Bingung Mau Lapor SPT Pribadi? - Cara Membuat Laporan Keuangan dan Laporan Pajak

Bingung Mau Lapor SPT Pribadi?

Bingung Mau Lapor SPT Pribadi?

Yang Perlu Kamu Ketahui Terlebih Dulu Tentang SPT Pribadi


Melaporkan pajak penghasilan adalah salah satu kewajiban kita sebagai warga negara republik Indonesia. Setiap tahun, masing-masing dari kita, baik yang berprofesi sebagai pegawai, atau pun pengusaha, wajib melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan ke pada Dirjen Pajak.

Surat Pemberitahuan Tahunan ini akan berisikan total pendapatan kotor dan pajak yang sudah kamu bayarkan kepada negara, baik melalui sistem DJP Online, atau pun aplikasi pajak yang telah menjadi mitra resmi DJP.

Kewajiban melaporkan SPT pribadi ini memiliki tanggal jatuh tempo pada 31 Maret di setiap tahunnya. Kalau kamu enggan melapor, berdasarkan UU No. 28 tahun 207, terkait Ketentuan Umum Perpajakan (KUP), negara akan bisa memberikan sanksi denda sesuai hukum yang telah ditetapkan.

Terdapat beberapa jenis formulir SPT Tahunan, berikut di antaranya:

  1. SPT / Formulir 1770 S, yang merupakan Surat Pemberitahuan Pajak Tahunan bagi orang pribadi yang memiliki pendapatan lebih dari Rp. 60 juta selama 1 tahun terakhir.
  2. SPT / Formulir 1770 SS, yang merupakan Surat Pemberitahuan Pajak Tahunan bagi orang pribadi yang memiliki pendapatan kurang dari Rp. 60 juta selama 1 tahun terakhir, dan
  3. SPT / Formulir 1770, yaitu Surat Pemberitahuan Pajak Tahunan bagi orang pribadi yang memiliki bisnis atau pekerjaan bebas.

Dokumen Yang Harus Dipersiapkan untuk Mengisi SPT Pribadi

Kalau kamu lupa, apa saja yang perlu disiapkan, berikut di antaranya:

  • Formulir 1721 A1 atau A2.
    Mintalah formulir 1721 A1 atau A2 kepada perusahaan tempat kamu bekerja. Karena data dari formulir inilah yang selanjutnya perlu kamu laporkan saat mengakses portal e-Filing SPT Pribadi di Online Pajak, atau DJP Online.
  • EFIN (Electronic Filing Identification Number).
    Adalah nomor identifikasi wajib pajak dari DJP untuk melakukan e-filing atau lapor pajak secara online. Kalau kamu belum mempunyai EFIN, kamu harus mendatangi langsunug KPP (Kantor Pelayanan Pajak) terdekat dengan membawa NPWP dan mengisi formulir aktivasi EFIN. EFIN bisa disebut sebagai identitas digital yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pajak.
  • Data penghasilan lainnya, kewajiban/hutan, harta (bila ada).
    Kalau kamu memiliki penghasilan lainnya, di luar penghasilan tetap, maka kamu perlu menyiapkan dokumen-dokumen terkait pembayaran pajaknya, untuk turut serta dilaporkan.

Bagaimana meregistrasikan EFIN?

EFIN diperlukan supaya kamu bisa melakukan transaksi perpajakan secara elektronik, termasuk melakukan e-filing. Buat kamu yang belum tahu bagaimana cara memperoleh EFIN, bisa ikut 3 langkah berikut ini:

  1. Unduh formulir aktivasi EFIN.
  2. Ajukan formulir aktivasi EFIN di KPP tempat kamu terdaftar. Permohonan ini tidak bisa diwakilkan, jadi kamu harus datang sendiri ke KPP. 
  3. Lakukan aktivasi EFIN.
Buat kamu yang bekerja di perusahaan, permohonan aktivasi EFIN bisa dilakukan secara berkelompok. Saat mengajukan permohonan EFIN, syarat dokumen yang wajib disertakan adalah:
  • Formulir aktivasi EFIN yang sudah diisi lengkap.
  • Alamat email aktif.
  • Fotokopi dan asli KTP untuk WNI.
  • KITAS/KITAP untuk WNA.
  • Fotokopi dan asli NPWP.
Setelah kamu berhasil mendapatkan EFIN, kamu bisa melakukan pendaftaran di situs DJP Online. Dan, kamu akan mendapatkan password (kata sandi) sementara yang dikirimkan ke email yang terdaftar. Harap diingat, nomor identitas hanya memiliki masa berlaku selama sebulan.

Demikian yang perlu kamu pahami terkait pelaporan SPT Pribadi.

Baca Juga: Lupa Cara Lapor SPT Pribadi?

Kalau kamu punya permasalahan terkait manajemen keuangan dan pengurusan perpajakan. FR Consultant Indonesia bisa membantu kamu menangani permasalahan tersebut.


FR Consultant Indonesia, Solusi Pembuatan Laporan Keuangan dan Laporan Pajak Perusahaan dan Pribadi Hubungi 0813-8228-9991.

0 Response to "Bingung Mau Lapor SPT Pribadi?"

Post a comment

Harap Berkomentar sesuai dengan tema artikel, Diluar Tema artikel akan dihapus. Terima Kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel