Manfaat Jasa Pajak serta Bidang Tugas yang Dilakoninya - Tips dan Trik Belajar Pembukuan dan Belajar Pajak
Friday, 21 September 2018

Manfaat Jasa Pajak serta Bidang Tugas yang Dilakoninya


Manfaat Jasa Pajak serta Bidang Tugas yang Dilakoninya

Dewasa ini, jasa pajak kian banyak bertumbuh di Indonesia. Banyaknya jasa pajak tentunya akan membantu kita dalam mempelajari dan membuat laporan seputar pajak. Selain itu, adanya jasa konsultasi pajak juga akan memberi sejumlah manfaat bagi kita selaku wajib pajak.
Manfaat Jasa Pajak serta Bidang Tugas yang Dilakoninya
Manfaat Jasa Pajak serta Bidang Tugas yang Dilakoninya
Di artikel kali ini, akan kami bahas beberapa manfaat yang kita dapat selaku wajib pajak jika memakai jasa pajak. Tak hanya manfaat, artikel kali ini juga akan memberi informasi seputar bidang tugas apa saja yang biasanya dilakukan oleh penyedia jasa yang berkaitan dengan pajak ini. Hal ini perlu diketahui agar kita bisa mengetahui apa saja tugas-tugas mereka, sehingga kita bisa memakai jasa mereka sesuai dengan tugas yang mereka lakoni. Adapun pembahasan tersebut bisa disimak sebagaimana berikut ini!

Manfaat Menggunakan Jasa Pajak

1. Membantu Segala Keperluan Wajib Pajak Soal Pajak

Peran pertama jasa pajak adalah membantu wajib pajak dalam seegala keperluan pajaknya. Adapun keperluan yang bisa dibantu antara lain: mengurus dan menyiapkan dokumen pajak; menghitung pajak; dan melaporkan pajak ke Ditjen Pajak. Hal ini tentu saja sangat memudahkan wajib pajak, terutama wajib pajak yang tidak cukup waktu untuk mengurus pajaknya sendiri.

2. Membantu Wajib Pajak Terhindar dari Kesalahan Perhitungan dan Pelaporan Pajak

Selain tak cukup waktu untuk mengurus pajak, wajib pajak juga seringkali bermasalah dalam soal perhitungan pajak, apalagi jika mereka melakukannya sendirian. Saat mencoba menghitung pajak mereka sendiri, biasanya perhitungan mereka tidak terlalu tepat. Hal ini tentu akan berpengaruh pada laporan pajak yang akan mereka laporkan.

Untuk menghindari hal tersebut, kita selaku wajib pajak bisa menggunakan jasa konsultasi pajak. Orang-orang yang membuka jasa konsultasi pajak biasanya adalah orang-orang yang sudah ahli dan berpengalaman Oleh karenanya, mereka pun mampu melakukan perhitungan pajak yang baik dan juga akurat. Dengan menggunakan jasa mereka, maka kita pun dapat terhindar dari perhitungan pajak yang salah dan akan memengaruhi laporan pajak yang akan kita setorkan nanti.

3. Wajib Pajak akan Mendapat Pendampingan dari Ahlinya

Seperti yang disebutkan di poin sebelumnya, kalau orang yang membuka jasa konsultasi pajak adalah orang-orang yang hali dan berpengalaman. Orang-orang tersebut nantinya tak hanya membantu kita dalam mengurusi soal pajak saja. Mereka pun juga akan mendampingi kita, terutama saat proses pemeriksaan pajak. Dengan begitu, kita akan lebih mudah saat menjalan proses pemeriksaan pajak, mulai dari fase sebelum emeriksaan, hingga fase pemeriksaan selesai.

4. Dapat Belajar Pajak dari Para Ahlinya

Di beberapa jasa pajak tertentu, biasanya mereka membuka layanan pelatihan yang berkenaan dengan pajak. Misalnya: pelatihan pembukuan pajak, pelatihan perhitungan pajak, dan sejenisnya. Pelatihan-pelatihan tersebut biasanya diisi oleh mereka yang sudah ahli di bidangnya. Maka dari itu, tidak ada salahnya jika nanti kita mengikuti layanan pelatihan tersebut. Pasalnya, kita bisa belajar langsung soal pajak pada ahlinya, dan kita pun akan mendapat ilmu serta keterampilan baru yang berkenaan dengan dunia pajak.

5. Urusan Pajak Lebih Cepat Terselesaikan

Karena diisi oleh orang-orang yang kompeten, maka penyedia jasa pajak pun bisa menyelesaikan urusan pajak kita dengan lebih cepat. Dengan begitu, kita pun tak perlu membuang-buang waktu untuk mengurusi segala tetek bengek soal perpajakan.

6. Membantu Wajib Pajak untuk Melakukan Tax Planning

Selain membantu mengurusi segala urusan pajak, penyedia jasa pajak juga bisa membantu dalam melakukan tax planning untuk wajib pajak, terutama wajib pajak yang mempunyai suatu perusahaan.
Tax planning sendiri merupakan perencanaan yang dilakukan oleh wajib pajak yang disusun agar pajak yang dibayar mereka menjadi lebih kecil tanpa harus melanggar hukum perpajakan. Tax planning sendiri sangat dibutuhkan pihak perusahaan, supaya kedepannya mereka bisa membayar pajak dalam jumlah yang minimal tanpa dituduh melanggar hukum perpajakan negara.

7. Membuat Kita Fokus dengan Pekerjaan atau Bisnis Kita

Karena segala urusan pajak sudah dilakukan oleh penyedia jasa, maka kita pun tidak perlu terlalu repot mengurusi tetek bengek soal pajak. Dengan begitu, kita pun bisa fokus dengan pekerjaan yang kita lakoni ataupun bisnis yang tengah kita kelola.

Bidang Tugas Yang Biasa Dilakoni Penyedia Jasa Pajak

1. Konsultasi

Tugas ini merupakan tugas utama dari para penyedia jasa pajak. Hal-hal yang bisa dikonsultasikan tentu saja yang berkenaan soal dunia pajak, seperti pembukuan, membuat laporan pajak, perhitungan pajak, dan lain sebagainya. Selain itu, konsultan pajak juga bisa membantu wajib pajak jika sedang mengalami suatu kendala, seperti kena PHK, atau terkena kasus sengketa pajak.

2. Mendampingi Wajib Pajak

Selain memberikan konsultasi soal pajak, penyedia jasa pajak juga mempunyai tugas untuk mendampingi wajib pajak. Mereka biasanya mendampingi wajib pajak untuk menjalankan kewajiban mereka. Misalnya: memberikan pendampingan saat wajib pajak mengisi dan melaporkan SPT tahunan mereka ke pihak Dirjen Pajak.

Demikianlah penjelasan mengenai fungsi dan bidang tugas dari sebuah penyedia jas pajak. Dengan mengetahui tugas dan manfaatnya, diharapkan kita selaku wajib pajak tidak lagi ragu untuk meminta penyedia jasa pajak untuk mengurusi segala urusan pajak kita. Penyedia jasa pajak sendiri bisa kita temui dengan mudah di internet. Kita tinggal memilih salah satunya saja yang mungkin bisa kita percaya dan juga bisa diandalkan.

Jadi, sudah siapkah Anda memakai jasa pajak?



Manfaat Jasa Pajak serta Bidang Tugas yang Dilakoninya Reviewed by FR Consultant Indonesia on September 21, 2018 Rating: 5 Manfaat Jasa Pajak serta Bidang Tugas yang Dilakoninya Dewasa ini, jasa pajak kian banyak bertumbuh di Indonesia. Banyaknya jasa pajak ...

No comments:

Harap Berkomentar sesuai dengan tema artikel, Diluar Tema artikel akan dihapus. Terima Kasih