Komponen dalam Manajemen SDM - Cara Membuat Laporan Keuangan dan Laporan Pajak

Komponen dalam Manajemen SDM

mengenal-manajemen-SDM
Mengenal Manajemen Sumber Daya Manusia


Mengenal Manajemen Sumber Daya Manusia

Sebelumnya, kita sudah membahas tentang Sumber Daya Manusia, betapa pentingnya dan apa saja peran dari SDM yang ada di masyarakat kita. Sumber Daya Manusia adalah elemen utama dan paling mendasar dalam setiap organisasi, institusi, atau pun perusahaan, bahkan dalam pemerintahan. Setiap SDM memiliki jalan pikirannya sendiri-sendiri, karena setiap SDM sebenarnya adalah kita, sebagai manusia itu sendiri. Inilah sebabnya dibutuhkan keilmuan khusus, yang bisa kita kenal sebagai Manajemen SDM. Dan, orang yang menguasai keilmuan ini biasa disebut sebagai Manajer.

Manajemen SDM menjadi keilmuan yang berfungsi untuk mengembangkan, memelihara dan mendayagunakan SDM yang tersedia seoptimal mungkin. Ini pun akan terkait dengan pemahaman dengan kebiasaan dan psikologi manusia dalam lingkup sosial maupun individu.

Keilmuan ini amatlah penting, karena SDM merupakan faktor paling mendasar yang perlu dibangun dan diasah untuk mengangkat kualitas dan kinerja perusahaan. Kita tahu, bahwa kegiatan bisnis tidak semata hanya produk dan aturan kerja, tetapi juga SDM yang bisa diandalkan dan memiliki wawasan, kreatifitas dan pengetahuan, yang juga memiliki visi yang sama dengan perusahaan.



Komponen penting dalam Manajemen Sumber Daya Manusia

Berikut yang bisa saya tuturkan terkait komponen penting yang harus kita perhatikan dalam manajemen sumber daya manusia:

Perencanaan.

Manajer yang baik menyadari bahwa bagian penting yang harus ditetapkan adalah proses perencanaan. Karena perencanaan berperan besar dalam menentukan program efektif guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan perusahaan. Manajer SDM perlu tahu, siapa yang paling tepat melakukan, kapan dan di mana harus dilakukan. Fungsi seperti ini jelas akan membantu pimpinan perusahaan untuk mengetahui informasi lengkap terkait pegawainya.

Pengorganisasian

Selesai perencanaan dan didapatkan keputusan, selanjutnya adalah membentuk organisasi yang bisa menjalankan keputusan tersebut. Proses pengorganisasian berarti membentuk organisasi, lalu membagi ke unit-unit yang sesuai dengan fungsi berbeda-beda pada masing-masing unit, namun dengan tujuan yang sama. Pada proses ini, dibangunlah hubungan antara pekerjaan atau jabatan, personel, dan faktor penentu lainnya. Para proses ini juga dibentuk struktur organisasi yang menunjukkan dengan jelas bagaimana hubungan antar unit dalam suatu perusahaan.

Pengarahan, dan

Setelah tersusun rencana dan struktur organisasi yang jelas, yang dibutuhkan selanjutnya adalah pengarahan atau motivasi, gerakan dan perintah. Pengarahan yang dimaksud adalah memberi petunjuk dan mengajak para pegawai agar secara sadar mau melaksanakan pekerjaan sesuai ketentuan yang telah ditetapkan perusahaan. 

Fungsi dari upaya ini adalah untuk mengarahkan SDM perusahaan agar mau bekerja secara baik dan efektif, serta secara sukarela tanpa merasa dipaksa, supaya tercipta sebuah kerja sama yang sehat dalam perusahaan.

Pengendalian

Di sinilah mulainya dilakukan pengawasan atas tindakan pegawai untuk kemudian dibandingkan dengan rencana yang telah terbentuk. Pengendalian yaitu melihat, mengamati, dan menilai tindakan atau pekerjaan pegawai, apakah mereka benar-benar melaksanakan pekerjaan sesuai tujuan dan target yang telah ditetapkan atau tidak. Dari sini Manajer akan bisa melihat dan melakukan koreksi atas seluruh penyimpangan yang terjadi.

Pengendalian yang cermat dan baik, memungkinkan pengaturan kegiatan-kegiatan menurut rencana sumber saya manusia yang telah dirumuskan dalam suatu analisis, demi mencapai tujuan organisasi atau perusahaan. Inilah bagian terakhir dalam Manajemen SDM.

Demikianlah yang bisa saya sampaikan. Manajer SDM akan berperan penuh dalam mengawasi, mengatur dan melakukan improvisasi sumber daya manusia dalam sebuah perusahaan. Lingkup kerja seorang Manajer SDM pun akan selalu berkaitan dengan departemen Human Resources, yang berperan dalam bidang perekrutan pegawai di suatu perusahaan. 

Bagi kamu yang sedang ingin mencari SDM untuk tenaga ahli keuangan, akuntansi dan perpajakan, kamu bisa menghubungi kami di FR Consultant Indonesia.


FR Consultant Indonesia, Solusi Pembuatan Laporan Keuangan dan Laporan Pajak Perusahaan dan Pribadi Hubungi 0813-8228-9991.

0 Response to "Komponen dalam Manajemen SDM"

Post a comment

Harap Berkomentar sesuai dengan tema artikel, Diluar Tema artikel akan dihapus. Terima Kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel