Tips Mengatur Keuangan Bagi Millenials - Cara Membuat Laporan Keuangan dan Laporan Pajak

Tips Mengatur Keuangan Bagi Millenials

Tips-Mengatur-Keuangan-Bagi-Millenials
Tips Mengatur Keuangan Bagi Millenials

Tips Mengatur Keuangan Bagi Millenials
Siapa pun yang memegang uang, perlu mengerti tentang betapa pentingnya mengatur keuangan. Baik keuangan pribadi, dan terlebih lagi keuangan untuk perusahaan. Bagi kaum milenials yang aktif dalam pergaulan ibukota, yang rentan dengan kebiasaan boros, mengatur keuangan bisa menjadi pemahaman penting. Supaya tidak terlibat jeratan hutang dan bisa menentukan skala prioritas terkait apa yang perlu dibelanjakan dan apa yang tidak.

Tetapi, sekali pun mengatur keuangan itu penting, masih jarang hal ini dipelajari betul-betul oleh masyarakat luas. Orang biasa berasumsi mengatur keuangan bisa dilakukan dengan sendirinya, tanpa perlu belajar terlebih dahulu. Hal tersebut tidak salah, tapi rentan terjebak dalam pergaulan yang boros. Sehingga tak peduli seberapa besar gaji Anda, kalau Anda masih belum bisa untuk mengatur keuangan Anda dengan baik, uang tersebut akan habis begitu saja.

Sebenarnya, ada banyak cara dalam mengatur keuangan. Beberapa cara dapat Anda terapkan sendiri kalau Anda bersungguh-sungguh, berikut di antaranya:

1. Membuat Anggaran Keuangan
Kalau Anda memiliki gaji sebulan, misalkan, 5 juta, maka Anda harus membuat anggaran dari gaji tersebut. Untuk apa saja gaji tersebut akan dibelanjakan dan berapa yang harus disimpan atau disedekahkan. Buatlah skala prioritas terkait apa yang Anda butuhkan. Bahkan, andai perlu, buatlah anggaran untuk berkumpul dengan teman-teman.

2. Melunasi Hutang
Keuangan Anda baru akan leluasa diatur dan bisa berjalan dengan baik, seandainya Anda telah melunasi hutang Anda. Kalau belum, maka ada baiknya sebagian besar dana yang Anda dapatkan, diarahkan terlebih dahulu untuk pelunasan hutang. Karena setelah terbebas dari hutanglah, Anda baru bisa terbebas pula dari bunga hutang yang menghantui Anda.

3. Diri Anda Di Masa Depan
Anda harus bisa membayangkan diri Anda di masa depan. Anda harus bisa melihat jauh, karena dengan begitu, Anda akan dapat menghitung kebutuhan Anda dan menyesuaikannya dengan anggaran keuangan Anda. Misalkan, Anda ingin tahun dengan mampu melakuakn DP rumah, maka dari sekarang, Anda sudah harus bisa mengikat ikat pinggang dan mengurangi gaya hidup, supaya di tahun depan Anda memiliki tabungan yang cukup untuk DP rumah.

4. Siapkan Asuransi
Salah satu cara mengatur keuangan di masa yang sulit seperti di tengah pandemi  Corona sekarang, adalah menyiapkan dana asuransi. Karena dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir apabila sewaktu-waktu terjadi sesuatu yang tidak Anda inginkan.

5. Investasikan Uang Anda
Mulailah untuk belajar investasi, seperti misalnya investasi emas, yang tergolong aman bagi masyarakat luas. Emas merupakan logam mulai yang harganya stabil dan terpusat. Atau, Anda juga bisa main reksadana sebagai bentuk investasi, tapi tentunya Anda harus belajar terlebih dulu. 

6. Kunjungi Konsultan Keuangan
Seperti yang sudah dikatakan di atas bahwa pengelolaan keuangan satu orang dengan orang lainnya berbeda-beda. Apabila Anda tidak memiliki waktu, atau tidak yakin dengan diri Anda dalam mengatur keuangan, maka ada baiknya apabila Anda berkonsultasi dengan yang lebih ahli. Pasalnya banyak faktor yang dapat mempengaruhi pengelolaan keuangan seseorang. Konsultan keuangan seperti FR Consultant Indonesia dapat memberikan saran-saran yang dapat memperbaiki pengelolaan uang Anda. 

Baik dalam hal mengatur keuangan Individu, UKM, dan keuangan perusahaan.

7. Pisahkan Berbagai Kebutuhan
Pada dasarnya Anda dapat membagi kebutuhan Anda berdasarkan waktunya seperti jangka pendek, menengah, dan masa depan. Kebutuhan jangka pendek tentu harus Anda utamakan dalam pemenuhannya tetapi Anda juga harus mempertimbangkan kebutuhan masa depan Anda.

8. Catat Keuangan Bulanan
Bagi yang belum terbiasa, hal ini memang merepotkan. Tapi pencatatan keuangan bulanan akan membantu Anda mengevaluasi pengelolaan keuangan. Anda akan mengetahui sektor mana saja yang masih bisa Anda hemat dan sektor mana yang lebih bisa Anda prioritaskan.

10. Kendalikan Diri
Pikiran dan psikologi Anda dalam mengelola uang sangatlah penting untuk diperhatikan. Ada banyak orang yang mendadak sangat boros ketika sedang mendapatkan banyak uang. Pada kasus seperti itu sebenarnya pikiran dan psikologi orang yang lebih berperan dalam mengelola keuangan. Anda harus bisa menahan diri mengendalikan berbagai keinginan Anda. Pahami lagi mengenai keinginan dan kebutuhan.

Demikian yang bisa saya sampaikan terkait tips mengatur keuangan bagi millenials. Bagi Anda yang sedang mencari bantuan tenaga ahli untuk melakukan internal audit keuangan dan perpajakan, Anda bisa menghubungi kami di FR Consultant Indonesia.

FR Consultant Indonesia, Solusi Pembuatan Laporan Keuangan dan Laporan Pajak Perusahaan dan Pribadi Hubungi 0813-8228-9991.


0 Response to "Tips Mengatur Keuangan Bagi Millenials"

Post a comment

Harap Berkomentar sesuai dengan tema artikel, Diluar Tema artikel akan dihapus. Terima Kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel