7 Sumber Pengeluaran Tak Terduga - Cara Membuat Laporan Keuangan dan Laporan Pajak

7 Sumber Pengeluaran Tak Terduga

sumber-pengeluaran-tak-terduga
7 Sumber Pengeluaran Tak Terduga

7 Sumber Pengeluaran Tak Terduga


Sebagai seorang individu kita pasti memiliki banyak kebutuhan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Itu sebabnya, setiap dari kita penting untuk memiliki perhitungan yang baik dalam hal perencanaan keuangan, atau penting pula bagi kita untuk memisahkan dana pendapatan kita, ke dalam bentuk dana “Pengeluaran Tak Terduga”.

Kenapa demikian? Sebab pemisahan ini bisa menjadi solusi alternatif bagi kita, untuk tidak terperosok dalam lubang hutang-piutang atau pun penggunaan kartu kredit. Tidak hanya untuk sebuah perusahaan, adanya tabungan “Pengeluaran Tak Terduga” juga penting bagi setiap individu, baik itu pengusaha, pedagang, atau pun para pekerja kantoran yang sudah dipastikan gajian setiap bulannya.

Berikut ini yang bisa saya sebutkan yang bisa menyeret kita ke dalam pengeluaran tak terduga:

1.     Sakit.
Siapa yang mau jatuh sakit? Tentunya tidak ada. Tapi sakit sudah bisa dipastikan akan menimpa semua orang. Ketika kita tidak memperhitungkan faktor sakit ini sebagai pengeluaran tak terduga, maka kita tidak akan mengalokasikan dana tersendiri untuk berobat.

Dampaknya, apabila kita mendadak jatuh sakit, dan kita nggak memiliki dana yang cukup untuk berobat, nggak mustahil kita terjebak dalam hutang-piutang untuk berobat.

2.     Barang Diskon.
Barang diskon memang bukan kebutuhan mendesak, tapi, sering kali barang diskon bikin kita tergiur dan kalap dalam berbelanja hingga tanpa sadar justru menguras tabungan kita. Iya, kan? Apalagi di zaman e-commerce seperti sekarang, yang mana kita bisa dengan mudah berbelaja barang diskon melalui piranti dalam genggaman tangan.

Barang diskon bisa dimasukkan sebagai pengeluaran tak terduga. Kalau sejak awal kamu sudah menyisihkan sekian persen pemasukkanmu untuk hal ini, maka kamu pun nggak perlu khawatir lagi tabunganmu akan terkuras.

3.     Pulsa Telepon Seluler
Kedengarannya memang remeh. Tapi di zaman yang serba online seperti sekarang, pulsa telepon seluler kerap menjadi prioritas yang tidak disadari. Seorang individu yang suka main game online atau pun menonton video melalui streaming pasti memahami hal ini. Tanpa disadari kita membeli pulsa dengan kuota besar dengan nilai yang lumayan.

Itu sebabnya, penting apabila kita alokasikan dana untuk pembelian pulsa telepon seluler ini.

4.     Musibah.
Tidak ada yang ingin tertimpa musibah atau bencana. Tapi musibah bisa datang dan menerpa siapa pun, di mana pun. Musibah ini bisa berbentuk macam-macam, mulai dari kecelakaan diri, kebakaran, kebanjiran, kendaraan rusak, mendadak jatuh sakit, atau kebutuhan anak, dan lainnya.

Itulah sebabnya, penting pula untuk memiliki tabungan pengeluaran tak terduga untuk hal-hal semacam ini.

5.     Traktiran.
Yang kelima ini mungkin terdengar tak lumrah. Tapi, pernahkah kamu berkunjung ke rumah teman, yang mendadak dalam suatu perbincangan kalian memutuskan untuk makan bersama di luar? Di suatu tempat?

Meski pun tidak selalu terjadi, pengeluaran tak terduga untuk hal ini pun bisa dipersiapkan kalau kita terlebih dulu memikirkannya. Apalagi ketika memasuki hari ulang tahun kita, biasanya akan ada saja teman-teman yang minta ditraktir.

6.     Hobi.
Hobi bisa mengeluarkan banyak biaya dalam kas keuangan kamu. Misalnya, apabila kamu hobi traveling, tentu kamu akan selalu ingin membeli tiket pesawat, atau mengatur jadwal secara berkala, demi melalui perjalanan, baik itu sendiri atau pun bersama orang yang kamu kasihi.

Nah, bentuk pengeluaran seperti ini, jika tidak dialokasikan pun tentunya akan membebani dan mengusik cadangan keuangan keseharian kamu. Akan lebih baik kalau kamu menyiapkan dana pengeluaran tak terduga untuk traveling. Karena dengan begitu, kamu bisa menghitung pengeluaran kamu dengan teliti.

7.     Hadiah.
Kita memang tak selalu memberi hadiah kepada seseorang, dan justru itulah dana semacam itu perlu disiapkan. Contoh, teman dekat yang mendadak akan melangsungkan pernikahan. Tentu kita harus mengeluarkan dana untuk kondangan, kan?

Hal semacam ini pun bisa terjadi tak terduga. Bahkan kadang, kita mendapatkan undangan pernikahan lebih dari 2 kali dalam sebulan. Tentu ini akan menggelitik apabila kita tidak memiliki dana pengeluaran tak terduga.

Demikianlah yang bisa saya sampaikan terkait 7 sumber pengeluaran tak terduga. Seandainya kamu ingin bertanya tentang masalah keuangan, konsultasi perpajakan, kamu bisa mengunjungi kami di website kami, FR Consultant Indonesia.


FR Consultant Indonesia, Solusi Pembuatan Laporan Keuangan dan Laporan Pajak Perusahaan dan Pribadi Hubungi 0813-8228-9991.

0 Response to "7 Sumber Pengeluaran Tak Terduga"

Post a comment

Harap Berkomentar sesuai dengan tema artikel, Diluar Tema artikel akan dihapus. Terima Kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel