Metode Akuntansi Berbasis Kas dan Akrual - Tips dan Trik Belajar Pembukuan dan Belajar Pajak
Wednesday, 15 August 2018

Metode Akuntansi Berbasis Kas dan Akrual

Kelas Pembukuan dan Pajak - 17

Perbedaan Motode Akuntansi Berbasis Kas dan Akrual Yang Wajib Kamu Ketahui

Perbedaan Metode Akuntansi Kas dan Akrual
Memutuskan untuk menggunakan metode akuntansi berbasis kas atau akrual adalah salah satu pilihan yang harus Anda buat dan akan memiliki dampak terhadap pajak perusahaan yang harus dibayarkan. Sebelum memutuskan apakah harus menggunakan metode berbasis kas atau akrual sebagai pemilik perusahaan, Anda harus mengetahui pengertian dari metode akuntansi berbasis kas dan akrual, pro dan kontra di seputar penggunaan dua metode tersebut, dan apa saja masing-masing kekurangan dan kelemahannya seperti yang dijelaskan di bawah ini.

Baik kas dan akrual berhubungan dengan tanggal ketika suatu perusahaan harus mencatat pendapatan dalam catatan akuntansi mereka, tetapi apa artinya?

a. Metode Dasar Tunai (Kas)


Dengan metode dasar tunai, pendapatan untuk bisnis dicatat ketika pembayaran tiba dan pengeluaran bisnis dicatat saat mereka dibayar. Uang tunai mengabaikan piutang atau utang apa pun, yaitu tagihan atau pembayaran yang belum dilunasi. Metode ini intuitif dan mudah diterapkan.

b. Metode Akrual


Metode akrual mencatat uang ketika ditagih dan diperoleh, terlepas dari kapan uang benar-benar masuk ke akun Anda. Ini berarti Anda mungkin harus mencatat pendapatan sebelum Anda benar-benar menerima uang secara fisik. Metode ini sedikit lebih bernuansa tetapi sangat bagus untuk memberikan pandangan holistik keuangan perusahaan Anda.

Untuk lebih memahami perbedaan antara uang tunai dan akrual, mari kita lihat contoh di bawah ini.
Contoh:

Anda menagih klien sebesar Rp100.000.000, pada tanggal 15 Agustus 2018. Klien memiliki 30 hari untuk membayar faktur dan akhirnya membayar pada tanggal 14 September 2018. Anda menerima uang di akun Anda pada tanggal 14 September 2018. Apakah Anda mencatat pendapatan pada bulan Agustus atau September 2018?

Jawaban:
Dengan metode uang tunai, Anda akan mencatat Rp 100.000.000, dalam buku-buku bulan 14 September 2018, karena ini adalah saat klien membayar.
Berdasarkan metode akrual, Anda akan mencatat Rp 100.000.000, dalam buku-buku 15 Agustus 2018, karena ini adalah saat transaksi terjadi.


Pro dan Kontra Metode Akuntansi Kas & Akrual
pro-kontra-motode-akuntansi-kas-dan-akrual
Pro Kontra Metode Akuntansi Kas dan Akrual
Metode berbasis kas adalah pilihan populer untuk bisnis kecil, terutama karena mudah digunakan dan mudah dikelola. Ini intuitif karena ini adalah rekaman waktu nyata ketika uang masuk dan keluar dari rekening bank Anda. Salah satu kerugian menggunakan metode  berbasis kas akuntansi adalah bahwa hal itu dapat menghasilkan gambaran yang tidak akurat tentang arus kas jangka panjang perusahaan Anda karena banyak klien dan perusahaan yang membutuhkan waktu satu bulan atau lebih untuk pembayaran sepenuhnya piutang sepenuhnya.

Dengan menggunakan metode akuntansi berbasis kas Anda mungkin salah mengartikan dengan berpikir bahwa Anda memiliki volume besar pendapatan untuk bulan ini ketika sebenarnya arus kas adalah perolehan hasil dari pekerjaan bulan lalu.

Pilihan lainnya, metode akrual, adalah pilihan populer untuk banyak perusahaan menengah hingga besar yang menjelaskan mengapa sering disebut sebagai metode akuntansi tradisional. 

Metode akrual bagus karena menyediakan gambaran menyeluruh tentang bagaimana bisnis bekerja pada suatu titik waktu tertentu, dan kemana akan menuju di masa depan.

Kekurangan metode akrual adalah tidak memperhitungkan dana akun yang sebenarnya tersedia di akun Anda. Ini mencatat semua utang dan piutang, namun terkadang tidak menunjukkan saldo bank yang Anda miliki pada saat itu. Meskipun laporan laba rugi Anda mungkin menunjukkan sejumlah besar pendapatan, saldo rekening bank Anda mungkin benar-benar kosong pada saat itu.

Jadi Metode Mana yang Lebih Baik?

Adalah umum bahwa bisnis memulai dengan metode akuntansi berbasis kas karena kesederhanaannya, dan kemudian beralih ke metode akrual ketika mereka tumbuh, karena memungkinkan analisis lebih mendalam terhadap keuangan bisnis. Dalam banyak kasus, perusahaan dipaksa untuk beralih dari metode berbasis kas menjadi akrual karena berubah dari pedagang tunggal menjadi perusahaan terbatas, atau karena meningkatnya omzet tahunan.


Metode Akuntansi Berbasis Kas dan Akrual Reviewed by FR Consultant Indonesia on August 15, 2018 Rating: 5 Kelas Pembukuan dan Pajak - 17 Perbedaan Motode Akuntansi Berbasis Kas dan Akrual Yang Wajib Kamu Ketahui Perbedaan Metode Akuntans...

No comments:

Harap Berkomentar sesuai dengan tema artikel, Diluar Tema artikel akan dihapus. Terima Kasih