Pengertian dan Karakteristik dari Pasar Persaingan Sempurna - Cara Membuat Laporan Keuangan dan Laporan Pajak

Pengertian dan Karakteristik dari Pasar Persaingan Sempurna

Pengertian-dan-Karakteristik-dari-Pasar-Persaingan-Sempurna
Pengertian dan Karakteristik dari Pasar Persaingan Sempurna

Pengertian dan Karakteristik dari Pasar Persaingan Sempurna

Dalam dunia usaha, terdapat bermacam istilah yang digunakan, sistem yang diterapkan, dan bermacam peran yang dimainkan. Ketika Anda ingin membuat suatu produk dan melakukan penelusuran pasar, Anda pun harus mengerti seluk beluk tentang pasar dan situasi pasar yang menjadi tempat untuk menjual produk Anda.

Di sinilah ada yang namanya Pasar Persaingan Sempurna. Apa maksud dari pasar persaingan sempurna? Pasar Persaingan Sempurna merupakan situasi atau kondisi pasar, di mana pembeli dan penjual berada dalam pasar yang bersifat homogen. Tidak ada monopoli pada harga komoditas yang dijual dalam pasar tersebut. Karena semua kendali berada di tangan pembeli dan penjual individu.

Ambil contoh seperti ini:

Umpamakan Anda adalah penjual makanan jalanan, menjual bakso di alun-alun utama di kota Anda. Ada tiga penjual bakso lainnya di sudut lain alun-alun menjual bakso dengan kualitas rasa yang sama persis. Tak satu pun dari penjual bakso termasuk Anda dapat mengubah harga, karena semua orang tahu bahwa kesepakatannya adalah 1 porsi bakso adalah 10.000 rupiah. Siapa pun yang ingin menjual bakso di alun-alun dapat melakukannya, dan jika Anda ingin berhenti untuk menjual bakso tidak ada yang berhak menghentikan Anda. 
Dunia bisnis seperti ini menggambarkan pasar persaingan sempurna atau persaingan murni. Di mana hal yang sama juga bisa dilakukan pada tingkat perusahaan besar yang terlibat dalam suatu jenis industri.

Pasar Persaingan Sempurna memiliki 4 Karakteristik Utama
Sejauh yang telah dikenal, terdapat 4 karakteristik yang terdapat dalam pasar persaingan sempurna., yang penting bagi Anda untuk tahu. Berikut di antaranya:

1. Kebanyakan Penjual Adalah Perusahaan Kecil.
Pasar persaingan sempurna mengandung sejumlah besar perusahaan kecil, relatif kecil dibandingkan dengan ukuran keseluruhan pasar. Hal ini untuk memastikan bahwa tak ada satu pun perusahaan yang dapat melakukan kontrol pasar atau harga, atau pun kuantitas. Jika satu perusahaan memutuskan untuk menggandakan outputnya atau berhenti memproduksi seluruhnya, pasar tidak terperangaruh. Harga tidak berubah, dan tidak ada perubahan dalam kuantitas yang dipertukarkan.

Berapa banyak perusahaan kecil yang diperlukan dalam industri persaingan sempurna, hingga masing-masing perusahaan tidak memiliki kendali pasar? Tidak ada penjelasan aktual untuk menjawab pertanyaan ini. Karena adanya fakta bahwa pasar persaingan sempurna adalah struktur pasar ideal yang tidak ada di dunia nyata. Hal ini juga sebagian besar disebabkan oleh anggapan bahwa jumlah perusahaan tidak sepenting hasil atau bahwa harus ada perusahaan yang memiliki kendali pasar.

2. Produk Identik (atau Homogen) Yang Dijual oleh Semua Perusahaan
Setiap perusahaan dalam pasar persaingan sempurna, menjual produk yang identik, yang juga disebut "barang homogen." Ciri penting karakteristik ini tidak banyak, sehingga barang itu sendiri persis, sama persis, tetapi pembeli tidak dapat membedakan apa pun. Secara khusus, pembeli tidak dapat mengetahui perusahaan mana yang menghasilkan produk tertentu. Tidak ada nama merek, atau fitur pembeda yang membedakan produk dengan perusahaan.

Karakteristik ini berarti bahwa setiap perusahaan yang bersaing sempurna menghasilkan barang yang merupakan pengganti sempurna untuk output setiap perusahaan lain di pasar. Ini berarti, tidak ada perusahaan yang dapat membebankan harga dari barang yang telah diterima oleh perusahaan lain. Jika mereka mencoba untuk membebankan harga yang lebih tinggi, maka pembeli akan segera berpindah ke barang lain yang merupakan pengganti yang sempurna.

3. Mobilitas Sumber Daya Yang Sempurna Atau Kebebasan Masuk dan Keluar dari Industri
Perusahaan dengan pasar persaingan sempurna bebas keluar dan masuk dari industri. Mereka tidak terikat aturan dan peraturan pemerintah, biaya awal, atau hambatan lain untuk masuk. Sementara beberapa perusahaan mengeluarkan biaya awal yang tinggi, atau memerlukan izin pemerintah untuk memasuki industri.

