6 Tips Mudah untuk Belajar Pajak - Tips dan Trik Belajar Pembukuan dan Belajar Pajak
Friday, 14 September 2018

6 Tips Mudah untuk Belajar Pajak



Beberapa Tips Mudah untuk Belajar Pajak

belajar-pajak
Beberapa tips mudah untuk belajar pajak
Menurut kbbi.web.id, pajak didefinisikan sebagai pungutan wajib berupa uang yang harus dibayar oleh penduduk sebagai sumbangan wajib kepada negara. Uang yang kita sumbangkan ke negara tersebut nantinya akan dikelola oleh negara untuk membangun infrastruktur negara. Oleh karenanya, kita selaku warga negara harus sadar akan pentingnya pajak dan punya keinginan untuk belajar pajak.

Meskipun setiap warga negara tahu wajibnya pajak, namun tak semua warga negara mau belajar seluk beluk pajak. Hal ini dikarenakan banyak yang menganggap kalau pajak adalah suatu hal yang begitu rumit. Padahal, pajak bisa dipahami dengan mudah jika kita tahu bagaimana tips dan trik untuk mempelajarinya.

Di artikel ini, kami akan memberikan sejumlah tips bagi Anda yang ingin belajar pajak. Adapun beberapa tips belajar pajak yang dimaksud bisa disimak sebagaimana berikut ini!

1. Pelajarilah Pengetahuan Dasar Soal Pajak Terlebih Dahulu

Tips belajar pajak yang pertama adalah mempelajari terlebih dahulu pengetahuan dasar soal pajak. Adapun beberapa pengetahuan dasar soal pajak yang harus dipelajari, antara lain Ketentuan Umum Perpajakan (KUP); Pajak Penghasilan (PPh); Pajak Pertambahan Nilai (PPN); Pajak Bumi Bangunan (PBB); dan Bea Materai.

Semua pengetahuan dasar tersebut bisa Anda cari di buku-buku soal perpajakan. Bila ingin lebih praktis, Anda tinggal mengunjungi situs resmi milik Dinas Perpajakan. Agar lebih lengkap, Anda juga harus membaca dan mengetahui undang-undang yang berkaitan dengan dunia perpajakan.

2. Mengetahui Istilah-istilah dalam Dunia Perpajakan

Selain pengetahuan dasar, beberapa istilah dalam dunia perpajakan juga harus Anda ketahui. Hal ini dikarenakan istilah-istilah tersebut akan Anda ketahui saat mempelajari dan membayar setoran pajak. Adapun istilah-istilah pajak tersebut antara lain: wajib pajak; Penghasilan Kena Pajak (PKP); Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP); Masa Pajak; Pajak Terutang; Surat Pemberitahuan; dan Surat Setoran Pajak. Sama seperti beberapa pengetahuan dasar soal pajak, istilah-istilah tersebut bisa Anda cari di buku atau juga di berbagai artikel yang Anda temukan di Google.

3. Mengikuti Forum Diskusi Seputar Pajak yang Ada di Milis

Dewasa ini, forum diskusi soal pajak terbilang cukup banyak, terutama yang ada di milis. Jika Anda mengikuti forum-forum soal pajak yang ada di milis, maka Anda akan mendapat sejumlah keuntungan. Selain mendapat wawasan baru soal pajak, Anda juga bisa melakukan diskusi dengan beberapa ahli tanpa harus repot-repot bertatap muka secara langsung.

Forum-forum milis seputar pajak sendiri bisa Anda temui di berbagai platform, seperti Yahoo Group ataupun di Google. Saat mengikuti forum-forum tersebut, Anda sebaiknya jangan hanya menyimak saja. Sebisa mungkin, Anda juga terlibat aktif di sana, entah itu dengan bertanya atau jika perlu ikut memberi informasi terbaru soal pajak.

4. Mengunjungi Blog atau Situs yang Berisi Konten Soal Pajak

Selain mengikuti forum di milis, Anda juga bisa mengunjungi blog atau situs yang menampilkan konten soal pajak. Beberapa blog atau situs tersebut bisa Anda cari di laman pencarian Google. Adapun salah satu blog atau situs yang direkomendasikan adalah situs resmi Dirjen Pajak atau www.pajak.go.id. Di sana, Anda akan menemukan beberapa konten artikel soal pajak, seperti PPh dan juga PPN. Tak hanya itu saja, situs tersebut juga menyediaakan informasi soal beberapa layanan pajak yang disediakan oleh Dirjen Pajak.

5. Menyewa Jasa Konsultan Pajak

Jika Anda punya dana lebih, maka Anda bisa menyewa jasa konsultan pajak untuk belajar pajak. Lewat konsultan pajak, Anda akan mempelajari pajak secara mendalam. Tak hanya itu, jasa konsultan pajak juga akan membantu Anda dalam menyusun laporan pajak yang akan Anda setorkan nanti ke pihak Dirjen Pajak.

Bahkan, di beberapa jasa konsultan pajak tertentu, Anda juga akan mendapat penawaran layanan kelaspelatihan. Kelas pelatihan sendiri bisa Anda ambil. Pasalnya, lewat kelas pelatihan, Anda akan belajar bagaimana melakukan pembukuan soal pajak, terutama jika Anda adalah seorang pengusaha UMKM. Jasa konsultan pajak sendiri sekarang sudah terbilang cukup banyak dan Anda bisa mencarinya di mesin pencarian Google.



6. Membeli dan Menggunakan Perangkat Lunak Khusus Perpajakan

Tips terakhir untuk Anda yang akan belajar pajak adalah membeli dan mengunduh perangkat lunak (software) yang berkenaan soal perpajakan. Perangkat lunak soal perpajakan sendiri bisa Anda temui di berbagai toko perangkat lunak, baik itu yang luring (offline) maupun daring (online). Sayangnya, perangkat lunak tersebut terhitung tidak murah harganya. Kendati demikian, Anda tidak akan merasa rugi karena sejumlah keuntungan yang akan Anda dapatkan nanti.

Dengan menggunakan perangkat lunak soal pajak, Anda akan dimudahkan untuk mencari peraturan soal pajak yang berhubungan soal pengetahuan pajak yang ingin Anda pelajari. Misalnya, jika Anda sedang ingin mempelajari soal Pajak Bumi Bangunan (PBB), maka Anda tinggal mencarinya di perangkat lunak yang telah Anda pasang dan perangkat lunak tersebut akan mencarikannya untuk Anda.

Peraturan-peraturan pajak yang ada di perangkat lunak juga akan selalu diperbarui tiap waktunya. Biasanya, pembaruan peraturan pajak di dalam perangkat lunak dilakukan selama 2 atau 3 bulan sekali melalui CD yang dikirimkan dari perusahaan perangkat lunak kepada Anda. CD tersebut nantinya harus Anda install agar peraturan pajak di perangkat lunak Anda bisa diperbarui.

Demikianlah beberapa tips yang bisa Anda pakai jika ingin belajar pajak. Dengan mempraktikan tips-tips di atas, maka Anda akan lebih mudah mempelajari soal pajak dan tidak lagi menganggap pajak sebagai suatu hal yang merumitkan pikiran Anda. Jadi, siapkah Anda untuk belajar soal pajak?

6 Tips Mudah untuk Belajar Pajak Reviewed by FR Consultant Indonesia on September 14, 2018 Rating: 5 Beberapa Tips Mudah untuk Belajar Pajak Beberapa tips mudah untuk belajar pajak

No comments:

Harap Berkomentar sesuai dengan tema artikel, Diluar Tema artikel akan dihapus. Terima Kasih