Belajar Piutang Usaha - Tips dan Trik Belajar Pembukuan dan Belajar Pajak
Thursday, 30 August 2018

Belajar Piutang Usaha

Kelas Pembukuan dan Pajak - 022 Belajar Piutang Usaha

Piutang usaha adalah sebuah nilai yang terjadi dikarenakan penjualan yang kamu lakukan tidak langsung dibayar tunai oleh pelanggan. Karena butuh waktu dalam pencairan dan pelunasan atas penjualan tersebut maka disebut sebagai piutang usaha.

belajar-piutang-usaha
Belajar Piutang Usaha

Bagaimana perlakuan piutang usaha di dalam bisnis?

Salah satu unsur likuiditas adalah piutang usaha disamping ada kas, bank, persediaan, dan lain-lain, tau kenapa? karena proses likuiditas itu menunjukan sebesar besar nilai asset perusahaan yang dapat langsung cair dengan waktu yang singkat.

Piutang usaha biasanya memiliki masa waktu pencairan sekitar 1 bulan, memang ada juga perusahaan yang menetapkan pembayaran atas tagihan selama 90 hari. wow lama sekali, memang itu ada disalah satu perusahaan besar dikawasan jakarta selatan. Dia menetapkan jangka waktu pembayaran selama 90 hari dengan konsekuensi harga yang ditawarkan oleh vendor tidak akan ditawar :) Tapi ya kamu siap-siap aja mengatur cash flow perusahaan mu selama 90 hari :)

Setelah kamu mengetahui piutang usaha itu seperti apa, selanjutnya mengapa piutang usaha ini harus ada?

  1. Pernahkah kamu membayangkan jika kamu hanya berjualan dengan konsep tunai, tanpa memberikan kredit kepada pelanggan mu apakah pelanggan mu akan meningkat?
  2. Dengan adanya sistem pembayaran kredit, kamu memberikan kesempatan kepada pembeli untuk mengelola cash flow mereka dan menumbuhkan bisnis mereka sehingga secara tidak langsung mereka akan selalu membeli produk dari kamu.
  3. Mampu membuat perusahaan mu bersaing di pasar yang semakin ketat ini, selain pemberian harga murah dan produk berkualitas serta layanan yang memuaskan. Maka pemberian jangka waktu pelunasan tagihan (Piutang Usaha) akan memberikan nilai lebih dimata pelanggan.
  4. Dengan memberikan jangka waktu pembayaran maka kamu bisa memberikan sebuah tambahan potongan harga jika pelanggan melunasi sebelum jatuh tempo.

Hal-Hal yang mesti kamu waspadai dalam memberikan piutang usaha?

  1. Pastikan kebijakan perusahaan kamu dalam memberikan jangka waktu pembayaran kepada pelanggan hanya untuk pelanggan yang sudah bertransaksi lebih dari nilai tertentu (yang sudah disepakati manajement).
  2. Pastikan data dan informasi mengenai customer harus lengkap, hal ini untuk menghindari kesulitan dalam penagihan tagihan.
  3. Tentukan jangka waktu pembayaran apakah N-7 (diberikan kelonggaran 7 hari) N-15, N-30, N-40 Dan seterusnya.
  4. Menentukan kebijakan jika pelanggan telah membayar dan melewati batasan waktu yang kemu tentukan. Karena hal ini akan berpengaruh terhadap proses penagihan dan pengakuan atas piutang yang tak tertagih tersebut.

Bagaimana jurnal yang diakui?

Proses pembuatan jurnal atas transaksi piutang usaha ini sebagai berikut :
Tanggal
Keterangan
Debit
Kredit
01 Agustus 2018
Menjual ATK ke PT ABC sebesar Rp 120 Juta Dibayar N-30







Piutang usaha
132.000.000


PPN Keluaran

12.000.000

Penjualan

120.000.000




02 Agustus 2018
Menjual ATK Ke PT. XYZ sebesar Rp 300 juta Dengan DP 50% sisanya Dibayar N-30







Bank
165.000.000


Piutang usaha
165.000.000


PPN Keluaran

30.000.000

Penjualan

300.000.000




Kamu bisa melihat dengan jurnal diatas maka kamu sudah bisa mengakui jurnal atas piutang usaha saat kamu menjual barang dan tentu saja hal ini berdampak kepada pengakuan pendapatan usaha kamu. Semoga saja kamu masih ingat dengan artikel cash basis vs accrual basis

Demikian belajar piutang usaha hari ini, kita akan bahas mengenai piutang usaha diartikel selanjutnya. Terima kasih

Belajar Piutang Usaha Reviewed by FR Consultant Indonesia on August 30, 2018 Rating: 5 Kelas Pembukuan dan Pajak - 022 Belajar Piutang Usaha Piutang usaha adalah sebuah nilai yang terjadi dikarenakan penjualan yang kamu laku...

No comments:

Harap Berkomentar sesuai dengan tema artikel, Diluar Tema artikel akan dihapus. Terima Kasih