Lupa Cara Lapor SPT Pribadi? - Cara Membuat Laporan Keuangan dan Laporan Pajak

Lupa Cara Lapor SPT Pribadi?




Waktu pelaporan pajak telah dekat. Sudah waktunya nih kamu bersiap-siap. Dan, sekarang kamu lupa bagaimana cara melapornya?

Melapor SPT atau yang biasa kita kenal sebagai Surat Pemberitahuan Tahunan, adalah kewajiban bagi wajib pajak. Mengingat pengerjaannya yang setahun sekali, sering kali orang lupa bagaimana cara melakukan pelaporan SPT ini. Di sini saya akan menjabarkan cara melapor SPT menggunakan fitur e-Filing di situs DJP Online. Caranya mudah, kok. Siapkan nomor NPWP dan Kode EFIN kamu, ya, bagi yang belum tahu apa itu EFIN dan belum memilikinya, bisa cek di sini yah: Bingung mau lapor Pajak?

Oke, setelah mendapatkan kode EFIN, selanjutnya adalah mempersiapkan 5 hal berikut ini:
  1. Email pribadi yang masih aktif.
  2. Bukti potong 1721-A1 atau 1721-A2 (bukti ini bisa didapatkan dari lembaga atau perusahaan tempat kita bekerja).
  3. Rincian penghasilan lain di luar penghasilan sebagai karyawan, termasuk yang bukan objek pajak, seperti warisan atau hibah.
  4. Daftar harta dan kewajiban akhir tahun (misalnya nomor rekening, nomor BPKB kendaraan).
  5. Tentukan PTKP (Penghasilkan Tidak Kena Pajak) kamu.


Kalau kamu sudah menyiapkan 5 hal di atas, yang bisa dilakukan selanjutnya adalah:



  1. Akses situs web DJP Online.
  2. Kemudian, masukkan nomor NPWP kamu dan kode EFIN yang kamu miliki.
  3. Isi kode keamanan yang disediakan, lalu klik tombol verifikasi.
  4. Kalau kamu baru pertama kali registrasi, kamu akan mendapatkan tautan aktivasi akun DJP Online yang dikirimkan ke email kamu, bisa dicek lalu diklik untuk aktivasi ya. 
  5. Selanjutnya, login kembali ke halaman DJP Online menggunakan nomor NPWP dan password yang telah kamu tentukan.
  6. Selesai masuk, klik logo e-filling, lalu pilih menu "Buat SPT" dan jawab pertanyaan yang tertera secara tepat untuk mendapatkan formulir SPT Tahunan 1770 SS.
  7. Begitu formulir tertera di layar, kamu bisa mengisi kolom yang ada sesuai dengan bukti potong yang kamu dapatkan dan telah kamu pegang. Biasanya, saat mengisi formulir 1770 SS, kita akan diminta untuk mengisi penghasilan netto, PTKP, dan PPH yang dipotong pihak lain.
  8. Setelah semua kolom telah terisi dengan baik dan tepat, jangan lupa klik tanda centang pada bagian "D", lalu klik "OK". Langkah terakhir adalah mengirim SPT, dan Dirjen Pajak pun akan mendapatkan laporan SPT terbaru kamu secara realtime. Tidak lama dari situ, biasanya kita akan menerima tanda terima elektronik melalui email yang telah kita pakai untuk mendaftar, sebagai bukti bahwa pelaporan SPT telah kamu lakukan.

Nah, bagi kamu yang masih bingung atau pun merasakan kesulitan terkait cara melakukan pelaporan pajak? Kamu bisa hubungi kita melalui website FR Consultant Indonesia, atau, kalau mendesak, kamu juga bisa menghubungi kita di: 0812-8228-9991

FR Consultant Indonesia, Solusi Pembuatan Laporan Keuangan dan Laporan Pajak Perusahaan dan Pribadi Hubungi 0813-8228-9991.

0 Response to "Lupa Cara Lapor SPT Pribadi?"

Post a comment

Harap Berkomentar sesuai dengan tema artikel, Diluar Tema artikel akan dihapus. Terima Kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel