Pembukuan UKM

Pembukuan UKM sangat dibutuhkan oleh para pelaku usaha kecil dan menengah di Indonesia. Hal ini terkait kebiasaan dari para ukm itu sendiri yang kurang peduli dengan laporan keuangan usahanya. Padahal catatan dari setiap transaksi keuangan (bukti penggunaan uang) yang dirangkum di dalam laporan keuangan akan memberikan informasi yang signifikan terhadap penggunaan uang di dalam bisnis.

Beratnya Melakukan Pembukuan?

pembukuan-ukm
Pembukuan UKM
Hal ini disebabkan karena pada saat merintis usaha para pelaku usaha kecil dan menengah melakukan semua kegiatan bisnisnya seorang diri, tidak ada karyawan sehingga mereka lebih fokus kepada peningkatan penjualan. Apakah hal tersebut salah, tentu saja tidak.

Namun alangkah indahnya jika para pelaku usaha kecil dan menengah di Indonesia mulai melakukan kegiatan pencatatan atas transaksi keuangan dengan cara sebagai berikut :
  1. Sediakan Box dengan nama masing-masing jenis pengeluaran
  2. Setiap transaksi keuangan yang terjadi, harus memiliki nota dan dimasukan ke dalam masing -masing box yang telah disediakan sesuai jenis penggunaan uangnya.
  3. seminggu sekali lakukan perhitungan sudah berapa banyak total penggunaan uang dimasing-masing box tersebut.
  4. Bikin catatan di excel untuk setiap total box.
  5. Pada akhir bulan anda akan memperoleh total penggunaan uang selama 1 bulan untuk setiap box.
dari langkah diatas anda telah melakukan pembukuan ukm dengan sederhana sehingga anda dapat memperoleh penggunaan untuk apa. kemudian dari data tersebut anda dapat melakukan analisa untuk cara melakukan efisiensi biaya yang dikeluarkan untuk bulan berikutnya.

Selamat Mencoba!

0 Response to "Pembukuan UKM"

Post a Comment

Harap Berkomentar sesuai dengan tema artikel, Diluar Tema artikel akan dihapus. Terima Kasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel