100% Aplikasi Keuangan Untuk Usaha Kecil Menengah, Pentingkah? - Tips dan Trik Belajar Pembukuan dan Belajar Pajak
Tuesday, 18 September 2018

100% Aplikasi Keuangan Untuk Usaha Kecil Menengah, Pentingkah?


Aplikasi Keuangan Untuk Usaha Kecil Menengah, Pentingkah?

aplikasi-keuangan-untuk-usaha-kecil-menengah-pentingkah
Aplikasi Keuangan untuk usaha kecil menengah, pentingkah?
Perkembangan teknologi kini semakin memudahkan setiap pelaku usaha dalam mengembangkan bisnis atau usahanya. Hal ini kemudian dirasakan dampaknya oleh pelaku UKM dalam rangka mengurus keuangan perusahaan. Dalam mengatur keuangan usaha atau bisnis, tidak hanya peran managemen keuangan yang tampak berperan. Namun juga bagian rekapan dan penyajian data keuangan. Jika jaman dahulu saat Anda ingin mengurus masalah keuangan perusahaan membutuhkan tenaga kerja langsung dari orangnya dan dilakukan secara manual, sekarang ini sudah bisa memanfaatkan aplikasi keuangan. Sehingga, hal ini dapat memudahkan pekerjaan Anda dan hasilnya sudah dipastikan tepat dan akurat.
Meski sudah terbukti mampu meringankan pekerjaan terutama bagian keuangan, namun masih banyak saja para pelaku bisnis yang merasa cara ini tidak bekerja secara efektif. Sebenarnya tidak salah juga jika Anda memang ingin akuntan langsung yang menyusun laporan keuangan. Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwa biaya untuk menyewa jasa akuntan yang melakukan perhitungan keuangan secara manual pastinya lebih mahal. Belum lagi, untuk masalah perhitungan manual ini seringkali terjadi human error dalam masalah perhitungan.

Karena, jika perhitungan salah hal ini akan berpengaruh langsung dalam hal penentuan laba dan rugi. Dalam urusan bisnis, banyak pihak yang sangat mencegah hal ini terjadi. Kesimpulannya, jika UKM memperoleh keuntungan maka dana yang diperoleh bisa dikembangkan untuk usaha lain. Akan tetapi, jika memang akuntan memberi informasi bahwa bisnis mengalami kerugian pelaku bisnis akan mencari hutang dari pihak lain jika memang membutuhkan dana cepat. Untuk lebih rinci, berikut ini akan dipaparkan apa saja keunggulan penggunaan aplikasi keuangan yang akan Anda dapatkan.

Manfaat Aplikasi Keuangan Yang Harus Pelaku Usaha Ketahui

Hemat Waktu

Sering Anda temui, di setiap perusahaan atau sebatas usaha menengah di akhir bulan apalagi di akhir tahun para karyawannya selalu dikejar oleh deadline. Hal ini lebih sering dirasakan oleh mereka yang diberikan tanggung jawab dalam hal keuangan. Pulang kantor harus selalu lenbur karena waktu yang dibutuhkan lebih banyak dari biasanya. Dengan Anda menggunakan aplikasi keuangan ini, pasti pelaku usaha yang bersangkutan akan lebih cepat dalam memperoleh hasil perhitungan keuangan. Selain itu, laporan keuangan yang di update pun bisa lebih cepat yang berguna untuk para investor dalam menilai kinerja keuangan usaha Anda. Perbandingan penyusunan laporan keuangan dengan menggunakan aplikasi dan manual adalah bisa mencapai waktu lebih dari seminggu.

Terhindari Dari Kesalahan

Setiap manusia pasti pernah dan seringkali melakukan kesalahan, terutama dalam hal perhitungan. Belum lagi hal ini dilakukan pada waktu kelelahan dan waktu yang tidak tepat, risiko kesalahan menjadi semakin besar. Dalam pengerjaan laporan keuangan, coba untuk tidak terlalu banyak tangan yang mengurus masalah ini. Karena, cukup satu orang saja meski hasilnya lebih lama jika diselesaikan oleh banyak orang. Aplikasi keuangan kini hadir untuk menjawab beberapa permasalah tersebut. Yaitu untuk menghindari risiko kesalahan karena sudah dirancang sedemikian mungkin. Dengan begitu, risiko kesalahan yang mungkin terjadi pun sudah mampu diminimalisir.

