Fungsi Konsultan Pajak - Cara Membuat Laporan Keuangan dan Laporan Pajak

Fungsi Konsultan Pajak

mengenal-fungsi-konsultan-pajak
Mengenal Fungsi Konsultan Pajak


Mengenal Fungsi Konsultan Pajak


Pernah tidak kamu bertanya-tanya, kenapa sih ada yang namanya konsultan Pajak? Di era digital yang serba online seperti sekarang, bukannya setiap orang bisa melaporkan pajak secara mandiri?

Secara bayangan kasar memang tampak seperti itu, tapi berbeda ketika kita memutuskan untuk mencoba melaporkannya sendiri. Kalau kamu belum punya pengetahuan tentang pajak, pasti kamu akan kebingungan menghitung angka pajak kamu. Sementara kamu perlu mengerjakan sesuatu yang lain, terkait pekerjaan atau pun bisnis yang sedang kamu jalankan. Kamu pun tidak memiliki banyak waktu untuk mempelajari pajak kamu. Tidak sedikit orang atau pun perusahaan yang menggunakan jasa Konsultan Pajak sebagai bentuk dari efisiensi.

Di sinilah pentingnya hadir konsultan pajak.

Siapa sih Konsultan Pajak?

Secara umum, konsultan pajak adalah mereka yang memiliki ilmu perpajakan yang kemudian menyewakan kepiawaian mereka untuk membuka konsultasi perpajakan terhadap para wajib pajak yang membutuhkan. Dengan kata lain, konsultan pajak adalah orang yang membantu wajib pajak untuk menyelesaikan tugas wajib pajak mereka.

Dengan begitu, wajib pajak bisa menyelesaikan kewajiban membayar pajaknya dengan baik tanpa khawatir terkena kesalahan, dan wajib pajak pun tidak akan kehilangan waktunya yang bisa dimanfaatkan untuk mengerjakan pekerjaannya yang lain.

Jenis Layanan Konsultan Pajak

Kira-kira, apa saja sih layanan yang bisa diberikan oleh Konsultan Pajak? Berikut di antaranya yang bisa saya sebutkan:
  • Layanan Kepatuhan Pajak. Layanan ini mengurusi hal yang berhubungan dengan kepatuhan pajak klien, mulai dari menghitung, membayar dan melaporkan pajak.
  • Layanan Perencanaan Pajak. Layanan ini diadakan demi bertujuan untuk mengoptimalkan keuntungan klien. Supaya pembayaran pajak dilakukan bisa lebih efisien.
  • Layanan Pemeriksaan Laporan Pajak. Layanan ini untuk mengevaluasi data yang berhubungan dengan munculnya beban pajak yang merugikan perusahaan klien.
  • Layanan Pendampingan dalam Pemeriksaan. Setiap Konsultan Pajak memiliki tanggung jawab dalam mewakili atau mendampingi klien saat pemeriksaan pajak. Hal ini dilakukan karena tidak sedikit klien yang kurang memahami permasalahan perpajakannya. Konsultan pajak juga bisa ikut membantu menyiapkan data/dokumen yang dibutuhkan saat pemeriksaan.
  • Layanan Konsultasi. Konsultan Pajak biasanya menawarkan jasa konsultasi permasalahan perpajakan.
  • Layanan Restitusi Pajak. Konsultan Pajak harus siap dalam hal ini, apbila klien membutuhkan pengembalian kelebihan pembayaran pajak (restitusi), Konsultan Pajak akan dapat membantu pelaksanaannya mulai dari persiapan data, penyampaian restitusi, pemeriksaan sampai proses akhir dari diterimanya pengembalian kelebihan pajak tersebut.
  • Layanan Penyelesaian Sengketa Pajak. Konsultan Pajak dapat memberikan pelayanan penyelesaian sengketa pajak. Contohnya, jika klien berencana mengajukan keberatan pajak, banding, dan lain sebagainya. 

Benefit Menggunakan Layanan Konsultan Pajak.

Nah, sekarang kamu sudah tahu apa saja layanan yang biasanya tersedia dalam Konsultan Pajak. Berarti, apa saja sih benefit yang bisa kita dapatkan dari menggunakan Jasa Konsultan Pajak, seperti FR Consultant Indonesia?
  1. Lebih rendahnya tingkat kesalahan yang biasa dilakukan oleh para wajib pajak yang awam tentang pajak, sehingga memperkecil resiko lebih bayar dan jadi lebih efisien.
  2. Bagi perusahaan, menggunakan Konsultan Pajak dapat mengurangi beban administratif pengurusan pajak beserta proses pelaporannya. Karena hal tersebut sudah ditangani secara langsung oleh para ahli dari Konsultan Pajak.
  3. Perusahaan akan mendapatkan kenyamanan dalam menjalani pemeriksaan pajak, karena didampingi Konsultan Pajak yang memahami prosedur pemeriksaan serta mampu mengurangi resiko kerugian akibat kesalahan dalam perhitungan.
  4. Konsultan Pajak mampu mengatasi masalah dengan cepat sampai tuntas, sehingga tidak menyita waktu atau pikiran para wajib pajak. Sehingga perusahaan dapat lebih fokus dalam pengembangan bisnis.
  5. Bersama Konsultan Pajak, perusahaan juga berpeluang melakukan perencanaan pajak atau tax planning.
Itulah yang bisa saya sampaikan terkait fungsi Konsultan Pajak. Bagi kamu yang sedang kebingungan dalam membayar pajak, baik pribadi dan perusahaan, kamu bisa menghubungi kami di FR Consultant Indonesia.

FR Consultant Indonesia, Solusi Pembuatan Laporan Keuangan dan Laporan Pajak Perusahaan dan Pribadi Hubungi 0813-8228-9991.



0 Response to "Fungsi Konsultan Pajak"

Post a comment

Harap Berkomentar sesuai dengan tema artikel, Diluar Tema artikel akan dihapus. Terima Kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel