Keuntungan Menggunakan Payroll Outsourcing - Cara Membuat Laporan Keuangan dan Laporan Pajak

Keuntungan Menggunakan Payroll Outsourcing


Keuntungan-menggunakan-payroll-outsourcing
Keuntungan Menggunakan Payroll Outsourcing

Keuntungan Menggunakan Payroll Outsourcing


Kamu tahu apa itu Payroll, kan? Di dunia HRD kata “payroll” sering sekali terdengar. Memang apa sih payroll? Payroll adalah sistem yang diterapkan dalam mekanisme pembayaran gaji, bonus, tunjangan, bahkan insentif para karyawan. Divisi Human Resource Development kerap kesulitan mengurusi hal ini. Karena selain diperlukan ketelitian yang baik, juga diperlukan perhitungan yang tepat serta pengecekan berulang supaya jangan sampai salah dalam melakukan transfer bonus atau pun gaji kepada karyawan.

Itulah sebabnya ada yang namanya jasa Payroll. Jasa Payroll ini dapat meringankan beban administrasi perusahaan dan memudahkan HRD untuk melakukan penggajian terhadap karyawan.

Berikut beberapa alasan yang bisa saya tuliskan terkait keuntungan dalam menggunakan jasa outsourcing untuk sistem payroll dalam perusahaan:

Penghematan Biaya

Menggunakan jasa outsourcing Payroll dapat memberikan keringanan beban administrasi bagi perusahaan. Karena dengan jasa outsourcing Payroll, perusahaan tidak perlu memberikan training atau pun mempekerjakan karyawan khusus yang untuk ditugaskan melakukan proses penggajian/payroll. Perusahaan pun tidak perlu lagi membeli aplikasi/software yang memerlukan biaya ganda, baik untuk lisensi aplikasi, maupun pelatihan untuk menggunakan aplikasi tersebut.

Penghematan Waktu

Salah satu tantangan utama dalam proses penggajian, adalah jumlah waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya, dan ketidakmampuan karyawan untuk menemukan cara yang efektif. Sekali pun, pelaksaan penggajian ini rutin, kebutuhan akan ketelitian dalam pengerjaannya sungguh membutuhkan waktu.

Hal ini akan berbeda apabila kita menggunakan jasa outsourcing Payroll. Pihak outsourcing akan mampu menangani penggajian karyawan perusahaan dengan lebih efisien. Karena mereka memang telah mendedikasikan diri serta waktu untuk menjalankan tugas penggajian ini. Ini berarti mereka cenderung mampu bekerja lebih cepat dan teliti. Tak sedikit perusahaan kecil, atau startup yang menggunakan jasa outsourcing Payroll.

Fokus Terhadap Pengembangan Bisnis

Dengan menggunakan jasa oursourcing—seperti Payroll, perusahaan pun akan dapat melepaskan beban terkait banyak hal dalam mengurus penggajian para karyawan. Perusahaan tak perlu khawatir terjadinya keterlambatan atau pun kesalahan dalam melakukan penggajian, karena langkah tersebut telah diurus secara khusus oleh pihak outsourcing Payroll.

Mengurangi Kerentanan Kebocoran Data

Data penggajian karyawan merupakan hal yang krusial untuk disimpan rapat-rapat. Di zaman sekarang, data adalah hal yang sangat bernilai, dan kebocoran data rentan terjadi dalam suatu perusahaan atau pun ekosistem sosial. Dalam lingkup penggajian, pihak tak bertanggung jawab dalam perusahaan yang terlibat konflik internal, sangat mudah membocorkan data penggajian karyawan sebagai bentuk kelalaian yang tidak bertanggung jawab.

Di sinilah peran outsourcing Payroll selangkah lebih maju. Kontrak perjanjian antara perusahaan dengan vendor Payroll mengharuskan kedua belah pihak menjalin kerjasama secara profesional, mendahulukan pekerjaan di atas konflik internal/personal, yang tentunya dalam hal ini lebih mengurangi kemungkinan terjadinya kebocoran data.

Dikerjakan Para Ahli

Dengan memutuskan menggunakan jasa outsourcing Payroll, perusahaan telah mengerti bahwa pengerjaan penggajian karyawan mereka akan ditangani oleh para ahli. Tentu saja hal ini pun mengurangi potensi kesalahan dalam penghitungan dan penggajian para karyawan. Lebih dari itu, vendor Payroll pun bisa melakukan kunjungan konsultasi atau training pada pihak manajemen apabila diperlukan.

Hasil Kerja Yang Optimal

Dikarenakan mereka adalah tenaga ahli, berdasarkan pada poin nomor 5, secara otomatis nilai pekerjaan yang mereka hasilkan pun kerap lebih optimal dan lebih baik. Staff pihak outsourcing Payroll tentu lebih bisa diandalkan dalam menghasilkan laporan dengan tingkat akurasi yang tinggi, pembuatan data penggajian yang lebih lengkap, dan standarisasi kerja yang terjamin.

Mengurangi Potensi Kesalahan dan Sanksi Pajak

Pihak vendor outsourcing Payroll juga dapat membantu pembuatan laporan pajak para karyawan terkait, dengan semua form pajak yang dibutuhkan. Karena mereka telah mengetahui dengan baik data penggajian para karyawan, sehingga dapat mengurangi kesalahan penghitungan nilai pajak. Meskipun, perusahaan pun bisa menggunakan jasa konsultan pajak dan keuangan untuk hasil yang lebih optimal. Mengapa kita berupaya menghindari kesalahan pelaporan pajak? Karena sanksi yang dikenakan ketika perusahaan salah melaporkan pajak cukup mahal dan justru dapat berpotensi menambah beban perusahaan.

Demikian beberapa alasan yang bisa saya utarakan terkait keuntungan menggunakan jasa Payroll outsourcing. Nah! Bagi kamu yang sedang ingin mencari tenaga ahli keuangan, payroll, akuntansi dan perpajakan, kamu juga bisa menghubungi kami di FR Consultant Indonesia.

FR Consultant Indonesia, Solusi Pembuatan Laporan Keuangan dan Laporan Pajak Perusahaan dan Pribadi Hubungi 0813-8228-9991.


0 Response to "Keuntungan Menggunakan Payroll Outsourcing"

Post a comment

Harap Berkomentar sesuai dengan tema artikel, Diluar Tema artikel akan dihapus. Terima Kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel