Tips Meningkatkan Arus Kas Perusahaan - Cara Membuat Laporan Keuangan dan Laporan Pajak Perusahaan Maupun Pribadi

Tips Meningkatkan Arus Kas Perusahaan


Bagaimana cara meningkatkan Arus Kas Perusahaan kamu?


Dalam sebuah perusahaan, pergerakan arus kas merupakan elemen penting yang harus selalu diperhatikan. Arus kas bisa menjadi salah satu kunci penting akan keberlangsungan bisnis pada sebuah perusahaan. Dalam sebuah studi yang dilakukan Jessie Hargen dari U.S Bank, ditemukan bahwa sekitar 82% bisnis menderita kegagalan, karena buruknya manajemen arus kas.

Dalam dunia akuntansi, terdapat beberapa sumber dana arus kas dari aktivitas perusahaan, seperti misalnya: arus kas operasional, arus kas investasi, dan arus kas dari pembiayaan.

Perusahaan yang sehat dalam masalah keuangan, adalah perusahaan yang bisa meningkatkan arus kas dari aktivitas operasional. Berikut tiga cara yang bisa diterapkan dalam upaya meningkatkan arus kas perusahaan:


  1. Mengurangi Umur Piutang
    Kamu bisa melakukan ini dengan mengubah cara pembayaran konsumen menjadi tunai. Tapi, kalau kamu nggak bisa melepaskan diri dari cara pembayaran secara piutang, berarti kamu harus selalu memiliki laporan umur piutang yang terbaru setiap waktunya. Laporan ini akan menjadi kunci untuk menagih piutang tepat waktu, di mana konsumen yang selalu ditagih memiliki kecenderungan untuk membayar lebih cepat, dibandingkan yang tidak pernah ditagih. Semakin cepat penagihan piutang ke konsumen, maka semakin sehat arus kas perusahaan kamu.
  2. Menambah Umur Hutang
    Cara ini bisa dilakukan dengan mencoba melakukan negosiasi ulang dengan vendor. Jika perusahaan kamu mempunyai reputasi baik, besar kemungkinan, vendor akan mempertimbangkan untuk memberikan jangka waktu hutang yang lebih panjang. Jika hal itu tidak memungkinkan, maka kamu bisa juga mempertimbangkan untuk menggunakan Financing Bank, di mana pada waktu jatuh tempo, bank akan secara otomatis membayar hutang perusahaan kamu ke vendor, dan kamu akan memiliki waktu untuk membayar hutang di hari lain, sesuai perjanjian dengan Financing Bank, dengan dikenakan bunga yang rendah.
  3. Mengurangi Umur Persediaan
    Jual barang yang laku di pasaran, untuk mengetahui barang mana yang laku dijual. Kamu harus memiliki laporan stok barang atau persediaan. Jika, persediaan di gudang sudah terlalu banyak dan tidak mengalami pergerakan, kamu bisa memberikan diskon atau promosi lain yang menarik konsumen. Selain itu, kamu juga dapat mem-bundling produk yang laku dengan yang kurang laku dijual di pasaran. Hal ini dapat menarik konsumen untuk membelinya dan produk yang terlalu lama berada di gudang pun akan mengalami pergerakan sedikit demi sedikit.
Itulah beberapa cara untuk menambah arus kas perusahaan kamu. Dengan memiliki laporan arus kas yang baik, secara otomatis kamu akan dapat mempertahankan kesehatan kondisi keuangan perusahaan, dan bisnis kamu pun akan dapat terus berkembang dengan optimal. 

Kalau kamu punya permasalahan terkait keuangan dan manajemen keuangan. FR Consultant Indonesia bisa membantu kamu untuk menangani permasalahan tersebut.


FR Consultant Indonesia, Solusi Pembuatan Laporan Keuangan dan Laporan Pajak Perusahaan dan Pribadi Hubungi 0813-8228-9991.

0 Response to "Tips Meningkatkan Arus Kas Perusahaan"

Post a Comment

Harap Berkomentar sesuai dengan tema artikel, Diluar Tema artikel akan dihapus. Terima Kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel