Mencermati Pentingnya Sumber Daya Manusia - Cara Membuat Laporan Keuangan dan Laporan Pajak

Mencermati Pentingnya Sumber Daya Manusia


mencermati-pentingnya-sumber-daya-manusia
Mencermati Pentingnya Sumber Daya Manusia


Mencermati Pentingnya Sumber Daya Manusia


Bagi kamu yang berprofesi sebagai pebisnis, pasti sudah mengerti bahwa salah satu faktor penting dalam berjalannya sebuah usaha, adalah sumber daya manusia—atau SDM—yang menjalankan usaha itu sendiri. Tentu ada hal lain yang juga penting, seperti misalnya modal usaha, perencanaan bisnis, dan lain sebagainya. Tapi SDM itu sendiri adalah yang paling utama. Dari SDM inilah semua bermula.

Seorang pemimpin perusahaan, juga sebenarnya adalah bagian dari SDM dari perusahaan itu. Kalau pemimpinnya merupakan SDM yang unggul, maka dia akan mengerti bagaimana cara yang baik dalam menjalankan bisnis atau usahanya.

Apa sih Sumber Daya Manusia?

Sumber Daya Manusia (SDM) bisa diartikan sebagai individu produktif yang bekerja sebagai penggerak suatu organisasi, baik dalam institusi atau perusahaan, yang memiliki fungsi sebagai aset, sehingga dapat dan harus dilatih dan dikembangkan kemampuannya. Kamu dan saya pun sebenarnya bisa dikatakan sebagai SDM.

Dalam pengertiannya, Sumber Daya Manusia secara umum terdiri dari dua, yakni:
  1. SDM makro, yaitu jumlah penduduk usia produktif yang ada di sebuah wilayah, yang bisa berperan dalam hal pembangunan dan kependudukan.
  2. SDM mikro, yang dalam arti sempit yaitu individu yang bekerja pada institusi atau perusahaan, yang akan berperan dalam hal faktor produksi (ketenagakerjaan).

Kedua kategori ini tentu amat penting dan patut berjalan harmonis sesuai dengan fungsinya masing-masing. Dalam banyak contoh perusahaan atau suatu organisasi, SDM selalu memegang peran penting dalam keberlangsungan perusahaan atau pun organisasi itu sendiri.

Peran dan Fungsi dari Sumber Daya Manusia.

Nah, sekarang kamu sudah tahu, bahwa SDM bisa berarti banyak bidang, karena SDM bisa dibangun dan dibentuk sesuai dengan minat mereka masing-masing. Berikut beberapa peran dan fungsi dari SDM:

  1. SDM sebagai Tenaga Kerja. Tenaga kerja atau manpower biasanya adalah penduduk dalam usia kerja yang berkisar antara 15-64 tahun, yang memiliki kemampuan mengeluarkan usaha di setiap satuan waktu, guna menghasilkan barang atau jasa, baik untuk dirinya sendiri ataupun dalam sebuah perusahaan. Salah satu contohnya, pekerja pabrik.
  2. SDM sebagai Tenaga Ahli. SDM Tenaga Ahli ialah mereka yang mendedikasikan dirinya mendalami keilmuan tertentu. Salah satu contohnya, SDM yang mendalami bidang keuangan, akuntansi dan perpajakan di FR Consultant Indonesia, akan diyakini sebagai SDM dengan keunggulan kompetitif yang dapat mengejar ketinggalan dari pembangunan dalam bidang ekonomi. Serta memberikan pelayanan luas dalam bidang keuangan, akuntansi dan perpajakan.
  3. SDM sebagai Pimpinan. SDM jenis ini biasanya mereka yang mendedikasikan dirinya mempelajari kepemimpinan dan majerial. Biasanya mereka memiliki posisi sebagai pemimpin perusahaan, atau memiliki bisnisnya sendiri. Untuk memiliki kepemimpinan yang baik, SDM Pemimpin harus memiliki sisi interpersonal yang tinggi, juga memiliki visi dan mengerti membangun misi yang akan dia terapkan dalam bisnis atau perusahaan yang dipimpinnya. Dia pun harus mampu melakukan pendekatan serta pengarahan yang baik terhadap setiap karyawan yang dipimpinnya, sehingga kinerja perusahaan pun bisa berjalan optimal.
  4. SDM sebagai Tenaga Usahawan. Mereka yang seperti ini biasanya adalah SDM yang mandiri dan mampu melakukan pekerjaannya dengan baik. Tujuan mereka adalah menghasilkan jasa atau pun produk untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Sebagai tenaga usahawan, maka mereka harus melibatkan dirinya dalam menjalani proses produksi.
  5. SDM sebagai Produsen. Produksi adalah setiap upaya yang menjadikan barang dapat lebih sempurna untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. SDM sebagai produsen adalah pelaku yang melakukan produksi produk dalam jumlah besar, untuk menambah nilai guna atau menciptakan barang baru demi kemakmuran masyarakat luas.
  6. SDM sebagai Konsumen. Dalam kamus ekonomi, konsumsi adalah kegiatan menggunakan, memakai, atau menghabiskan barang dengan tujuan memenuhi kebutuhan. SDM sebagai Konsumen adalah kita semua yang memakai barang atau jasa yang disediakan oleh produsen, sebagai kepentingan untuk pribadi, keluarga, atau pun masyarakat.
Demikian yang bisa saya sampaikan terkait Sumber Daya Manusia. Bagi kamu yang sedang kebingungan mencari SDM yang ahli dalam mengurus perpajakan, keuangan dan akuntansi, baik pribadi dan perusahaan, kamu bisa menghubungi kami di FR Consultant Indonesia.


FR Consultant Indonesia, Solusi Pembuatan Laporan Keuangan dan Laporan Pajak Perusahaan dan Pribadi Hubungi 0813-8228-9991.

0 Response to "Mencermati Pentingnya Sumber Daya Manusia"

Post a comment

Harap Berkomentar sesuai dengan tema artikel, Diluar Tema artikel akan dihapus. Terima Kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel