Belajar Pembelian - Purchase Requisition - Tips dan Trik Belajar Pembukuan dan Belajar Pajak
Wednesday, 25 July 2018

Belajar Pembelian - Purchase Requisition

Kelas Pembukuan dan Pajak - 06 

Bagian pembelian berperan dalam memperoleh harga terbaik dari suatu produk.

Purchase Requisition Berguna Sebagai Dasar Pembuatan Purchase Order


Berbicara divisi pembelian tentu tidak terlepas dari fungsinya yaitu membeli barang. Proses pembelian ini menjadi tanggung jawab dari divisi pembelian untuk memperoleh :

  1. Barang dengan kualitas terbaik
  2. Harga yang kompetitif
  3. Waktu pembayaran yang fleksible
  4. Vendor yang berkualitas secara respon dan tanggung jawab
Menurut saya dengan 4 point diatas seorang purchasing akan memperoleh hasil yang memuaskan dalam memenuhi jumlah produk yang dibutuhkan perusahaan dengan harga yang sangat bersaing sehingga dapat membantu divisi marketing dalam menentukan sebuah harga jual kepada pelanggan dan calon pelanggan.

Proses Pembelian di Perusahaan

Purchase Requisition (Pengajuan Pembelian)

Untuk membuat pembelian ini menjadi terkontrol maka setiap karyawan di perusahaan tidak bisa seenaknya melakukan pembelian langsung ke vendor, untuk itu diperlukan yang namanya pengajuan pembelian (purchase requisition) yang diajukan oleh karyawan yang membutuhkan produk maupun non produk seperti atk, kendaraan dsb.

Dengan adanya purchase requirement ini maka perusahaan dapat melakukan kontrol :
  1. Tidak terjadinya kesepakatan harga diluar kendali perusahaan
  2. Perusahaan memiliki database vendor yang bisa dipercaya
  3. Perusahaan dapat melakukan negosiasi dalam penentuan harga beli
  4. Perusahaan dapat mengontrol produk atau non produk apa yang benar-benar dibutuhkan baik secara kualitas, kuantitas dan harganya untuk peningkatan efisiensi pengeluaran.

Lalu bagaimana perlakuan purchase requisition terhadap akuntansi

Di akuntansi pengajuan pembelian ini tidak memiliki pengaruh apa pun, dikarenakan proses ini masih dalam bentuk memo internal kepada bagian pembelian untuk mengajukan pembelian terhadap suatu produk.

Hanya saja PR (Purchase Requisition) ini memang harus diarsipkan oleh bagian purchasing sebagai dasar pengajuan PO (Purchase Order) kepada vendor agar pada saat melakukan proses pemeriksaan (Audit) dapat ditelusuri alasan terbitnya PO ini.

Secara Alur Akuntansi maka proses pembelian ini adalah sebagai berikut :

kelas-pembukuan-dan-pajak-06-belajar-pembelian-purchase-requisition
Flow sistem purchase requisition

Demikian proses pengajuan permintaan pembelian atas produk atau non produk yang dibutuhkan oleh perusahaan. namun apakah proses ini diperlukan oleh usaha yang skalanya masih kecil dan menengah. Menurut pandangan saya proses ini sesungguhnya sangat membantu bisnis anda dalam mengelola dan mengontrol transaksi pembelian sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan.

Dengan adanya proses PR sebelum melakukan pembuatan PO tentu akan membuat kamu sebagai pemilik dapat memastikan bahwa produk atau non produk yang dibeli sesuai dengan real kebutuhan usaha kamu.



Belajar Pembelian - Purchase Requisition Reviewed by FR Consultant Indonesia on July 25, 2018 Rating: 5 Kelas Pembukuan dan Pajak - 06  Bagian pembelian berperan dalam memperoleh harga terbaik dari suatu produk. Purchase Requisition Berg...

No comments:

Harap Berkomentar sesuai dengan tema artikel, Diluar Tema artikel akan dihapus. Terima Kasih