Manajemen Keuangan Semakin Mudah

Tidak hanya bisa membantu pekerjaan managemen keuangan secara umum, namun secara langsung dengan menggunakan aplikasi keuangan ini dapat meminimalisir pihak managemen keuangan suatu usaha atau UKM. Kondisi keuangan juga menjadi semakin stabil dan UKM dapat menentukan berapa besar keuntungan dan pengeluaran yang mungkin diperoleh oleh usaha.
Aset Bisnis Dapat Terjaga

Mengapa aset bisnis perlu dijaga? Jawabannya karena semua kekayaan bisnis yang usaha Anda miliki bisa tercatat secara otomatis di aplikasi keuangan. Jika pencatatan secara manual mungkin terjadi kehilangan dokumen, Anda tidak bisa menghadapi masalah ini. Namun, dengan tercatatnya di aplikasi keuangan Anda tidak perlu khawatir. Bahkan, pemilik aset bisa dengan mudah mengupdate informasi mengenai keadaan keuangan usaha mereka. Jika keberadaan aset sudah diketahui, akan lebih mudah pemilik aset dalam mengalokasikan aset yang mereka miliki sehingga rencana jangka panjang dapat disusun dari sekarang.

Dari beberapa keunggulan penggunaan aplikasi keuangan yang sudah dijelaskan di atas, mungkin akan sangat membantu Anda dalam menentukan apakah ingin segera menggunakan aplikasi tersebut dalam menyajikan laporan keuangan atau masih ingin menggunakan tenaga manusia secara manual.

Tips Memilih Aplikasi Keuangan Yang Kredibel

Jika Anda sudah berkeyakinan ingin menggunakan aplikasi keuangan dalam penyusuan dan penyajian laporan keuangan, kini saatnya Anda menentukan dimana baiknya memilih aplikasi tersebut yang sudah terpercaya. Pentingnya Anda menentukan keputusan dalam memilih aplikasi keuangan ini dapat berpengaruh pada banyak aspek. Mulai dari aspek keuangan, administrasi, hingga aktivitas perusahaan. Jika keputusan yang Anda ambil ini keliru, maka Anda harus siap menerima risiko yang mungkin terjadi beberapa tahun ke depan pada perusahaan Anda. Berikut ini beberapa ciri yang mungkin harus Anda lihat pada perusahaan yang menyediakan aplikasi keuangan dan layak untuk Anda pilih:
ü  Memenuhi standar Indonesia. Anda harus memastikan bahwa aplikasi keuangan yang ditawarkan ini harus sudah memenuhi standar Indonesia. Karena, jika Anda menghitung laporan keuangan dengan menggunakan aplikasi keuangan yang tidak terdaftar, maka akan berpegaruh pada hasil laporan yang disajikan nantinya.

ü  Pilih laporan keuangan yang sesuai dengan kebutuhan keuangan usaha Anda.

ü  Aplikasi yang sudah menggunakan bahasa pemograman yang update.

ü  Harga yang ditawarkan. Pastikan Anda menyeleksi perusahaan yang menawarkan aplikasi keuangan ini dengan kisaran harga pasaran.

Berikut ini merupakan perusahaan yang menawarkan aplikasi keuangan yang bisa Anda pilih. Untuk bertanya-tanya terlebih dahulu Anda bisa langsung menghubungi email ke info@frconsultantindonesia.com atau melalui website https://frconsultantindonesia.com. Jika Anda memiliki pertanyaan dan keingintahuan mengenai kemampuan para akuntan, bisa menghubungi juga Contact Person di nomor Whatsapp atau telp 081382289991. Alamat kantor yang bisa Anda kunjungi langsung yaitu Jalan Haji Martan No 68 Kelapa Dua Depok.


100% Aplikasi Keuangan Untuk Usaha Kecil Menengah, Pentingkah? Reviewed by FR Consultant Indonesia on September 18, 2018 Rating: 5 Aplikasi Keuangan Untuk Usaha Kecil Menengah, Pentingkah? Aplikasi Keuangan untuk usaha kecil menengah, pentingkah? Perkembangan ...

No comments:

Harap Berkomentar sesuai dengan tema artikel, Diluar Tema artikel akan dihapus. Terima Kasih