Hal ini tidak berlaku untuk perusahaan dengan pasar persaingan sempurna. Demikian pula, perusahaan yang masuk pasar persaingan sempurna tidak dapat dicegah meninggalkan industri seperti halnya untuk utilitas publik yang diatur pemerintah. Perusahaan dengan pasar persaingan sempurna dapat memperoleh tenaga kerja, modal, dan sumber daya apa pun yang dibutuhkan tanpa penundaan dan tanpa pembatasan. Tidak ada diskriminasi rasial, etnis, atau gender.

4. Pengetahuan Sempurna Tentang Harga dan Kualitas antara Penjual dan Pembeli.
Dalam pasar persaingat sempurna, pembeli sepenuhnya sadar akan harga dan kualitas yang diberikan penjual, sehingga satu perusahaan tidak dapat menjual barang dengan harga lebih tinggi daripada perusahaan lain. Setiap penjual juga memiliki informasi lengkap tentang harga yang dikenakan oleh penjual lain, sehingga mereka tidak dapat menaikkan harga, sekali pun lebih sedikit daripada harga pasar yang sedang berlangsung.

Pengetahuan yang sempurna juga harus meluas ke teknologi. Semua perusahaan dengan persaingan sempurna memiliki akses ke teknik produksi yang sama. Tidak ada perusahaan yang dapat menghasilkan output lebih cepat, lebih baik, atau lebih murah karena pengetahuan khusus tentang informasi.

Keempat karakteristik di atas dibangun agar diharapkan agar perusahaan yang besar tidak dapat melakukan kontrol apa pun atas pasar. Dengan adanya banyak perusahaan kecil yang memproduksi produk, identik menjadikan produksi gabungan bisa memenuhi kebutuhan pasar secara keseluruhan.

Hal ini membuat kurva permintaan untuk output perusahaan yang sangat kompetitif, terutama dengan adanya kebebasan untuk masuk, dan keluar dari industri tersebut. Secara bersamaan, hal ini juga meningkatkan efisiensi modal dan sumber daya lainnya. 


Apakah Pasar Persaingan Sempurna ada di Dunia Nyata?
Jika ditinjau dari empat karekteristik diatas, jarang sekali dalam suatu industri mengadopsi pasar persaingan sempurna, atau mungkin tidak ada di dunia nyata. Sebagai contoh, sebagian besar produk memiliki beberapa tingkat diferensiasi atau perbedaan. Bahkan dengan produk yang sederhana seperti air kemasan, misalnya, produsen melakukan variasi dalam metode pemurnian, ukuran produk, identitas merek, dll.

Hambatan untuk Pasar Persaingan Sempurna
Banyak industri juga memiliki hambatan yang signifikan untuk masuk, seperti biaya startup yang tinggi (Anda bisa lihat dalam industri manufaktur otomotif) atau peraturan pemerintah yang ketat (seperti yang terlihat dalam industri utilitas), yang membatasi kemampuan perusahaan untuk masuk dan keluar dari industri tersebut.

Ada rintangan signifikan yang mencegah pasar persaingan sempurna muncul dalam perekonomian saat ini. Industri pertanian mungkin paling dekat dengan menunjukkan pasar persaingan sempurna karena ditandai oleh banyak produsen kecil yang hampir tidak memiliki kemampuan untuk mengubah harga jual produk mereka. Para pembeli komersial komoditas pertanian umumnya sangat terinformasi dan, meskipun produksi pertanian melibatkan beberapa hambatan untuk masuk, tidak terlalu sulit untuk memasuki pasar sebagai produsen.

Pemikiran para ekonom tentang Pasar Persaingan Sempurna
Tidak ada ekonom yang percaya bahwa pasar persaingan sempurna adalah perwakilan dari dunia nyata. Sangat sedikit yang percaya bahwa pasar persaingan sempurna dapat dicapai. Perdebatan nyata di antara para ekonom adalah apakah pasar persaingan sempurna harus dianggap sebagai tolok ukur teoritis untuk pasar riil. Ekonom neoklasik berpendapat bahwa persaingan sempurna dapat bermanfaat, dan sebagian besar analisis mereka berasal dari prinsip-prinsipnya. Banyak aliran pemikiran kecil lainnya tidak setuju.

Pemenang Nobel F.A. Hayek berpendapat bahwa pasar persaingan sempurna tidak memiliki klaim yang disebut “kompetisi.” Dia menunjukkan bahwa model tersebut menghapus semua aktivitas kompetitif dan mengurangi semua pembeli dan penjual menjadi pembeli harga yang tak ada bandingannya.

Bagi Anda pelaku bisnis, yang memerlukan bantuan bisnis dan keuangan. Kami hadir di sini untuk Anda. Kami juga menyediakan tenaga ahli untuk melakukan manajemen keuangan, akunting dan perpajakan. Anda bisa menghubungi kami di FR Consultant Indonesia.

FR Consultant Indonesia, Solusi Pembuatan Laporan Keuangan dan Laporan Pajak Perusahaan dan Pribadi Hubungi 0813-8228-9991.

0 Response to "Pengertian dan Karakteristik dari Pasar Persaingan Sempurna"

Post a comment

Harap Berkomentar sesuai dengan tema artikel, Diluar Tema artikel akan dihapus. Terima Kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel