dengan cara yang tepat, rinci dan terjamin kerahasiaannya. Jadi Bagi Anda pelaku bisnis, yang memerlukan bantuan bisnis dan keuangan. Kami hadir di sini untuk Anda. Kami juga menyediakan tenaga ahli untuk melakukan manajemen keuangan, akunting dan perpajakan. Anda bisa menghubungi kami di FR Consultant Indonesia.

FR Consultant Indonesia, Solusi Pembuatan Laporan Keuangan dan Laporan Pajak Perusahaan dan Pribadi Hubungi 0813-8228-9991.

0 Response to "Pentingnya Kompensasi Dalam Sebuah Bisnis"

Post a comment

Harap Berkomentar sesuai dengan tema artikel, Diluar Tema artikel akan dihapus. Terima Kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel