Mengantisipasi Kebocoran Kas Di Usaha - Tips dan Trik Belajar Pembukuan dan Belajar Pajak
Tuesday, 28 August 2018

Mengantisipasi Kebocoran Kas Di Usaha

Kelas Pembukuan dan Pajak - 020

Petty Cash menunjang kamu dalam mengelola dan mengontrol penggunaan uang secara tunai untuk keperluan usaha.

prosedur-petty-cash
Prosedur Petty Cash
Setelah di artikel sebelumnya membahas metode petty cash dan contoh penerapan petty cash sekarang jika dirasa kas kamu masih mengalami kebocoran maka sebaiknya mulai melakukan pemeriksaan dengan cara :
  1. Lakukan cash opname setiap hari, biasanya sebelum memulai aktivitas kamu harus melakukan cash opname untuk mengetahui jumlah awal uang kas kamu. 
  2. Setiap nota-nota atau bon transaksi disimpan sesuai tanggal dan dilakukan rekap sesuai dengan format excel yang sebelumnya kita bahas. 
    transaksi-pengeluaran-uang-petty-cash-harus-disertai-nota-atau-bon
    Transaksi yang pengeluaran harus disertai dengan bon atau nota transaksi
  3. Lakukan cash opname sebelum aktivitas kantor berakhir tujuannya agar nilai saldo akhir petty cash yang tercatat di excel petty cash kamu telah sesuai dengan nilai uang yang ada dibrankas kas kamu.
  4. Lakukan prosedur itu operasional itu setiap hari tanpa terkecuali. Hal ini untuk menghindari terjadinya penyalahgunaan petty cash.
  5. Prosedur perhitungan petty cash itu baik diawal atau diakhir harus kamu awasi secara langsung, dan kamu tanda tangani bukti perhitungan itu sebagai dasar bahwa prosedur internal kontrol petty cash telah dilakukan.
Demikianlah proses prosedur petty cash untuk mengantisipasi kebocoran kas di usaha, semoga artikel ini bisa memberikan kamu solusi atas kebocoran yang terjadi di kas kamu.

Membutuhkan jasa konsultasi keuangan dan pajak

0813-8228-9991

Mengantisipasi Kebocoran Kas Di Usaha Reviewed by FR Consultant Indonesia on August 28, 2018 Rating: 5 Kelas Pembukuan dan Pajak - 020 Petty Cash menunjang kamu dalam mengelola dan mengontrol penggunaan uang secara tunai untuk keperluan usa...

No comments:

Harap Berkomentar sesuai dengan tema artikel, Diluar Tema artikel akan dihapus. Terima Kasih