Contoh Penerapan Petty Cash Atau Kas Kecil Di Usaha - Tips dan Trik Belajar Pembukuan dan Belajar Pajak
Sunday, 26 August 2018

Contoh Penerapan Petty Cash Atau Kas Kecil Di Usaha

Kelas Pembukuan dan Pajak - 019

Di artikel sebelumnya mengenai penerapan petty cash (Kas Kecil) di dalam usaha telah dijelaskan tujuan dan manfaat adanya petty cash di dalam bisnis kamu. Bagi yang belum membaca silahkan dibaca lagi deh artikelnya biar saat di contoh soal mengenai petty cash kamu dapat memahaminya.

contoh-penerapan-petty-cash-di-usaha
Contoh Penerapan Petty Cash di Usaha

Baik mari kita mulai contoh penerapan petty cash atau kas kecil di usaha

Sebagai contoh ada PT. Sturbug Depok bergerak dibidang food & beverage minuman coklat hangat yang berlokasi di depok, jawa barat. Untuk menunjang kegiatan operasional toko retailnya kepala accounting menerapkan petty cash dengan metode tetap (imprest Fund System) sebesar Rp 5.000.000.

Metode Tetap (Imprest Fund System) adalah metode pembukuan kas kecil di mana rekening kas kecil jumlahnya selalu tetap. Setiap pengeluaran kas terjadi, pemegang petty cash tidak serta merta langsung mencatatnya, tetapi hanya sekedar mengumpulkan bukti transaksi pengeluarannya.
Petty-Cash-Contoh-Kasus
Format Contoh Penggunaan Petty Cash
Dengan data transaksi diatas maka jurnal yang terjadi adalah hanya untuk transaksi transfer uang untuk petty cash saja.

Tanggal
Keterangan
Debet
Kredit
01 Agustus 2018
Petty Cash
5.000.000


Kas Besar

5000.000

Sedangkan jurnal untuk transaksi penggunaan uang atas petty cash akan dijurnal pada saat diajukan kembali saldo petty cash. Demikianlah proses penggunaan petty cash.
Contoh Penerapan Petty Cash Atau Kas Kecil Di Usaha Reviewed by FR Consultant Indonesia on August 26, 2018 Rating: 5 Kelas Pembukuan dan Pajak - 019 Di artikel sebelumnya mengenai penerapan petty cash (Kas Kecil) di dalam usaha  telah dijelaskan tujuan d...

No comments:

Harap Berkomentar sesuai dengan tema artikel, Diluar Tema artikel akan dihapus. Terima Kasih